Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Ini Resep Lumpia Basah yang Enak dan Sehat, Bikin Nagih!

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Resep lumpia basah cocok jadi menu andalan keluarga di rumah.

Pernah mendengar sajian kuliner lumpia basah? Jika kamu tinggal di Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Resep lumpia basah sebenarnya tidak sulit namun memang ada banyak macam komposisinya, tergantung dari daerahnya masing-masing, seperti lumpia khas Semarang dan lumpia khas Bandung.


Lumpia basah khas Semarang umumnya berisikan daging dan rebung. Sementara lumpia basah khas Bandung berisikan toge, bengkuang, telur, dengan saus kental. Nah, ada yang menarik dari jajanan pinggir jalan ini, biasanya penjual lumpia basah yang menggunakan gerobak menumis isiannya secara dadakan dan langsung disajikan pada pelanggan, satu buah lumpia itu hanya disajikan untuk 1 porsi saja.


Ada banyak jenis kulit lumpia yang bisa kamu temui di pasaran yaitu kulit lumpia tipis yang warnanya putih dan kulit lumpia tebal. Kulit lumpia tipis ini biasanya digunakan untuk membuat risol, sedangkan yang tebal sebagai hidangan Asian spring roll dan juga samosa.


Dari waktu ke waktu, lumpia basah semakin popular dengan penambahan berbagai isian. Biasanya isian yang sering digunakan adalah sosis, daging ayam, dan bakso. Tak hanya itu, penyajiannya bahkan bukan sebagai kulit lagi tapi juga ada menggunakan lumpia sebagai alas untuk penyajian terbuka. Penasaran dengan resep lumpia basah? Yuk simak resep dan cara membuat lumpia basah di bawah ini.


Bahan:

Bahan untuk isian lumpia:

Bumbu halus untuk isian :

Bahan untuk saus lumpia:

  • 250 ml air.
  • 50 gr gula merah.
  • 2 sdm tepung tapioka yang telah dilarutkan dengan 4 sdm air.

Bumbu halus untuk menumis bengkuang:

  • 4 siung bawang merah.
  • 2 butir kemiri yang sudah disangrai terlebih dahulu.
  • 6 siung bawang putih.

Cara membuat:

Setelah kamu menyiapkan semua bahan dan isinya, lanjut ke tahap pembuatan lumpia basah.

1. Tumis Bengkoang

Minyak dipanaskan dan tumislah bumbu halus tadi hingga berbau harum. Lalu, masukkan bengkuang dan kecap manis. Aduk hingga merata dan tuang air, aduk lagi. Masak bengkuang hingga matang.

2. Campurkan Isi Lumpia


Panaskan minyak dan tumis bumbu tadi hingga berbau harum. Masukkan telur dan aduk hingga rata. Tambahkan ayam yang telah disuwir dan tauge. Aduk hingga rata, tambahkan garam, gula, merica, dan juga Lemonilo Bumbu Penyedap Segala. Lalu, aduk lagi hingga rata. Kemudian, masukkan tumisan bengkoang dan aduk. Setelah matang, sisihkan masakan tersebut.

3. Membuat Saus

Rebus gula merah dengan air di dalam panci hingga semuanya larut dan mendidih, setelah itu angkat dan saring. Rebusan gula merah dimasukkan kembali ke panci dan tuang larutan kanji secara perlahan. Aduk rata dan masaklah sampai kental.

4. Membuat Lumpia Basah


Ambillah 1-2 lembar kulit lumpia dan tuang 1 sdm, lalu ratakan. Tuangkan 2 sdm isian dan lipat kulit lumpia. Setelah itu lumpia basah sudah siap untuk kamu santap!


Bagaimana menurut kamu, sangat mudah bukan membuat resep lumpia basah ini? Sudah siap untuk membuatnya di rumah? Pastikan semua bahan sudah sesuai ya dengan petunjuk diatas. Selamat mencoba, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.