Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini Penyebab Kapalan di Kaki dan Cara Mengobatinya

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Kapalan di kaki penting diketahui penyebab dan cara mengobatinya.

Adanya benjolan pada kulit dengan tekstur yang keras biasanya dikenal dengan kapalan. Tidak menyebabkan rasa sakit namun benjolan ini tentu sangat mengganggu. Namun, kapalan di kaki ini bisa diatasi dengan mengetahui penyebabnya.

 

Penebalan kulit tersebut sebenarnya bisa terjadi di mana pun, tidak hanya di kaki. Melainkan bisa juga di tumit kaki, telapak tangan, dan buku-buku jari. Pada kondisi yang lebih parah, kapalan bahkan bisa membuat kulit memerah serta melepuh.


Meskipun demikian, ini bukanlah kondisi yang berbahaya karena seiring berjalannya waktu kulit yang mengeras tersebut akan kembali lagi seperti sediakala. Namun, tentunya butuh waktu yang yang cukup lama untuk menyembuhkannya.

Penyebab Kapalan di Kaki

Pada umumnya kapalan disebabkan karena adanya gesekan dan tekanan yang berlebihan dan terjadi berulang kali pada area kulit yang sama seperti kaki. Kapalan ini ditandai sebagai respon alami tubuh dalam memperkuat jaringannya tersebut. Adapun beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya kapalan ini sebagai berikut.

  • Tidak memakai kaus kaki saat memakai sepatu.
  • Menggunakan sepatu yang tidak pas, terlalu longgar atau sempit.
  • Kulit kering.
  • Menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Tidak menggunting kuku kaki.
  • Berjalan tidak menggunakan alas kaki.
  • Kaus kaki yang digunakan tidak diganti.

Cara Mengatasi Kapalan di Kaki

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kapalan di kaki secara alami. Simak informasi dibawah ini.

1. Bantalan Pelindung Kaki


Dengan cara ini kamu bisa mengurangi gesekan dan tekanan pada kulit dan juga mencegah kapalan terjadi. Kamu bisa beli bantalan pelindung kaki tersebut di toko sepatu terdekat. Jika tidak menemukan bantalan pelindung kaki ini, bisa menggunakan ganjalan kaki lainnya.

2. Batu Apung sebagai Alat Penggosok Kulit Mati


Benda ini juga bisa membantu kamu menghilangkan kapalan, caranya dengan merendam kulit kaki yang terkena kapalan ke dalam air hangat kira-kira 5-10 menit. Setelah itu gunakan batu apung dan digosokkan pada sel kulit yang mati. Lakukan gerakan menyamping dan berputar saat menggosokkan batu apung ini. Dengan cara ini, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja untuk menghilangkan kapalan.

3. Air Hangat


Merendam kulit kaki dengan air hangat merupakan cara yang harus kamu coba. Cukup dengan merendam kaki sekitar 20 menit dalam air hangat lalu keringkan kaki. Setelah itu gosokkan kulit kaki dengan jari kamu secara perlahan hingga kulit yang mengeras tadi terkelupas. Lakukan cara ini secara rutin agar kulit kaki segera pulih kembali.

4. Minyak Pohon Teh


Cara penggunaan minyak pohon teh ini juga sangat mudah. Masukkan beberapa tetes saja lalu ke dalam air hangat. Lanjutkan dengan merendam kulit kaki hingga kapalan bisa dicabut. Namun harus diingat perendaman kulit kaki tidak boleh lebih dari 15 menit karena bisa merusak kulit.

5. Garam Epson


Garam Epson ini bisa membuat kulit kaki kamu menjadi halus kembali. Caranya adalah campurkan garam Epson sekitar 2-3 sendok makan lalu masukkan ke dalam baskom yang telah berisikan air hangat. Lakukan perendaman kulit kaki selama 10 menit. Kamu juga bisa memadukan dengan batu apung untuk menggosok kulit mati setelah perendaman selesai.


Itulah penyebab dan cara mengatasi kapalan di kaki. Semoga dengan melakukan cara di atas, kapalan kamu cepat menghilang dan kulit kaki halus kembali. Penyebab kapalan ini perlu kamu ketahui dan diingat agar tidak muncul kembali.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.