Ini Tips Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang Setiap Harinya

05 Jun 2020 @ 17:02:36
Konsumsi makanan dengan gizi seimbang merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, makanan sehat juga dapat membuat mood kamu baik untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Lalu apa saja sih tips hidup sehat dengan gizi yang seimbang? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Karbohidrat Sebagai Sumber Utama Energi 



Tips pertama untuk hidup sehat dengan gizi seimbang adalah dengan selalu menyediakan karbohidrat sebagai menu harian. Karbohidrat sangat diperlukan tubuh sebagai sumber energi sehingga nantinya bisa menjalani aktivitas harian secara optimal. Jika kekurangan karbohidrat, tubuh bisa menjadi mudah lemas. Asupan karbohidrat sendiri bisa didapat dari beras putih, beras merah, sereal, ubi, jagung, tepung, mie, roti. 

2. Mengkonsumsi Makanan yang Bervariasi 



Tips selanjutnya yaitu menu makanan harus bervariasi. Semakin banyak menu makanan sehat yang dikonsumsi maka semakin baik kandungan gizi dan nutrisinya. Tidak perlu bergantung dengan satu jenis makanan saja, kamu bisa ganti makanan pokok dengan jagung, mie, ubi, kentang.

3. Lengkapi Nutrisi dengan Vitamin dan Mineral 



Selain karbohidrat, protein dan lemak, lengkapi juga nutrisi tubuh dengan menyisipkan sumber vitamin serta mineral dalam menu harian. Vitamin dan mineral bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Kamu bisa memadukan buah dan sayur dengan beragam jenis warna agar asupan gizi menjadi semakin lengkap.

Vitamin dan mineral tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindari risiko penyakit tertentu, menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah dan sebagainya. Total vitamin dan mineral yang disarankan per harinya sekitar 6-9 porsi.

4. Tambahkan Asupan Serat



Asupan serat juga tak kalah penting dari yang lainnya. Makanan yang berserat dapat ditemukan pada sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, buah pepaya, pir, pisang, roti gandum dan masih banyak lainnya. Manfaatnya sendiri dapat membantu proses pencernaan agar berjalan lebih lancar, sehingga nantinya limbah tubuh dapat dikeluarkan secara rutin setiap hari. 

Serat juga dapat dikonsumsi  bagi yang sedang menjalani diet, sebab makanan ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Total konsumsi serat yang disarankan sekitar 25 gram perhari.

5. Perhatikan Cara Memasak



Makanan yang diolah dengan cara dikukus akan lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Sebab gorengan mengandung minyak yang bisa memicu kenaikan kolesterol apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan.Sedangkan untuk buah-buahan, utamakan untuk mencuci bersih sebelum mengkonsumsinya. Hal ini agar menghilangkan sisa-sisa pestisida yang menempel pada kulit buah tersebut.

Selain itu, ada 10 pedoman gizi seimbang lain berdasarkan kementerian kesehatan yang dikutip dari Kemkes.go.id:

  1. Cuci tangan menggunakan sabun dengan air bersih mengalir.
  2. Biasakan untuk sarapan pagi.
  3. Biasakan minum air putih secara cukup dan aman.
  4. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan.
  5. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.
  6. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan yang ada. 
  7. Biasakan mengonsumsi anekaragam makanan pokok.
  8. Batasi konsumsi makanan manis, asin, dan berlemak.
  9. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan mempertahankan berat badan ideal.
  10. Biasakan mengkonsumsi lauk-pauk yang mengandung protein tinggi.
Itulah tips hidup sehat dengan gizi seimbang yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Dengan mengkonsumsi asupan gizi yang seimbang, kesehatan dan kebugaran tubuh kamu tentunya akan selalu terjaga! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020