Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ini Tanda dan Gejala Halusinasi yang Perlu Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Ketahui tanda dan gejala halusinasi agar bisa diatasi dengan baik.

Tanda dan gejala halusinasi bisa saja terjadi pada seseorang, tentu saja hal tersebut perlu kamu pahami. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena diri sendiri atau lingkungan. Jika sampai berkelanjutan, hal ini bisa berbahaya dan menimbulkan masalah besar. Oleh karena itu, kenali berbagai tanda dan gejalanya. Dengan begitu, jika sering terjadi pada diri atau orang lain. Maka, bisa mengambil langkah untuk segera melakukan penyembuhan.


Selain disebabkan oleh gangguan mental, halusinasi juga bisa datang dari efek samping obat. Untuk itu, perhatikan gejala halusinasi berikut, apakah pernah menyaksikannya di sekitar atau tidak.

1. Melihat Suatu Objek yang Tidak Ada


Hal ini terjadi pada penderita halusinasi penglihatan. Seakan-akan ada seseorang atau benda berada di dekatnya. Padahal objek tersebut hanya bayangan dari pikirannya.


Bukan hanya pada orang atau benda, halusinasi ini juga pada pola visual dan cahaya. Misalnya, melihat seakan-akan lampu berkedip. Tentu saja orang lain yang tidak mengalami halusinasi tidak dapat melihat kejadian itu.


Hal ini biasanya terjadi karena rasa takut yang mendalam, baik itu pada seseorang atau lainnya. Hal yang paling umum adalah kekerasan fisik, sehingga penderitanya selalu terbayang oleh orang yang menyakitinya.

2. Mengecap Rasa yang Aneh


Penderita halusinasi pengecapan akan sering merasakan rasa yang aneh dalam makanannya. Bukan hanya makanan, pada minuman pun sama. Dalam artian, semua hal yang berkaitan dengan indra perasa.


Misalnya, merasakan rasa logam pada makanan atau minumannya. Padahal jika orang lain yang mencicipinya, tidak ada rasa logam sama sekali. Pikiran dari halusinasi itulah penyebabnya dan hal ini biasanya sebagian gejala pada penderita epilepsi.

3. Mendengar Suara Perintah atau Ancaman


Tanda ini merupakan gejala dari halusinasi pendengaran. Telinganya seakan-akan selalu mendengar suara perintah atau ancaman. Hal itu bisa menyebabkan penderitanya semakin tertekan dan tidak terkendali.


Bukan hanya seakan mendengar suara, bisa juga seperti ada orang berjalan atau alunan musik. Kejadian masa lalu yang buruk memang kerap menimbulkan masalah di masa depan. Sulit sekali untuk menghapus kenangan tersebut.


Pada umumnya, halusinasi pendengaran termasuk gejala pada penderita demensia, skizofrenia, dan gangguan bipolar. Penyembuhannya harus dilakukan secara bertahap dan perlahan.

4. Tubuh Seakan-akan Merasakan Sentuhan


Hal ini terjadi pada penderita halusinasi sentuhan. Sesuatu yang tidak ada seringkali dirasakan, seperti sentuhan orang lain atau seperti ada hewan yang merayap. Suatu kejadian yang membuat seseorang trauma bisa mengakibatkan hal ini. Rasa takut akan kejadian yang sama selalu menghantui dan terbayang-bayang. Oleh karena itu, sentuhan tersebut selalu dirasakannya.

5. Mencium Aroma yang Tidak Ada


Halusinasi penciuman ini membuat seseorang seakan-akan mencium bau atau aroma sesuatu. Misalnya, bau yang wangi maupun aroma tidak sedap. Padahal sebenarnya hal itu tidak ada. Adanya halusinasi ada yang bersifat sementara atau menetap. Semua itu tergantung kondisi penderitanya. Jika kejadian yang membuatnya berhalusinasi sangat berat, maka akan sulit menyembuhkannya.


Namun, jika berasal dari kesedihan karena kehilangan seseorang, maka bisa sembuh seiring kesedihannya mereda. Oleh karena itu, sesuatu yang menimbulkan emosi negatif harus segera dialihkan ke hal positif. Dengan begitu, perasaan tersebut akan reda dan tidak akan menimbulkan berbagai halusinasi. Pengaruh orang-orang di sekitar dan lingkungan sangat penting dalam hal ini.


Rasa peduli dari orang sekitar akan mencegah adanya tanda dan gejala halusinasi. Selain itu, lingkungan yang nyaman juga berpengaruh. Dalam proses  penyembuhan penderita halusinasi juga berdasarkan pengaruh kedua faktor tersebut. Jika gejala dan tanda ini tidak segera membaik atau menunjukkan tanda yang baik, maka kamu harus segera berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.