Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 4 Cara Melakukan Sit Up dengan Baik dan Aman

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Cara melakukan sit up penting dilakukan dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu gerakan olahraga yang sangat populer adalah sit up. Meski memiliki gerakan yang sederhana, nyatanya gerakan ini memiliki banyak manfaat apabila kamu lakukan secara rutin. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah membuat otot tubuh, terutama bagian perut menjadi semakin kuat. Meski memiliki banyak manfaat, sayangnya banyak orang yang masih melakukan sit up dengan gerakan yang salah. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara melakukan sit up yang benar supaya hasilnya bisa optimal.


Tidak perlu khawatir, karena sit up sebenarnya sangat mudah untuk kamu lakukan. Inilah cara melakukan sit up yang benar:

  1. Berbaringlah dengan punggung berada atau menempel di lantai, sedangkan lutut dalam posisi menekuk. Tempelkan kaki pada lantai atau dapat pula mengaitkannya pada pegangan, kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memegangi kaki.
  2. Taruh tangan pada sisi bagian kepala dan menyentuh daun telinga atau bisa pula dalam bentuk menyilang di bahu. Hindari gerakan atau posisi yang mendorong leher ke atas.
  3. Mulailah tarikan napas, kemudian hembuskan sembari mengangkat bagian atas tubuh menuju lutut.
  4. Turunkan bagian atas tubuh tersebut ke posisi semula secara perlahan, kemudian tarik napas kembali ketika berada di fase awal tersebut. Pastikan seluruh tubuh bagian atas tadi sudah turun atau kembali berada di lantai.

Ketika melakukan sit up, kamu tidak perlu bersikeras untuk membuat leher ikut menekuk seperti halnya tubuh bagian atas. Selain itu, punggung bagian bawah bisa kamu biarkan menempel di lantai sehingga tulang terbentuk seperti huruf “C” saat mengangkat tubuh ke arah lutut.

Manfaat Sit Up untuk Tubuh Kita

Nah, setelah mengetahui cara melakukan sit up yang benar, lalu apa saja manfaat gerakan olahraga ini? Berikut deretan manfaat tersebut:

1. Melatih Kekuatan Otot


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sit up dapat melatih kekuatan ototmu. Bahkan tak hanya itu saja, otot pun dapat lebih kencang dari sebelumnya. Bukan cuma bagian perut saja yang mengalaminya, tapi otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, hingga leher pun ikut mendapatkan manfaatnya.

2. Meningkatkan Massa Otot


Selain semakin kuat, dengan sit up masa otot kita pun akan bertambah, terutama bagian perut dan pinggul. Tidak hanya itu, dengan rutin melakukan olahraga ini, kamu dapat terhindar dari risiko pengurangan massa otot saat lansia atau disebut juga dengan sarcopenia.

3. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh


Dengan rutin sit up, keseimbangan tubuh pun dapat diperbaiki karena gerakannya melibatkan beberapa bagian, seperti seperti otot panggul, pinggul, dan punggung bagian bawah.

4. Memperbaiki Bentuk Perut


Bagi kamu yang memiliki masalah pada kondisi atau bentuk perut, seperti halnya buncit, maka sit up menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan. Pasalnya, otot perut akan terlatih, lebih kencang dan bentuknya lebih rata dan indah. Namun jika ingin hasil yang lebih maksimal, bisa ditambahkan dengan olahraga aerobik.

5. Membakar Kalori


Ternyata, sit up juga dapat membakar lebih banyak kalori yang ada di tubuh. Karena jika olahraga ini dilakukan secara rutin dan teratur, hal tersebut akan membentuk sel otot yang kemudian aktif membakar kalori jika dibandingkan dengan keberadaan sel lemak.


Demikian informasi mengenai manfaat dan tata cara melakukan sit up dengan benar yang bisa kamu ketahui. Untuk para pemula, baiknya kita tidak terlalu menekan diri dengan jumlah gerakan sit up yang terlalu banyak. Bisa dimulai dari 10 hitungan terlebih dahulu, kemudian seiring waktu dapat ditingkatkan sesuai kondisi juga kemampuan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.