Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Ini Resep Terong Crispy Lezat dan Praktis untuk Dibuat

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Resep terong crispy cocok jadi menu makan kelurga yang enak.

Salah satu olahan terong yang sangat populer adalah terong crispy. Olahan ini bisa membuat tekstur terong yang lembut menjadi lebih crispy dan lezat. Resep terong crispy juga bisa menjadi variasi olahan terong untuk menu makanan sehari-hari dan mudah dibuat, lho. Dengan menggorengnya sampai crispy, anak-anak yang biasanya kurang suka jadi bisa lebih menyukai terong.


Tidak ada patokan khusus mengenai irisan bentuk terong, boleh memanjang seperti stick, bulat, atau potong miring. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan selera atau keinginan anak.  Selain itu, Lemomoms juga bisa mengajak anak-anak ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan dan turun ke dapur. Konon, cara ini bisa membuat anak lebih menghargai dan menyukai sayur. Siap untuk mempraktikkan resep terong crispy?


Bahan utama :

Bahan pencelup (basah):

Bahan pelapis (kering):

  • 6 sdm tepung terigu.
  • 2 sdt tepung maizena.
  • 1 sdt garam.

Cara memasak:

  1. Campur bahan kering hingga rata.
  2. Lakukan hal sama pada bumbu basah, tetapi tambahkan air secara bertahap. Awas, jangan langsung banyak, agar tidak terlalu encer. 
  3. Celupkan terong pada bumbu basah, bolak-balik agar merata.
  4. Jika sudah, pindahkan terong ke bahan kering, lalu bolak balik sambil sedikit beri tekanan. Tujuannya agar tekstur terong semakin crispy.
  5. Tuang minyak ke dalam wajan, panaskan.
  6. Jika sudah panas, masukkan terong yang sudah ditepung, lalu goreng sampai matang.
  7. Angkat, lalu tiriskan. Terong crispy siap disantap bersama keluarga.

Cara Meniriskan Minyak pada Gorengan


Gorengan memang selalu nikmat untuk disantap, apalagi bertemankan kopi atau teh hangat. Hanya saja, minyak yang menempel seringkali mengganggu, karena sangat lengket. Jika terus dibiarkan, minyak akan membuat tekstur gorengan menjadi lembek secara perlahan. Nah, agar gorengan tetap enak dan sehat meski sudah dingin, maka kamu harus meniriskan minyak dengan benar, caranya adalah:

  • Saat mengangkat gorengan dari minyak hentakkan selama kurang lebih 20 detik, agar minyak cepat turun. Jangan hanya satu atau dua kali saja ya, karena hal ini tidak terlalu membantu.
  • Siapkan wadah yang sudah dialasi kertas atau tisu makan.
  • Letakkan gorengan dalam keadaan berdiri atau miring, agar minyak cepat turun dan tuntas. Jangan meletakkannya secara tiduran, karena minyak lebih lama turun.
  • Ganti kertas atau tisu makan beberapa kali (jika dirasa gorengan masih banyak mengandung minyak). Hal ini dikarenakan, kertas atau tisu yang sudah penuh minyak, daya serapnya sudah tidak ada lagi.

Bagaimana jika gorengan hanya taruh di saringan, lalu disenderkan di atas wajan? Boleh-boleh saja, tetapi proses penurunan minyak jauh lebih lambat, sehingga gorengan akan lebih cepat dingin.


Demikian resep terong crispy yang bisa langsung kamu coba di rumah. Terong crispy ini tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai menu lauk, tetapi juga cemilan lezat untuk keluarga. Yuk, coba resep ini sekarang juga!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.