Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Inilah 4 Daun yang Dapat Membuat Kamu Terlihat Awet Muda!

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Daun yang membuat awet muda bisa dimanfaatkan setiap dengan mudah.

Keberadaan daun yang membuat awet muda memang belum terlalu familiar bagi masyarakat, padahal ada yang tumbuh di sekitar kamu, lho. Beberapa produk kecantikan, bahkan sudah banyak yang memanfaatkan kandungan pada daun ini. Keputusan tersebut dinilai lebih aman untuk kulit dan kesehatan, karena minim efek samping.


Tidak harus selalu melalui produk pasaran, karena manfaat tersebut juga bisa dinikmati dengan cara yang lain, seperti lalapan, sayur, maupun masker wajah. Tertarik untuk memperoleh manfaat tersebut? Pastinya, karena setiap orang tentu mendambakan kulit sehat dan tampak lebih muda. Oleh karena itu, simak daftar daun yang ternyata bisa membuat awet muda berikut:

1. Daun Pegagan


Beberapa tahun terakhir, nama daun pegagan terus menyita perhatian masyarakat. Pasalnya, tanaman yang merambat ini ternyata mempunyai segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Daun pegagan memiliki sejumlah zat bioaktif yang bersifat antivirus, antiulcer, antibakteri, dan antioksidan. Beberapa di antaranya, yakni phenolic acid, flavonoid, saponin, asam amino, dan lain-lain.


Selain menghidrasi kulit, pegagan juga mampu mengurangi peradangan, mengatasi jerawat, mengurangi stretch mark, dan menunda tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, daun pegagan dipercaya bisa membuat kulit tampak lebih muda.

Untuk menikmatinya, daun pegagan bisa diolah menjadi sayur, lalapan, jus, maupun masker. Umumnya, daun ini tidak mempunya efek samping yang cukup berarti. Namun, tidak cocok bagi pemilik kulit sensitif, karena kandungannya yang terlalu keras.

2. Daun Kelor


Tak seperti pegagan, daun kelor lebih populer di Indonesia sebagai sayuran yang bisa melancarkan ASI. Namun, ternyata di balik kesegarannya, daun kelor juga mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan. Selain memperlambat penuaan, daun kelor juga ampuh untuk melembabkan bibir, mencerahkan kulit, melawan jerawat, mengurangi minyak berlebih, hingga mengecilkan pori-pori.


Berbagai manfaat daun kelor tersebut tidak terlepas dari kandungan gizi yang ada di dalamnya. Beberapa di antaranya, yakni vitamin A, C, dan E, asam oleat, dan antioksidan. Selain sayur, daun kelor ternyata juga bisa dibuat menjadi masker wajah.

3. Daun Basil atau Selasih


Masyarakat lebih banyak mengenal daun basil atau selasih sebagai bahan campuran di dalam masakan, terutama pada jenis masakan Italia dan Thailand. Bentuk dan aromanya mirip daun kemangi, hanya saja tekstur daun basil lebih tebal.

Manfaat daun basil untuk kesehatan dan kecantikan ini dikarenakan jenis antioksidan yang ada di dalam daun basil yang sangat tinggi. Selain mengatasi kerutan atau garis halus pada wajah, daun basil juga bisa menghilangkan kotoran dan menghidrasi kulit.

4. Daun Sage


Di Indonesia, nama daun sage mungkin tidak begitu dikenal. Wajar, karena daun bertekstur tebal ini merupakan tanaman herbal asli dari pantai utara Mediterania. Daun sage masih termasuk keluarga oregano, rosemary, lavender, basil, dan thyme.

Selain mencampurkannya ke dalam masakan, daun sage juga sering digunakan sebagai bahan pengharum pada kosmetik atau sabun. Bukan hanya aromanya saja yang mengagumkan, tetapi manfaat daun sage juga luar biasa.


Antioksidan pada daun ini termasuk yang terbaik, karena bersifat anti-aging dan ampuh dalam mencegah pengaruh radikal bebas. Selain itu, daun sage juga berperan aktif dalam memproduksi kolagen yang sangat penting bagi kulit.


Meski daun yang membuat awet muda termasuk kategori bahan herbal, tetaplah berhati-hati dalam penggunaan. Jangan berlebihan dan segera hentikan, jika muncul efek samping yang tidak diinginkan. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi berbagai daun ini ya, Lemonizen.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.