Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Ini Resep Sop Konro Lezat dan Sederhana Ala Rumahan

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Resep sop konro sangat mudah dibuat di rumah dan cocok untuk menu keluarga.

Resep sop konro yang enak bisa kamu coba sebagai tambahan variasi masakan dalam keluarga. Makanan khas dari Makassar ini memiliki bahan dasar dari tulang rusuk iga sapi ataupun kerbau. Bagi kamu yang bingung memilih olahan sapi yang lezat dianjurkan untuk mencoba membuat Sop Konro.


Sop Konro dapat dihidangkan dengan 2 bentuk yakni berkuah dan bakar. Namun pada ulasan kali ini akan dijelaskan mengenai resep sop konro dengan jenis berkuah. Inilah bahan dan cara membuatnya:


Bahan utama:

  • 1 kg tulang konro sapi.
  • ½ kg daging sapi yang sudah dicuci bersih dan diiris dadu.
  • ¼ kg kubis yang sudah dicuci bersih dan diiris tipis.

Bahan bumbu halus:

Bumbu kasar:

Bumbu tambahan:

Cara memasak:

  1. Cuci daging dan tulang sapi dengan bersih, kemudian rebus dan tunggu hingga jumlah air berkurang. Setelah itu, pisahkan daging dengan sisa air rebusan. Kemudian buang air tersebut, ganti dengan 1 liter air bersih untuk direbus kembali. Pembuangan air di rebusan pertama ini bertujuan untuk membuang lemak jahat yang terlihat seperti minyak menggumpal.
  2. Tumis bumbu halus yang sudah disediakan dengan menambahkan daun jeruk, sereh, dan juga daun salam. Setelah bumbu berbau harum, masukkan ke dalam rebusan daging dan tunggu beberapa lama hingga bumbu meresap ke daging. Untuk memperbaiki rasa, tambahkan garam secukupnya.
  3. Cincang kubis dengan irisan yang tipis dan siapkan bahan pelengkap lainnya untuk penyajian.
  4. Angkat sop konro dan hidangkan ke dalam mangkuk saji.
  5. Sop konro siap disantap.

Tips Mengolah Sop Konro


Agar bisa mengolah konro dengan maksimal, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Diantaranya adalah:

1. Pilihlah Bagian Iga

Ketika memasak sup konro disarankan untuk memilih bagian iga daripada bagian daging. Hal ini dimaksudkan karena iga akan menghasilkan kuah yang lebih gurih, sehingga sup konro yang dihidangkan akan lebih lezat. Dalam memilih iga sapi juga perlu diperhatikan beberapa poin penting. Pertama, memilih jenis iga yang lebih didominasi oleh tulang, karena kaldu yang dihasilkan akan lebih gurih. Kedua, memilih lapisan lemak yang tidak terlalu tebal, karena akan membuat daging iga menjadi lebih alot. Ketiga, memastikan iga sapi yang dipilih masih dalam keadaan segar yang dapat ditandai dengan tekstur daging yang kenyal dan tidak berlendir.

2. Rebus Iga Sebanyak Dua Kali

Langkah ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan membuang lemak jahat yang terdapat dalam iga. Pada rebusan pertama disarankan untuk merebusnya sebentar saja, yakni sampai air mendidih. Untuk rebusan kedua, sebaiknya iga direbus sampai empuk.

3. Menggunakan Teknik Slow Cooking

Sebaiknya dalam pengolahan iga dimasak dengan api yang kecil dan waktu yang relatif lama untuk mencapai kematangan dan cita rasa bisa meresap dengan sempurna.

4. Tambahkan Pendamping Makanan berupa Burasa

Burasa merupakan olahan beras yang bisa dijadikan sumber karbohidrat dan digunakan sebagai makanan pendamping sup konro.


Itulah resep sop konro yang bisa kamu dilakukan di rumah sekaligus tips untuk memasaknya agar lebih lezat. Dengan cara ini, semoga kamu bisa mendapatkan variasi masakan sop yang enak dan bisa menjadi menu favorit keluarga ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.