Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ini Pengertian Konsep Bisnis Lengkap dengan Fungsinya

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Pengertian konsep bisnis sangat penting dipelajari pengusaha pemula.

Dalam bisnis, konsep adalah salah satu hal yang harus ada dan tidak boleh ditinggalkan. Peranan konsep dalam bisnis memang sangat penting karena mencakup berbagai hal inti mulai dari value hingga strategi bisnis yang digunakan. Konsep yang tepat akan membantu perusahaan mencapai tujuan utamanya. Simak pengertian konsep bisnis dan fungsinya berikut ini.

banner consideration shipping bg blue

Pengertian Konsep Bisnis


Konsep bisnis dapat didefinisikan sebagai sebuah ide-ide konkret yang memiliki komponen utama berupa strategi inti, sumber daya strategi, jaringan nilai, dan perantara pelanggan. Perusahaan menyusun dan merancang konsep bisnis untuk mewujudkan usaha yang merujuk pada nilai-nilai, tujuan dan pencapaian target pasar.

Konsep bisnis ini dibagi menjadi beberapa kategori yakni online to offline, business to business, business to customer, dan customer to customer. Pelaku usaha baik pemula maupun profesional wajib memahami konsep bisnis ini. Hal ini dilakukan guna lebih mudah dalam memprediksi peluang dan mengembangkan bisnis.

Fungsi Konsep Bisnis


Setiap pebisnis pasti mengalami berbagai masalah dalam bisnisnya dan permasalahan tersebut muncul di luar rencana. Hal ini sangat wajar terjadi, maka dari itu dibutuhkan perancangan konsep guna meminimalisir resikonya. Berikut fungsi penting dari konsep bisnis yang wajib Anda ketahui.

1. Merancang Strategi Bisnis Secara Mendetail

Pebisnis membutuhkan strategi untuk mencapai tujuan utamanya. Strategi bisnis adalah sebuah tindakan atau rencana yang membantu pebisnis untuk mencapai tujuan dan memenangkan persaingan bisnis di pasar. Tanpa adanya strategi bisnis yang tepat dan matang, bisnis akan sulit untuk berkembang dan menghadapi persaingan.

Strategi bisnis bisa dijadikan sebagai pedoman atau acuan untuk para pebisnis dalam menentukan arah dan mengembangkan usahanya. Dengan perencanaan strategi bisnis ini, pebisnis bisa menentukan arah dari bisnisnya agar bisa menjadi pemenang pasar.

2. Membuat Bisnis Menjadi Lebih Terarah

Konsep bisnis dapat membantu pebisnis untuk mengambil keputusan yang tepat. Saat berada pada persaingan bisnis yang ketat, pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan. Tanpa adanya konsep bisnis yang matang, bisnis dapat kehilangan arah dan berjalan secara tidak menentu. Akibatnya, pebisnis memilih mundur dari arena persaingan bisnis.

banner consideration promotion bg blue

Salah satu fungsi utama dari pembuatan konsep bisnis adalah menentukan arah yang tepat untuk perkembangan bisnis tersebut. Umumnya, pebisnis menggunakan konsep bisnis sebagai pedoman untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Tidak hanya itu saja, konsep bisnis juga dapat digunakan sebagai penarik investor atau pinjaman bank.

3. Mengestimasi Perkiraan Modal

Dalam bisnis, modal adalah salah satu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan. Modal bisa berasal dari dua hal yakni uang dan tenaga. Uang digunakan untuk membiayai seluruh keperluan bisnis, mulai dari membeli barang mentah hingga aset penting dalam bisnis. Sedangkan tenaga berupa keterampilan digunakan dalam proses produksi. Konsep bisnis dapat dijadikan pedoman untuk melakukan estimasi modal.

4. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Kredibilitas adalah tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk. Bagi perusahaan, kredibilitas berkaitan dengan tingkat kepercayaan klien, mitra bisnis, sumber daya keuangan, dan lain sebagainya. Bukan hal yang mudah bagi perusahaan untuk membangun tingkat kredibilitas yang tinggi.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkannya adalah dengan menggunakan konsep bisnis yang sudah dirancang sejak awal. Dengan menggunakan konsep bisnis sebagai pedomannya, pebisnis bisa mengarahkan bisnisnya untuk mengambil langkah-langkah peningkatan kredibilitas.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah pembahasan lengkap terkait dengan pengertian konsep bisnis dan fungsinya bagi perusahaan. Pebisnis wajib tahu tentang konsep bisnis dan fungsinya bagi perkembangan bisnis miliknya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.