Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ini Macam-Macam Phobia yang Umum Dimiliki Seseorang

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Okt 2021
Clock Icon
4 menit
Macam-macam phobia sangat banyak dan penting diketahui penjelasan lengkapnya.

Phobia adalah ketakutan berlebihan terhadap sesuatu yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Ketakutan ini bisa berupa rasa takut pada hewan, tumbuhan, ataupun suatu objek tertentu. Dapat dipastikan jika semua orang memiliki suatu phobia yang membuatnya sangat menghindari hal tersebut. Beberapa jenis phobia yang paling umum ditemukan adalah phobia ketinggian, phobia gelap, dan phobia darah. Selain phobia tersebut, segelintir orang memiliki phobia aneh yang cukup tidak masuk akal. Ingin tahu macam-macam phobia teraneh di dunia? Berikut informasi menariknya untuk kamu.

1. Xanthophobia


Istilah ini digunakan untuk menyebut orang-orang yang memiliki ketakutan berlebih terhadap warna kuning. Cukup aneh, bukan? Umumnya, warna kuning dapat menularkan aura positif dan cerah kepada semua orang yang melihatnya. Tidak ada alasan pasti mengapa ada orang yang takut pada warna kuning.


Entah itu gambar matahari, krayon warna kuning, hingga karakter kartun seperti The Simpsons, penderita xanthophobia sangat bermusuhan dengan warna kuning. Beberapa efek yang mungkin akan muncul saat melihat warna kuning adalah geli, takut, hingga mual. Bagi penderita xanthophobia ekstrim, mendengar kata ‘kuning’ saja mungkin sudah membuatnya merinding.

2. Haphephobia


Jenis phobia yang satu ini tergolong sangat langka. Haphephobia adalah sebutan bagi orang-orang yang takut atau phobia pada sentuhan fisik. Penderita haphephobia bisa mengalami serangan panik saat tiba-tiba ada yang menyentuhnya. Bahkan penderita haphephobia akut akan marah jika disentuh oleh sosok public figure terkenal.


Sering kali penderita haphephobia memiliki sifat dan sikap terhadap benda atau subjek yang dinilai tidak bersih dan berbahaya. Tidak heran jika penderita haphephobia menghindari berjabat tangan dengan orang lain. Ketakutan berlebih terhadap sentuhan ini dapat menyebabkan penderita haphephobia menjadi anti sosial karena enggan terlibat dengan orang lain.

3. Plutophobia


Jika umumnya manusia suka dan membutuhkan uang, ternyata ada segelintir orang yang justru takut dengan uang. Dalam istilah medis, ketakutan berlebih terhadap uang ini disebut plutophobia. Penderita plutophobia sangat takut dengan uang dan kekayaan.


Sebagai alat transaksi sehari-hari, uang sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Phobia ini tentu menyebabkan cukup banyak masalah bagi penderitanya. Maka dari itu, sebaiknya ikuti terapi untuk membantu meminimalisir atau menghilangkan phobia ini.

4. Agoraphobia


Agoraphobia adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebut orang dengan ketakutan berlebih saat berada di luar ruangan. Penderita agoraphobia akan merasa tersiksa jika harus berada di luar ruangan dalam waktu lama. Tempat-tempat yang umumnya sangat dihindari oleh penderita agoraphobia adalah pasar, mal, transportasi umum, festival, tempat wisata, dan berbagai tempat ramai lain.


Umumnya, penderita agoraphobia akan mengalami gejala fisik, gejala perilaku, dan gejala kognitif yang cukup serius. Gejala fisik dapat berupa jantung yang berpacu cepat, napas menjadi tidak beraturan, berkeringat, merasakan sakit di bagian dada, pusing, hingga diare yang cukup parah. Gejala kognitif yang dialami bisa berupa serangan panik dan perasaan terancam. Sedangkan gejala perilaku yang mungkin dialami adalah menghindari tempat-tempat ramai, sengaja mengisolasi diri, dan selalu minta ditemani saat akan bepergian.

5. Tokophobia


Jika umumnya hamil dan melahirkan adalah salah satu momen bahagia menyambut kedatangan anggota keluarga baru, hal ini tidak berlaku bagi beberapa orang penderita tokophobia. Tokophobia adalah ketakutan berlebih terhadap kehamilan dan proses melahirkan. Perempuan yang mengalami hal ini memiliki ketakutan patologis untuk hamil dan melahirkan.


Meskipun sangat ingin memiliki anak, penderita tokophobia sebisa mungkin menghindari kehamilan dan melahirkan. Pada dasarnya, ketakutan ini sangat normal terjadi pada wanita mengingat rasa sakit yang timbul saat melahirkan. Tokophobia bisa disembuhkan dengan menjalani terapi rutin pada psikiater.


Demikianlah deretan macam-macam phobia yang bisa dimiliki oleh seseorang. Memiliki suatu phobia adalah hal yang wajar bagi semua orang. Jika kamu menderita satu dari lima macam phobia diatas, sebaiknya lakukan terapi penyembuhan dengan bantuan psikiater guna menghindari phobia bertambah semakin parah.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.