Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini Gejala dan Penyebab Lipoma, Tumor Jinak yang Harus Kamu Ketahui

Mondials Anindhita
Mondials Anindhita
04 Nov 2021
Clock Icon
5 menit
Ini Gejala dan Penyebab Lipoma, Tumor Jinak yang Harus Kamu Ketahui

Pernah mendengar tentang lipoma, Lemonizen? Lipoma adalah tumor jinak yang paling sering dijumpai. Lipoma merupakan sebuah benjolan yang tumbuh, berasal dari jaringan lemak yang diselubungi oleh kapsul fibrosa. Benjolan jinak ini sangat jarang berubah menjadi ganas, namun dapat mengganggu organ sekitar dan saraf. Sebagian besar lipoma muncul dan berkembang di antara kulit dan otot. Perlu diketahui juga, lipoma bisa tumbuh di bagian lain tubuh seperti usus, saluran napas, dan organ dalam tubuh lainnya. Karena letaknya yang sering di bawah kulit, dan seringnya tidak bergejala, kebanyakan alasan penanganannya adalah estetika.



Sumber: www.yourveininstitute.com


Penyebab Lipoma

Penyebab lipoma tidak diketahui secara jelas, beberapa subtipe lipoma kemungkinan terjadi karena defek genetik dan mungkin juga diturunkan dari anggota keluarga yang memiliki riwayat lipoma.


Belum ada hubungan yang terbukti antara perkembangan lipoma dan pekerjaan tertentu atau paparan bahan kimia atau radiasi. Beberapa dokter juga berpendapat bahwa lipoma lebih sering terjadi pada orang yang tidak aktif. Beberapa dokter juga memberi teori teori bahwa lipoma dapat disebabkan oleh trauma seperti terbentur yang menyebabkan penonjolan lemak atau menyebabkan jaringan mengeluarkan zat yang menyebabkan sel lemak tumbuh berlebihan 



Gejala Lipoma

Menurut the American Academy of Orthopaedic Surgeons lipoma bisa muncul di segala usia namun lebih sering muncul pada usia 40 - 60 tahun dan kejadiannya sedikit lebih sering pada laki-laki dibandingkan perempuan.


Lipoma bisa muncul di bagian tubuh mana pun, apabila diantara kulit dan otot umumnya benjolan muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu. Terkadang, lipoma pun dapat muncul di kepala atau belakang kepala. Lipoma bisa tumbuh soliter di satu bagian tubuh, namun juga dapat tumbuh di banyak bagian tubuh sekaligus.


Benjolan yang muncul memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dapat tumbuh menjadi besar secara perlahan atau lambat.

  • Terasa lembek dan kenyal dengan konsistensi seperti lemak daging.

  • Mudah untuk digoyangkan dan bergerak bila digoyangkan.

  • Batas tepian teraba jelas dan rata.

  • Kulit pada benjolan dan sekelilingnya tidak mengalami perubahan warna maupun perubahan suhu.


Perlu diketahui, benjolan ini tidak nyeri bahkan saat bertumbuh tidak dirasakan oleh penderitanya. Beberapa dari penderitanya kadang baru sadar saat benjolan menjadi besar, teraba, dan mulai mengganggu estetika. Benjolan dapat menimbulkan rasa sakit jika ukurannya semakin besar dan menekan saraf di sekitarnya.


Pemeriksaan dan Penanganan Lipoma




Biasanya pasien jarang datang ke dokter bila lipoma belum terasa nyeri atau tidak mengganggu estetika penderitanya. Namun, ketika benjolan yang muncul tiba-tiba membesar atau mulai mengganggu estetika, gerakan tubuh menjadi terbatas karena benjolan atau dirasakan nyeri pada benjolan sebaiknya Lemonizen segera melakukan konsultasi ke dokter. 


Pada umumnya dokter akan menanyakan riwayat benjolan, riwayat keluarga yang serupa, kemudian akan melakukan pemeriksaan fisik pada bagian benjolan mulai dari penampakan, perabaan, besar benjolan, mobilitas benjolan, adanya nyeri, dan perkiraan dasar benjolan. Pemeriksaan penunjang mungkin juga diperlukan untuk menentukan tipe lipoma dan sejauh mana lipoma tumbuh serta menyingkirkan kemungkinan tipe benjolan tumor jinak lain maupun keganasan.


Penangannya sendiri pada kebanyakan kasus tidak diperlukan penanganan khusus. Bila benar merupakan lipoma dapat dilakukan bedah minor eksisi untuk memotong dan mengeluarkan benjolan lemak tersebut. Bedah ini dapat dilakukan oleh dokter umum yang terlatih, dokter bedah umum, bahkan dokter bedah plastik bergantung subtipe lipoma, di bagian mana lipoma tumbuh, sebesar apa, dan seberapa banyak mengganggu jaringan sekitar. 


Jika Lemonizen merasa mempunyai benjolan dan khawatir, langsung segera konsultasikan ke rumah sakit terdekat, ya! 


Artikel ini ditulis oleh dr. Rizqii Nurdiinii, Tim Dokter Mamanesia untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.