Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Inilah 2 Resep Ayam Crispy Terlezat dan Mudah Diolah

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Resep ayam crispy cocok jadi menu makan yang enak untuk keluarga.

Ayam crispy adalah salah satu olahan ayam paling terkenal di dunia. Makanan ini disukai oleh berbagai kalangan usia. Rasanya yang lezat dan gurih ditambah dengan bagian kulit yang garing membuat ayam crispy sangat cocok untuk dijadikan lauk. Ayam crispy mudah untuk dibuat di rumah, Anda tidak harus repot-repot membelinya. Ada banyak resep ayam crispy yang bisa Anda buat di rumah. Berikut resep mudahnya untuk Anda. 

1. Ayam Crispy Original


Resep ini paling mudah untuk Anda ikuti karena bahan-bahannya yang sederhana dan cara membuatnya yang gampang. Pertama siapkan bahan-bahan yang terdiri dari ayam, bawang putih bubuk, lada bubuk, minyak, dan garam. Selanjutnya, siapkan  bahan untuk lapisan kering yang terdiri dari tepung terigu berprotein tinggi, bawang putih, tepung maizena, dan lada bubuk.


Untuk lapisan cair, Anda bisa membuatnya dari tepung maizena, kuning telur, tepung terigu berprotein tinggi, air es, susu bubuk, baking soda, garam halus, dan lada halus. Setelah semua bahan siap, bumbui ayam dengan garam, lada, dan bubuk bawang putih. Aduk rata hingga semuanya tercampur rata, diamkan selama kurang lebih 15 menit agar seluruh bumbu meresap sempurna.


Untuk bahan pelapis cair, Anda bisa membuatnya dengan mencampur tepung terigu, susu bubuk, lada, tepung maizena, baking soda, dan garam. Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata, tambahkan kuning telur dan air es lalu sisihkan. Siapkan bahan pelapis kering dengan mencampur tepung terigu, bawang putih, lada bubuk, dan tepung maizena.


Ambil potongan ayam yang tadi telah dimarinasi, gulingkan pada pelapis kering, lalu celup pada pelapis cair, dan guling kembali pada lapisan kering. Lakukan tahap ini hingga semua potongan ayam habis. Panaskan minyak lalu goreng ayam hingga ayam berwarna kuning kecoklatan.


Angkat dan tiriskan hingga minyak tidak menempel pada ayam. Taruh ayam di piring saja, hidangkan dengan pelengkap seperti saus tomat atau saus sambal. Goreng dengan metode deep fry agar ayam bisa matang dengan sempurna.

2. Chicken Drumstick


Olahan ayam crispy satu ini sangat disukai oleh anak-anak. Rasanya yang lezat ditambah dengan bentuk uniknya membuat chicken drumstick ini terlihat menggiurkan. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan seperti paha bawah ayam, lada bubuk, garam halus, bubuk bawang putih, dan minyak untuk menggoreng.


Sama seperti versi originalnya, Anda perlu menyiapkan bahan untuk lapisan cair dan lapisan kering. Untuk lapisan keringnya, siapkan bubuk bawang putih, lada bubuk, tepung terigu protein tinggi, tepung maizena, dan garam halus. Lapisan cairnya bisa Anda buat dari tepung terigu protein tinggi, tepung maizena, kuning telur, baking soda, air es, susu bubuk, lada halus, dan garam halus.


Pertama, bumbui potongan paha ayam menggunakan bawang putih bubuk, lada, dan garam. Aduk hingga seluruh bumbu merata lalu diamkan selama 10 menitan. Buat bahan pelapis cair dengan mencampur tepung terigu, susu bubuk, baking soda, garam, tepung maizena, dan lada. Aduk rata kemudian masukkan air es dan kuning telur, aduk kembali hingga adonan berbentuk seperti pasta.


Setelah itu, buat bagian pelapis kering dengan mencampurkan seluruh bahan khusus adonan kering. Ambil potongan paha ayam kemudian gulingkan ke bagian adonan kering, lalu ke adonan basah, terakhir gumpalkan kembali ke adonan kering.


Lakukan hingga seluruh ayam habis, lanjutkan dengan memanaskan minyak goreng.  Goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan, setelah itu angkat lalu tiriskan. Atur ayam goreng di atas piring saji lalu hidangkan dengan saus pelengkap agar semakin nikmat.


Demikianlah resep ayam crispy ala rumahan termudah dan terenak yang bisa Anda buat. Bahan-bahan tersebut mudah untuk ditemukan dan proses pembuatannya cukup sederhana. Bagaimana? Tertarik untuk membuatnya?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.