Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 3 Penyebab Anak Susah Tidur Bunda Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Penyebab anak susah tidur penting diketahui sejak dini.

Bunda di rumah pasti pernah mendapati si kecil susah tidur dan lebih rewel dari biasanya. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab anak susah tidur. Menidurkan anak memang bukan sesuatu hal yang mudah. Terkadang perlu waktu hingga berjam-jam untuk membuat si kecil terlelap.

banner consideration shipping bg blue

Susah tidur yang dialami oleh si kecil bisa menjadi permasalahan yang membuat para Bunda di rumah merasa stres dan cemas. Apalagi kondisi si kecil yang harus mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Anak-anak umumnya membutuhkan durasi tidur sekitar 10 hingga 11 jam per harinya. Oleh karena itu Bunda harus menjaga betul waktu tidur si kecil agar tercukupi.

Inilah Penyebab Anak Susah Tidur dari Berbagai Faktor

Berikut ini penyebab anak susah tidur yang harus Bunda ketahui untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk permasalahan tersebut.

1. Penyebab dari Faktor Psikologi


Menurut sebuah penelitian ada enam alasan psikologi yang mempengaruhi masalah tidur pada anak. Tiga alasan diantaranya terkait dengan cara anak bertindak dan merasakan sesuatu hal. Tiga lainnya berhubungan dengan interaksi keluarganya. Pada anak yang cenderung memiliki rutinitas tidur yang teratur biasanya akan lebih sedikit mengalami masalah tidur.

Serta pada kondisi anak yang mengalami masalah kesehatan mental akan lebih mengalami masalah tidur. Ada dua jenis masalah tidur yakni masalah internal dan eksternal. Masalah internal biasanya seperti kecemasan dan depresi yang dialami anak. Masalah eksternal dapat membuat anak sulit tidur karena aturan dan rutinitas yang sulit diikutinya.

2. Penyebab dari Faktor Lingkungan


Faktor lingkungan kerap kali menjadi hal utama yang membuat anak susah tidur. Penggunaan gadget tidak hanya menjadi sebuah kecanduan yang dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun juga mengalami hal ini. Penggunaan gadget pada anak-anak saat menjelang tidur bisa membuatnya sulit terlelap.

Itu disebabkan karena layar gadget dapat mencegah melatonin yaitu hormon yang bisa membuat seseorang merasa kantuk tidak bekerja dengan sempurna. Oleh sebab itu sebaiknya jangan izinkan anak menggunakan perangkat gadget saat menjelang waktu tidur.

banner consideration promotion bg blue

Faktor lingkungan lainnya bisa karena suasana rumah yang terlalu bising atau suhu di kamar si kecil terlalu panas. Sehingga dia merasa tidak nyaman dan susah terlelap. Untuk mengatasinya Bunda bisa memasang AC dan peredam suara di kamarnya.

3. Penyebab dari Faktor Biologis


Temperamen atau watak merupakan kepribadian yang dimiliki setiap orang. Si kecil yang memiliki karakter lebih rewel akan lebih sulit merespon perubahan sehingga tidak mudah beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda. Anak yang memiliki tipe temperamen seperti ini akan berkemungkinan besar mengalami gangguan tidur. Seiring berjalannya waktu, ketika usianya semakin bertambah, dia akan cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab anak susah tidur. Setelah mengetahui penyebabnya Bunda bisa mencari jalan solusi yang tepat untuk mengatasi susah tidur pada anak. Meski merupakan hal yang umum terjadi, namun jika susah tidur cenderung sulit untuk diatasi, bunda juga bisa berkonsultasi pada dokter anak terkait permasalahan ini.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dengan begitu, si kecil bisa tidur dengan lebih nyenyak, tepat waktu, dan berkualitas. Selain itu, jangan lupa juga selalu pastikan asupan makanan bernutrisi dalam pertumbuhannya. Jadi, jangan lupa selalu berikan makanan dan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang si kecil ya Bunda.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.