Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ini Tips Mengatur Keuangan Keluarga di Masa Pandemi

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Tips mengatur keuangan rumah tangga wajib dilakukan agar kebutuhan selalu terpenuhi.

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, pandemi COVID-19 saat ini juga mengajarkan banyak orang untuk tahu tips agar lebih hemat. Bisa dibilang selama pandemi, ada banyak sekali pengeluaran yang tak terduga. Apalagi untuk sebagian orang yang mungkin mengalami kendala dalam usahanya atau pengurangan gaji bahkan hingga mengalami PHK dari pekerjaannya. Tetapi jangan khawatir, mengatur keuangan di masa pandemi bisa dilakukan dengan menggunakan tips-tips tertentu.


Agar keuangan kamu tetap stabil ketahuilah tips mengatur keuangan berikut ini.

1. Evaluasi Pemasukan Setiap Bulan


Tips pertama adalah mengevaluasi setiap pemasukan yang ada di bulan tersebut. Cara ini lebih baik rutin digunakan setiap bulan agar keuangan lebih tertata. Ini penting diketahui agar kamu tahu apakah pemasukan setiap bulan tersebut mampu mencukupi kebutuhan keluarga atau tidak.


Tak hanya itu, kamu bisa memperkirakan jumlah yang tersisa agar bisa ditabung atau dialokasikan untuk keperluan lain. Jumlah yang terpakai juga bisa jadi referensi untuk pengeluaran selanjutnya dan lihat apakah ada pengeluaran yang tidak wajar.

2. Perhatikan Keinginan dan Kebutuhan


Kamu harus bijak dalam mengatur keuangan apalagi untuk yang sudah berumah tangga. Tentunya banyak sekali yang harus dipenuhi. Dengan cara identifikasi keinginan serta kebutuhan akan membuat keuangan kamu menjadi lebih baik.


Namun sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu bahwa dua hal ini sangatlah berbeda. Kebutuhan adalah hal yang harus dipenuhi dan menjadi prioritas. Sementara, keinginan dipenuhi apabila seluruh kebutuhan kamu ini sudah benar-benar tercukupi dengan baik.

3. Merencanakan Belanja Bulanan dengan Matang


Defisit keuangan sering kali terjadi karena banyaknya pengeluaran untuk sekedar membeli hal yang diinginkan, padahal saat ini kamu belum membutuhkannya. Oleh karena itu, buatlah rencana belanja bulanan dengan matang dan anggaran harus dicatat agar meminimalisir pembelajaan barang yang tidak dibutuhkan.


Pastikan kamu membelanjakan uang sesuai prioritas. Misalnya, penuhi dulu kebutuhan primer seperti kebutuhan pangan dan makan. Untuk sekunder dan tersier dikesampingkan terlebih dahulu apabila penghasilan benar-benar minim.

4. Jangan Membeli Barang dengan Sistem Cicilan


Apabila kamu membeli barang dengan cicilan ini akan membuat pengeluaran yang melonjak ketika sudah jatuh tempo. Mulai sekarang evaluasilah segala bentuk cicilan yang belum lunas. Lalu buat perencanaan waktu pelunasannya agar tidak terbebani di kemudian hari.

5. Investasi


Tips mengatur keuangan keluarga lainnya adalah dengan berinvestasi. Bermain saham adalah tren investasi yang bisa menghasilkan uang saat ini. Kamu bisa gunakan berbagai aplikasi saham untuk memulai investasi. Namun perhatikan juga risiko kerugian yang akan didapatkan dengan bertransaksi saham ini.


Salah satu rekomendasinya yaitu dengan berinvestasi emas pegadaian. Kamu bisa membeli emas ini sebentuk bentuk investasi masa depan. Karena hingga saat ini pun untuk harga emas hampir tidak pernah mengalami penurunan. Apabila ada keadaan mendesak di masa mendatang, maka kamu bisa menjual emas tersebut dengan harga yang jauh lebih mahal.


Itulah tips mengatur keuangan yang bisa disajikan untuk kamu. Semoga dengan adanya tips di atas bisa membantu sistem keuangan kamu agar lebih stabil. Harus diingat bahwa komitmen yang telah ditetapkan harus dijaga dengan baik. Pastikan tidak ada pengeluaran diluar yang telah direncanakan kecuali keadaan yang mendesak.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.