Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Inilah 3 Resep Ketan Tape Enak Ala Dapur Sendiri

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak kreasi resep ketan tape yang mudah dibuat pemula.

Citarasa yang manis, asam, dan segar membuat resep ketan tape banyak dicari. Ada dua jenis kudapan fermentasi ini yang sering dibuat, yaitu tape ketan hitam dan putih. Tentunya ini tergantung jenis beras ketan yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Masing-masing jenis memiliki cita rasa yang khas.

banner consideration shipping bg blue

Resep Ketan Tape Enak Ala Dapur Sendiri

Asal tahu teknik pembuatannya, siapapun dapat membuat tape ketan sendiri di rumah. Jadi bisa lebih puas makannya. Tidak hanya dimakan langsung, hasil dari fermentasi beras ketan ini sangat cocok dijadikan es, puding, atau kue. Untuk itu, agar bisa membuat tape ketan sendiri di rumah, berikut ini akan dijelaskan caranya.

1. Tape Beras Ketan Putih


Jenis tape ini memang lebih mudah ditemukan di pasaran. Biasanya dibungkus menggunakan daun dalam ukuran kecil, pas untuk sekali makan. Ternyata, membuat tape ketan putih ini tidak terlalu sulit. Tipsnya adalah memilih kualitas beras ketan yang baik dan menghindari mencampur dengan beras biasa untuk menghasilkan kualitas tape yang baik.

Bahan:

  • Beras ketan putih 1 kg
  • Ragi tape 3 buah
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Daun pisang untuk membungkus dan lidi

Cara Membuat:

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, cuci bersih beras ketan, kemudian rendam selama 6-8 jam menggunakan air bersih. Setelah itu, tiriskan beras ketan dan kukus selama 15 menit. Langkah selanjutnya adalah mencuci kembali beras ketan dan tiriskan, lalu kukus kembali selama 10 menit.

Setelah matang, angkat dan tuang dalam baki, campurkan gula pasir, kemudian tunggu dingin. Setelah dingin, taburkan ragi tape yang telah dihaluskan, aduk rata. Bungkus dengan daun pisang bentuk tum, masing-masing 1 sendok makan. susun tegak dalam wadah, kemudian tutup rapat. Simpan di tempat kering dan sejuk, diamkan selama dua hari tiga malam sebelum dikonsumsi.

2. Tape Ketan Hitam


Sajian tape ketan hitam sering ditemukan di masyarakat Jawa saat Lebaran. Selain dimakan langsung atau dibuat es, tape ini juga diolah lagi untuk menjadi madu mongso. Kudapan seukuran jari tersebut dibuat dengan mencampurkan tape ketan hitam dengan santan dan gula merah, lalu dimasak hingga mengering. Berikut ini cara membuat tape ketan hitamnya.

banner consideration promotion bg blue

Bahan:

  • 500 gr ketan hitam
  • 1 buah ragi tape

Cara Membuat:

Cara membuat tape ketan hitam diawali dengan mencucinya hingga bersih terlebih dahulu, kemudian merendamnya semalaman. Esoknya, cuci kembali, lalu ditiriskan selama 30 menit agar tidak terlalu banyak mengandung air. Kukus beras ketan tersebut selama 30 menit, angkat. Tuang ke dalam wadah yang sudah dialasi daun pisang, kemudian diamkan hingga benar-benar dingin.

Setelah dingin, taburi ketan hitam dengan ragi yang telah dihaluskan dengan menggunakan pengayak agar  lebih merata, kemudian aduk rata. Tutup rapat wadah yang digunakan dan diamkan selama tiga hari. Setelah selesai masa fermentasi, tape ketan hitam dapat dibagi ke dalam cup kecil dan siap disajikan.

3. Tape Ketan Plus Pandan Atau Katuk


Variasi tape ketan dapat dilakukan dengan menambahkan pewarna alami. Contohnya daun pandan atau daun katuk yang memberi aroma khas pada tape. Resep membuatnya sama dengan tape ketan putih, tetapi menambahkan daun pandan atau daun katuk yang sudah diblender dan disaring. Air dari daun tersebut dapat dicampurkan sebelum proses mengukus yang kedua kali.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tadi tiga resep ketan tape yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Namun, perlu diperhatikan agar saat membuatnya selalu menggunakan alat yang kering dan bersih. Tujuannya agar proses fermentasi berjalan baik dan tape tidak mudah basi akibat terkontaminasi. Agar lebih awet, setelah fermentasi selesai, tape bisa disimpan di kulkas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.