Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 3 Tujuan Akuntansi Bagi Suatu Usaha, Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak tujuan akuntansi yang penting diketahui pengusaha pemula.

Secara garis besar, tujuan akuntansi pada perusahaan adalah dapat melakukan proses pencatatan, pengumpulan, dan pelaporan informasi berupa posisi keuangan, kinerja, dan juga cash flow dalam sebuah bisnis. Dengan adanya pencatatan akuntansi maka akan mempermudah perusahaan dalam pengambilan keputusan. Selain itu, masih banyak lagi tujuan dari pencatatan akuntansi. Diantaranya adalah:

1. Tujuan Akuntansi Secara Umum


  • Menyediakan informasi tentang perubahan pada pemasukan atau pengeluaran perusahaan.
  • Menyediakan informasi mengenai keuangan, yakni aktiva maupun pasiva perusahaan.
  • Menyediakan informasi mengenai perubahan sumber ekonomi perusahaan yang mencakup aset, hutang, dan juga modal.
  • Memberikan informasi keuangan perusahaan agar dapat mengestimasikan kompetensi yang dimiliki perusahaan.
  • Memberikan informasi lainnya mengenai laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan terkait.

2. Tujuan Akuntansi Secara Khusus


Dalam pencatatan perusahaan, akuntansi memiliki tujuan khusus yakni dapat menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, hasil usaha, juga laporan mengenai laba rugi berdasarkan dengan prinsip akuntansi.

3. Tujuan Akuntansi Kualitatif


  • Memberikan informasi yang relevan dengan kondisi perusahaan.
  • Memberikan informasi yang benar dan valid.
  • Memberikan informasi yang mampu dimengerti.
  • Menyampaikan laporan keuangan yang berfungsi untuk pengambilan keputusan di perusahaan.
  • Memberikan informasi secara real time.
  • Menyampaikan informasi keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi.

Manfaat Akuntansi

Selain itu, pencatatan akuntansi juga memiliki manfaatnya tersendiri. Manfaat tersebut adalah:

1. Sebagai Informasi Keuangan

Sebagai informasi keuangan, akuntansi bermanfaat dalam rangka pengambilan keputusan perusahaan. Selain itu, pencatatan ini dapat berguna bagi pihak internal maupun eksternal yang hendak berkepentingan untuk mengetahui informasi perusahaan.

2. Sebagai Alat Kontrol dan Bukti Keuangan

Pencatatan akuntansi yang dilakukan perusahaan akan mampu mengontrol adanya pemasukan dan pengeluaran keuangan. Dengan adanya alat kontrol ini maka perusahaan akan memiliki perencanaan yang baik terhadap pengalokasian sumber daya yang dimiliki.

3. Sebagai Bahan Evaluasi Keuangan

Dengan mengetahui pencatatan keuangan perusahaan, maka pengambil keputusan akan mengetahui segala aktifitas, dampak, maupun risiko dalam keberjalanan usaha. Ketika laporan keuangan sudah teruji, maka pihak terkait akan mengetahui masalah apa saja yang sudah menyebabkan dampak buruk misalnya yang memengaruhi keborosan atau lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan agar tercipta produk perencanaan yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Sebagai Alat Pengelola Keuangan

Sebagai alat pengelola keuangan, nantinya pencatatan akuntansi akan berperan dalam memperhitungkan berbagai keperluan keuangan perusahaan sehingga meminimalisir terjadinya pembengkakan.

Fungsi Akuntansi

Akuntansi juga memiliki fungsi yang penting untuk sebuah usaha. Diantaranya adalah:

1. Membantu Melindungi Aset Berharga

Salah satu fungsi dari pencatatan akuntansi yaitu membantu melindungi properti dan juga aset berharga yang dimiliki perusahaan. Dalam hal ini, jumlah aset sebenarnya akan diketahui apakah mengalami peningkatan atau penyusutan. Apabila sudah mengalami penyusutan, maka perusahaan harus melindungi asetnya untuk menghindari adanya kebangkrutan.

2. Merekam Catatan Transaksi

Pencatatan akuntansi berfungsi sebagai recording system di mana semua aktivitas dan kronologis kejadian perusahaan akan terekam. Rekaman catatan selanjutnya dikirimkan ke Account Ledger hingga akun akhir agar dapat mengetahui keuntungan dan kerugian pada usaha di akhir periode akuntansi.

3. Memberikan Hasil Pencatatan

Fungsi pencatatan dalam akuntansi juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan hasil laporan keuangan kepada pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan seperti misalnya pihak investor, karyawan, kreditor, peneliti, kantor pemerintahan, maupun instansi lainnya.


Itulah tadi tujuan akuntansi sekaligus fungsi dan manfaatnya yang sangat penting bagi perusahaan. Diharapkan untuk memilih seorang akuntan yang memiliki kompetensi memadai dan kredibel untuk menciptakan laporan keuangan yang terpercaya. Dalam hal ini, diperlukan seorang akuntan yang teliti sehingga pencatatan keuangan dapat dilakukan dengan tepat. Dengan begitu, pencatatan akuntansi bisa berjalan lancar sesuai dengan tujuannya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.