Ini Pentingnya Membaca Label Komposisi Pada Makanan Kemasan

Semua produk makanan atau minuman yang dikemas biasanya dibekali dengan label nutrisi. Label ini bertujuan memberikan informasi pada konsumen terkait kandungan dalam produk tersebut.
Membaca label nutrisi dengan cermat akan membantumu memilih makanan yang lebih sehat. Sebelum membeli, kamu pun bisa membandingkan kandungan nutrisi pada masing-masing produk makanan. 

banner consideration shipping bg blue

Dilansir dari Live Strong, berikut adalah beberapa manfaat penting dari label nutrisi pada makanan.

1. Memberikan informasi penting

Label nutrisi pada makanan menyertakan informasi yang penting, seperti kalori, total lemak, protein, karbohidrat, lemak jenuh, kolesterol, hingga porsi makanan. Tak hanya itu, label pada makanan pun memuat informasi mengenai bahan-bahan atau komposisi makanan. 
Tentunya hal ini sangat membantumu memilih makanan yang tepat jika kamu sedang menjalani program diet atau memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu.
Menurut Kementerian Kesehatan RI, hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membaca label makanan adalah merek dagang, nama produk, komposisi produk, pesan kesehatan, berat produk, fakta gizi, keterangan halal, nama dan alamat produsen, waktu kadaluwarsa, dan izin edar.
Jadi, tidak hanya memperhatikan kandungan nutrisi, hal-hal tersebut juga penting dicermati saat membeli makanan.

2. Mengurangi asupan yang kurang sehat

Konsumsi garam, gula, dan lemak jenuh sangat sulit untuk dikontrol. Pasalnya, kita tidak selalu tahu takarannya dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Nah, memeriksa label nutrisi akan membantumu mengurangi asupan yang kurang sehat. 
Ketahui pula batas wajar mengonsumsi garam, gula, dan lemak jenuh sehingga tubuhmu tetap mendapatkan manfaatnya dalam takaran normal.

banner consideration promotion bg blue

Adapun batas konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI per orang per hari yaitu 50 gram atau 4 sendok makan gula, 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam, dan untuk lemak hanyak 67 gram atau 5 sendok makan, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI. 
Dengan mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak, kamu bisa terhindari dari penyakit jantung, hipertensi, stroke, dan diabetes.

3. Membantu memperbaiki pola makan

Memperbaiki pola makan agar lebih sehat memang tidak mudah dilakukan. Perlu membiasakan diri dan konsisten dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Memeriksa label nutrisi pada makanan akan sangat membantumu mengatur pola makan. 
Dengan mengetahui kandungan nutrisi pada makanan, kamu bisa memilih makanan yang tepat untuk tubuhmu dan tidak tertipu dengan tampilannya.
Ingat, tubuhmu butuh beragam nutrisi untuk tetap sehat dan pertumbuhan bisa berjalan dengan optimal. Makanan yang bersih dan memiliki gizi yang baik serta seimbang adalah syarat dari makanan sehat. 
Tak masalah mengonsumsi berbagai jenis makanan namun tetap perhatikan nilai gizi dalam makanan tersebut, ya. Jangan sampai tubuhmu kekurangan nutrisi tertentu sehingga menganggu kesehatan. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah sejumlah manfaat dari pentingnya membaca label nutrisi pada makanan. Meski tampak sepele, ternyata membaca label nutrisi memberikan banyak dampak positif, mulai dari membantu mengatur pola makan hingga membantu mengurangi asupan garam, gula, dan lemak. 
Mulai sekarang, yuk lebih peduli membaca dan mencermati label nutrisi demi pola hidup yang lebih sehat.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami