Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 4 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil wajib diketahui dari sekarang.

Berbeda dengan orang normal, makanan untuk ibu hamil menjadi yang lebih ‘sensitif’. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil guna kandungannya tetap sehat dan terjaga. Sebaliknya, ibu hamil akan lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan sehat dengan nutrisi dan gizi yang lengkap.

Berikut beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena dapat menimbulkan risiko yang cukup serius terhadap kesehatan janin. banner consideration shipping bg blue

1. Ikan yang Masih Belum Matang Sepenuhnya


Salah satu pantangan yang wajib dipatuhi oleh ibu hamil adalah memakan ikan yang belum terlalu matang atau masih mentah. Ikan memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun hal ini tidak berlaku bagi ikan yang masih setengah matang. Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan dalam keadaan setengah matang karena dikhawatirkan virus, bakteri atau parasit yang dibawa oleh ikan tersebut dapat membahayakan janin.

Apabila terjadi infeksi akibat masuknya virus yang dibawa oleh ikan ini, ibu hamil dapat mengalami gangguan kesehatan seperti diare dan dehidrasi. Namun apabila mengalami infeksi lain seperti listeria, janin bisa berada dalam kondisi yang serius atau fatal karena penularannya melalui plasenta.

2. Telur Mentah


Di beberapa negara, mengkonsumsi telur dalam keadaan setengah matang atau mentah sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Di Indonesia, telur ayam kampung mentah sering dijadikan campuran pada jamu. Telur memang memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh.  Namun, hal ini tidak berlaku bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan infeksi salmonella.

Gejala yang mungkin muncul akibat infeksi salmonella adalah mual, demam, diare, muntah, dan kram perut. Meskipun jarang terjadi, infeksi ini dapat menyebabkan kram perut yang mengakibatkan kelahiran prematur hingga kematian janin. Maka dari itu, sebaiknya masak telur hingga benar-benar matang agar terhindar dari infeksi salmonella.

3. Buah Nanas


Buah satu ini memang sudah menjadi ‘musuh alami’ bagi para ibu hamil. Nanas menempati urutan teratas sebagai makanan yang wajib dihindari oleh ibu hamil, terutama pada saat menginjak trimester pertama masa kehamilan. Mengacu pada kandungan nutrisi yang terdapat pada buah nanas, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil jika mengkonsumsi nanas.
banner consideration promotion bg blue

Namun sayangnya, dibalik kandungan vitamin C, magnesium, vitamin B6, dan zat besi yang ada didalamnya, terdapat bromelain yang membahayakan janin. Bromelin dapat melunakkan serviks dan mengakibatkan persalinan dini. Tidak hanya itu saja, zat ini dapat memicu kontraksi rahim yang parah hingga berujung pada keguguran.

4. Kafein


Ibu hamil sangat disarankan untuk membatasi asupan minuman yang memiliki kandungan kafein. Daya serap kafein terhitung cukup cepat dan mudah masuk ke dalam plasenta yang menjadi jalan bagi janin untuk mendapatkan asupan. Plasenta pada bayi tidak memiliki enzim yang dapat menyerap metabolisme kafein. Hal ini akan membuat kafein menumpuk pada plasenta.

Asupan kafein yang tinggi dapat membatasi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko berat badan rendah saat lahir. Bayi yang lahir dengan berat kurang dari 2,5 kg dikelompokkan dalam lahir dengan berat rendah. Hal ini turut meningkatkan risiko kematian si bayi. Tidak hanya itu saja, bayi berisiko terkena penyakit kronis saat sudah dewasa nanti.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah empat makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena dapat membahayakan kesehatan si ibu maupun janin. Ibu hamil memang harus selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Hal ini dilakukan guna menghindari risiko terjadinya keguguran atau kematian janin.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.