Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 4 Cara Menidurkan Bayi yang Efektif Bunda Harus Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
27 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menidurkan bayi yang benar wajib dilakukan bunda di rumah.

Cara menidurkan bayi yang benar tentu dapat membuat si kecil lebih nyaman dan tentunya tidur lebih nyenyak. Sayangnya masih banyak orang tua terutama para ibu muda yang baru memiliki anak belum tahu bagaimana menidurkan bayi. Akibatnya bayi menjadi sering terbangun dan rewel terutama saat malam hari. Kondisi seperti ini selain mengganggu kesehatan ibu juga kurang baik bagi bayi.

Oleh sebab itu bagi kamu yang baru saja menjadi seorang ibu sebaiknya ketahui bagaimana cara yang benar untuk menidurkan bayi. Kalau bayi tidur nyenyak ibunya juga bisa beristirahat. Selain itu kualitas tidur yang baik pada bayi berpengaruh pada pertumbuhannya. Saat sedang tidur bayi memproduksi hormon pertumbuhan secara maksimal. banner consideration shipping bg blue

Cara untuk Menidurkan Bayi yang Benar

Posisi tidur bayi yang kurang tepat membuatnya merasa tidak nyaman sehingga jadi sering terbangun. Padahal seharusnya pada bayi yang baru beberapa bulan dilahirkan waktunya dihabiskan untuk tidur sehingga pertumbuhannya berlangsung optimal.

Nah, inilah beberapa cara untuk menidurkan bayi yang benar.

1. Atur Pencahayaan di dalam Kamar


Kamu perlu tahu bahwa tingkat pencahayaan pada kamar tidur bayi mempengaruhi kualitasnya. Bayi masih sangat membutuhkan cahaya agar bisa mengenali dunianya yang baru. Namun ternyata kondisi kamar yang cenderung gelap dan minim pencahayaan justru membantu pelepasan hormon tidur yang membuat bayi lebih nyenyak.


Lalu bagaimana solusinya? Jika bayi tidur pada pagi dan siang hari biarkan cahaya matahari menerangi kamar. Jika masih kurang terang tambahkan dengan lampu kecil saja. Redupkan cahaya lampu menjelang bayi tidur dan matikan setelah mereka tertidur.


Ketika bayi tidur di malam hari saat mereka terbangun jangan langsung menyalakan lampu utama kamar yang cukup terang. Cukup nyalakan lampu kecil seperti lampu tidur misalnya  dan tunggu hingga si kecil tertidur kembali.

2. Atur Suhu pada Ruangan


Selain pencahayaan faktor lainnya yang juga tidak kalah penting adalah suhu di dalam kamar tidur bayi. Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa, si kecil juga tidak akan merasa nyaman jika tidur pada suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh sebab itu kamu harus mengatur suhu yang ideal.banner consideration promotion bg blue


Usahakan suhu pada kamar sekitar 21°C hingga 22°C demi kenyamanan si kecil. Saat tubuhnya terlihat lebih berkeringat jangan bedong bayi tapi tambahkan lapisan kain yang sifatnya menyerap keringat. Kalau bayi seperti kedinginan tambahkan selimut untuk menutupi tubuhnya.

3. Berikan Pijatan Lembut


Memijat tubuh bayi menjelang tidur membuat mereka lebih nyenyak karena si kecil akan merasa rileks. Lakukan pemijatan perlahan pada bagian lengan, perut dan kaki bayi selama 15 menit. Kamu bisa memakai baby oil ataupun minyak telon saat memijat bayi.


Namun kalau si kecil rewel dan merasa tidak nyaman dipijat sebaiknya segera hentikan.

4. Pakaikan Baju yang Nyaman


Bukan hanya orang dewasa saja yang tidak bisa tidur nyenyak ketika baju yang dipakainya tidak nyaman. Ketidaknyamanan tersebut bisa disebabkan oleh bahannya yang panas ataupun ukurannya yang tidak pas dengan tubuh. Nah, agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak pakaian baju yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Pilih ukuran baju yang sesuai dengan tubuh bayi agar tidak kebesaran apalagi kekecilan.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Ternyata tidak sulit bukan cara menidurkan bayi yang benar agar si kecil lebih nyaman dan terlelap. Berikan waktu tidur yang berkualitas pada bayi agar pertumbuhannya bisa berlangsung optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.