Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Ini Resep Lemper Ayam Lezat dan Cara Mudah Membuatnya

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Resep lemper ayam cocok jadi menu makan keluarga yang enak.

Lemper menjadi salah satu jajanan tradisional yang hingga kini masih populer di telinga masyarakat. Apalagi resep lemper ayam memang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan. Tidak heran jika eksistensi kue tradisional ini tidak pernah surut.


Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga suka mengonsumsi kue lemper. Selain diisi daging ayam, kue lemper juga bisa diberi isian lainnya, lho. Contohnya seperti abon sapi dan abon ayam. Meskipun kue lemper banyak dijual di pasaran tapi akan lebih baik jika kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih enak tapi juga lebih sehat karena terjamin kebersihannya. Berikut ini beberapa resep kue lemper ayam yang bisa dipraktekkan di rumah:


Bahan utama:

Bahan untuk lsian Lemper:

  • 2 buah paha ayam atas bawah.
  • 1 batang serai.
  • 500 ml air.
  • ¾ sdt garam.
  • 2 lembar daun salam.
  • ¼ sdt merica bubuk.
  • ½ sdt gula pasir.
  • 100 ml santan.

Bahan bumbu halus:


Cara membuat isian lemper ayam:

  1. Siapkan panci berisi air secukupnya untuk merebus ayam. Tunggu hingga air di dalam panci mendidih,kemudian masukkan ayam dan rebus hingga matang.
  2. Angkat dan tiriskan ayam yang sudah direbus tersebut hingga benar-benar dingin. Jangan buang sisa air rebusan kaldu ayam. Selanjutnya suwir-suwir daging ayam dan letakkan ke sebuah wadah, sisihkan.
  3. Haluskan semua bumbu halus yang sudah disiapkan menggunakan blender atau cobek.
  4. Ambil ayam yang sudah disuwir-suwir tadi lalu campurkan ke bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan daun salam, merica bubuk, gula pasir, garam, dan batang serai yang sudah dimekarkan ke dalam campuran suwiran ayam dan bumbu halus.
  5. Pindahkan suwiran ayam yang sudah tercampur dengan bumbu-bumbu tersebut ke dalam wajan lalu tuangkan sisa air rebusan kaldu ayam ke dalamnya sekitar 250 ml dan masak hingga mendidih.
  6. Setelah itu tuangkan santan ke dalamnya dan masak hingga meresap sempurna.

Cara membuat bagian ketan lemper ayam:

  1. Masukkan beras ketan yang sudah direndam selama 1 hingga 2 jam ke dalam alat pengukus dan masak hingga matang atau sekitar 20 menit, lalu angkat dan sisihkan.
  2. Siapkan panci dan masukkan santan, daun salam, serai, dan garam ke dalamnya lalu rebus hingga mendidih, lalu matikan.
  3. Selanjutnya masukkan beras ketan yang sudah dikukus tadi ke dalamnya, kemudian nyalakan api kembali dan masak hingga santan tersebut meresap.
  4. Jika dirasa sudah meresap dengan sempurna, angkat dan kukus kembali beras ketan yang sudah tercampur dengan santan tersebut hingga matang. Kemudian angkat dan tunggu hingga dingin.

Cara embuat lemper ayam:

  1. Jika ketan yang telah dimasak sudah dingin, langkah selanjutnya membuat adonan kulitnya dengan cara mengambil sedikit ketan lalu dipipihkan.
  2. Lalu berikan isian ayam suwir yang sudah dimasak tadi di atasnya kemudian tutup isian tersebut hingga membentuk lonjong atau sesuai selera.
  3. Ambil daun pisang yang sudah disiapkan dan bungkus adonan lemper tadi menggunakan daun pisang tersebut.
  4. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga semua bahan habis dan lemper ayam siap dihidangkan.

Itulah resep lemper ayam yang lezat dan mudah dibuat untuk camilan keluarga di rumah. Dengan membuat lemper sendiri kamu juga bisa berinovasi dengan isiannya, namun kurang lebih cara pembuatannya tetap sama. Selamat mencoba resep ini ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.