Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Ini Resep Sop Buntut yang Lezat dan Sehat!

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Oct 2021
Clock Icon
4 menit
Resep sop buntut bisa dibuat dengan mudah dengan rasa yang lezat.

Sedang mencari resep sop buntut yang lezat dan sehat untuk sajian keluarga? Beberapa pilihan resep di bawah ini bisa menjadi rekomendasi menu yang menggugah selera. Tidak hanya mudah memasaknya, sop buntut memiliki rasa yang sangat lezat. Memasak sop memang terdengar sederhana, tetapi perlu trik khusus dalam mengolah buntut sapi ini.


Kualitas bahan utama merupakan salah satu kunci dalam membuat sop buntut yang lezat. Sebaiknya, pilihlah buntut sapi bagian tengah yang tentunya mengandung banyak daging. Selain itu, pastikan warnanya merah segar, yang menandakan buntut tersebut memiliki kualitas bagus.


Setelah memilih buntut sapi dengan kualitas terbaik, kini saatnya untuk mengolah menjadi sop istimewa. Olahan buntut sapi yang enak, tentu saja memiliki tekstur empuk dan gurih. Tak hanya itu, tambahkan beberapa jenis sayuran agar sop buntut tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Ada beberapa trik pengolahan agar daging bagian ekor ini menjadi empuk, lembut, dan mudah terpisah dari tulangnya. Oleh sebab itu, mari simak resep sajian lezat ini.

1. Sop Buntut Kuah Bening


Ini merupakan resep klasik yang menjadi favorit banyak orang. Kuahnya bening, tetapi rasa gurih dari buntut ini sangat terasa. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

Cara membuat:

  1. Didihkan air, masukkan buntut sapi.
  2. Tunggu hingga hampir mendidih, lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya, cuci bersih buntut tersebut. Rebus kembali menggunakan air dingin dengan api kecil.
  4. Haluskan bawang putih dengan merica, lalu tumis menggunakan sedikit minyak. Jika sudah kecoklatan, tuangkan dua gelas air, tunggu mendidih, kemudian saring ke kuah buntut.
  5. Tambahkan pala, cengkeh, seledri yang disimpulkan, lalu garam dan penyedap. Buang seledri yang sudah layu, rebus buntut hingga empuk.
  6. Goreng bawang merah dan putih iris, remas, kemudian masukkan ke dalam rebusan buntut yang sudah empuk.
  7. Sajikan sop buntut dengan potongan tomat, wortel, dan kentang rebus.

2. Sop Buntut Goreng


Ini merupakan resep variasi unik antara kuah sop yang gurih dan buntut goreng yang lembut. Caranya sama seperti membuat sop buntut biasanya. Hanya saja, ketika sudah empuk, tiriskan buntut untuk memasaknya menggunakan bumbu ungkep.

Bahan:

  • 3 siung bawang putih halus.
  • 1 sdt merica.
  • 7 sdm kecap manis.
  • 2 sdm kecap inggris.
  • 2 sdm saus tomat.
  • 8 sdm saus tomat.
  • 2 sdm gula merah.
  • Garam
  • Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur
  • Lemonilo Minyak Goreng Kelapa Premium secukupnya.

Cara membuat:

  1. Ungkep buntut dengan semua bumbu hingga meresap. Meskipun menyebutnya sop buntut goreng, tetapi menggorengnya tidak menggunakan banyak minyak. 
  2. Gunakan minyak dan goreng buntut menggunakan teknik pan fried hingga tampak kecoklatan dan beberapa bagian sedikit hitam.
  3. Sajikan buntut goreng tersebut dengan nasi hangat.
  4. Lengkapi dengan kuah rebusan buntut yang telah diberi Lemonilo Bumbu Penyedap Segala, merica, dan taburan bawang goreng. 
  5. Sajian ini memiliki cita rasa unik berkat perpaduan buntut goreng dan gurihnya kuah sop buntut yang hangat.

Agar semakin gurih, penambahan kaldu pelezat sangat perlu. Namun, sebaiknya gunakan Lemonilo Kaldu Pelezat yang tidak mengandung pengawet dan MSG. Terdapat banyak pilihan rasa yang bisa dipilih, mulai dari rasa sapi, ayam, ayam kampung dan juga jamur. Selain lezat, masakan yang dibuat pun tetap sehat dan aman dikonsumsi keluarga.


Resep sop buntut yang mudah dan lezat ini bisa langsung kamu aplikasikan di rumah. Selain bahan yang berkualitas, hal penting lainnya adalah memastikan untuk tidak menggunakan air rebusan pertama. Selain itu, rebus buntut hingga empuk. Jadi, selamat memasak sop buntut istimewa yang lezat ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.