Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 3 Cara Mengajari Anak Menggambar yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mengajari anak menggambar sangat penting dilakukan sejak dini.

Berkreasi dengan imajinasi dan buku gambar tidak hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang, namun juga dapat mendukung tumbuh kembang buah hati. Usut punya usut, ada banyak sekali cara mengajari anak menggambar yang efektif dan menyenangkan.

banner consideration shipping bg blue

Selain membebaskan anak untuk berkreasi dan mengeksplorasi kemampuannya sendiri, terdapat beberapa strategi efektif untuk mengajarkan anak menggambar sesuai dengan kategori usianya. Inilah beberapa cara mengajari anak menggambar yang bisa dicoba:

1. Kategori Usia 2-3 Tahun


Mengajari anak menggambar di usia ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Terlebih, saat anak memasuki usia terrible two, mereka cenderung susah diatur dan ingin mencoba semuanya sendiri. Walau begitu, ada trik menggambar yang bisa Kamu ajarkan pada anak, yakni:

  • Siapkan pakaian, wadah, berikut tempat yang ‘siap kotor’.
  • Ajarkan anak menggambar sambil bermain agar anak dapat mengasosiasikan kegiatan ini sebagai memori yang menyenangkan.
  • Kenalkan buah hati pada berbagai media menggambar seperti kapur, cat air, papan tulis, krayon, kertas gambar, pensil warna, atau pasir. Kemudian, biarkan anak memilih preferensinya sendiri.
  • Jangan melulu mengoreksi kreasi anak. Semisal mereka memberikan warna hijau pada kulit manusia di gambarnya, jangan perlihatkan ekspresi tidak senang atau aneh.

2. Kategori Usia 5-9 Tahun


Pada fase ini, anak mulai cakap menggambar objek-objek yang dilihat dan diingatnya. Sebagai pendamping tumbuh kembangnya, di bawah ini merupakan beberapa tips dalam mengajarkan anak cara menggambar yang baik dan benar.

banner consideration promotion bg blue
  • Tantang anak untuk menggambar sesuatu dengan bentuk sederhana layaknya kursi, gelas, piring hias, atau mainan favoritnya. Jika mereka berhasil menyelesaikannya, berikan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas usahanya.
  • Diskusikan tentang cara menggambar yang menyenangkan bersama dengan anak.
  • Berikan peralatan dan perlengkapan menggambar yang spesifik, kemudian biarkan mereka menggunakannya selama beberapa waktu guna memastikan bagaimana ketertarikannya atas medium tersebut.
  • Bila anak dirasa cukup mahir dalam menggambar, orang tua dapat memberikan sejumlah tantangan dengan meminta mereka untuk menggambar objek sembari memberi makna pada gambar tersebut.

3. Kategori Usia 9-11 Tahun

Di usia ini, anak sudah mampu menggambar objek dengan konsep yang lebih kompleks, semisal saja hubungan perspektif, spasial, atau memanfaatkan medium yang lebih sulit dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Karenanya, ada beberapa trik menggambar yang bisa orang tua ajarkan pada anak, seperti:

  • Membuat diskusi ringan bersama anak terkait efek dan objek yang timbul dari sudut pandang lain, contohnya dari segi pencahayaan ataupun keberadaan benda lain di atas objek tersebut. Pun dengan mengenalkan objek-objek dalam berbagai ukuran, kemudian minta anak tersebut untuk menggambar seluruh objek terkait dalam selembar kertas sekaligus.
  • Orang tua juga bisa mengedukasi anak dengan membawanya ke galeri seni. Di sini, mereka dapat memperkaya ide dan imajinasinya dalam kegiatan menggambar.
  • Orang tua juga bisa memberikan variasi tantangan di setiap waktunya, termasuk dengan membawa mereka jalan-jalan sore di taman kemudian meminta mereka untuk merealisasikan hal-hal yang dilihatnya saat itu.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Meski banyak disepelekan orang-orang, faktanya kegiatan menggambar memiliki segudang manfaat bagi perkembangan pola pikir dan kreativitas anak. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika anak belajar menggambar dengan cara yang tepat adalah menjadi media untuk mengekspresikan emosi, membangun skill motorik halus, meningkatkan kepercayaan diri, hingga merangsang inovasi. Bagaimana? Tertarik untuk menerapkan cara mengajari anak menggambar?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.