Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Inilah 4 Cara Mengatasi Jerawat Meradang Pada Wajahmu

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Oct 2021
Clock Icon
4 menit
Cara mengatasi jerawat meradang mudah dilakukan dengan aman.

Munculnya jerawat yang disertai peradangan dan kemerahan memang cukup mengganggu. Banyak orang melakukan berbagai cara mengatasi jerawat meradang agar kulit wajah kembali sehat. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat meradang juga menimbulkan rasa nyeri. Timbulnya jerawat meradang di wajah biasanya disebabkan oleh adanya penyumbatan di pori-pori kulit. Ada beberapa hal yang menyebabkan pori-pori tersumbat dapat terjadi.


Pertama karena produksi minyak yang berlebihan di kulit wajah, kedua karena adanya penumpukan sel kulit mati, dan yang ketiga karena terjadi infeksi bakteri. Infeksi bakteri menjadi penyebab yang sering memicu munculnya jerawat meradang. Jerawat yang sering disentuh tangan atau dipencet dengan pinset jerawat yang kotor juga bisa menyebabkan jerawat menjadi meradang.


Jerawat meradang dapat dihindari  dengan menjaga kebersihan tangan dan area wajah. Serta tidak sembarangan menggunakan pinset jerawat yang bisa saja malah menginfeksi jerawatmu. Jika terlanjur mengalami jerawat meradang berikut beberapa cara mengatasinya dengan bahan-bahan alami:

1. Lidah Buaya


Lidah buaya bisa menjadi bahan alami pertama yang digunakan untuk mengatasi jerawat meradang. Caranya mudah, hanya dijadikan sebagai masker alami untuk wajah. Kandungan di dalam lidah buaya dinilai dapat membantu meredakan jerawat meradang dengan cukup efektif jika dilakukan secara teratur. Khasiatnya tersebut karena lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur yang berguna untuk membantu menyembuhkan jerawat. Tidak heran jika lidah buaya banyak ditemui pada produk perawatan kulit berjerawat.


Cara mengatasi jerawat meradang menggunakan lidah buaya dapat dilakukan dengan mengambil getahnya secara langsung saat masih segar lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga mengering dan lakukan secara teratur paling tidak satu hingga dua kali sehari. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal bisa dengan mencampur getah lidah buaya dengan bahan alami lain yang disinyalir dapat membantu mengatasi jerawat, seperti kunyit atau teh hijau.

2. Cuka Apel


Cuka apel tidak hanya digunakan untuk keperluan dapur saja tapi juga bisa digunakan untuk membantu meredakan jerawat meradang. Dalam penelitian dari International Journal of Cosmetic Science, menemukan bahwa cuka apel mengandung asam organik yang bisa mengatasi jerawat di sekitar wajah. Salah satu kandungan asam organik tersebut di salah satunya adalah asam sitrat yang dipercaya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat seperti propionibacterium acnes.


Selain itu, cuka apel juga mengandung succinic acid yang dapat membantu mengatasi peradangan pada jerawat yang diakibat oleh bakteri P.acnes. Kandungan asam laktat di dalam cuka apel juga dipercaya bisa membantu memperbaiki tekstur kulit yang bermasalah karena bekas jerawat.


Cara mengatasi jerawat meradang dengan cuka apel yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air. Kemudian bersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan air hingga bersih, lalu oleskan campuran cuka apel dan air tersebut ke bagian kulit yang berjerawat menggunakan kapas. Diamkan selama 10 hingga 20 detik lalu bilas dengan air hingga bersih dan lakukan secara teratur satu hingga dua kali dalam sehari.

3. Madu


Madu memiliki manfaat yang beragam mulai dari kesehatan hingga kecantikan termasuk untuk mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dipercaya mampu membersihkan kotoran di kulit wajah dan juga mencegah pori-pori tersumbat. Tidak hanya itu madu juga memiliki sifat antibakteri yang berguna untuk menyembuhkan luka.


Cara menggunakan madu untuk mengatasi jerawat yaitu cukup dengan mengoleskan madu ke bagian kulit wajah yang berjerawat, pastikan tangan dan jari dalam keadaan bersih saat mengoleskannya. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, bisa juga dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok teh kunyit sebagai masker wajah alami untuk mengatasi jerawat.

4. Tea Tree Oil


Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan anti-peradangan yang berguna untuk membantu mengatasi dan mengempeskan jerawat meradang. Tapi dalam beberapa kasus orang yang menggunakan tea tree oil dapat mengalami efek samping seperti iritasi pada kulit wajah untuk itu sebaiknya lebih berhati-hati saat menggunakannya. Dianjurkan juga untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kulit sebelum menggunakannya.


Cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat meradang yaitu dengan mencampurkan tea tree oil dengan 12 tetes minyak pelarut seperti jojoba oil, olive oil, atau coconut oil. Lalu dioleskan ke bagian kulit wajah yang berjerawat secara merata, diamkan kurang lebih selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air.


Itulah berbagai cara mengatasi jerawat meradang yang bisa kamu coba. Salah satu cara mengatasi jerawat meradang di atas bisa kamu coba di rumah, agar jerawat mulai membaik dan kulit wajah kembali sehat seperti sediakala.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.