Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 4 Manfaat Bunga Pepaya dan Cara Pengolahannya

Rizki Indra
Rizki Indra
12 May 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat Bunga Pepaya

Tahukah kamu apa manfaat bunga pepaya? Yup! Tidak hanya buahnya saja, ternyata bunga pepaya juga kaya manfaatnya, lho. Diolah menjadi makanan pun juga sangat lezat ketika dikonsumsi. Pohon pepaya biasanya mempunyai dua kelamin dalam satu bunga, yaitu jantan dan betina. Karakteristik bunga jantan memiliki tangkai yang panjang, tidak berputik, dan menggerombol dalam jumlah banyak. 


Sementara karakteristik bunga betina memiliki tangkai yang pendek karena ia keluar dari sisi daun sebelah batang, memiliki putik, memiliki jumlah bunga yang sedikit, dan umumnya untuk berkembang biak bergantung pada benang sari jantan dari tanaman lain. banner consideration shipping bg blue


Bunga pepaya memiliki kandungan senyawa kimia tumbuhan seperti flavonoid, steroid, triterpenoid, tanin, hingga polifenol yang kaya manfaat. Berikut ini 4 manfaat bunga pepaya yang bisa dijadikan acuan agar tidak ragu untuk mengkonsumsi bunga pepaya.

1. Mencegah Kanker

manfaat bunga pepaya

Salah satu faktor penyebab terbentuknya sel-sel kanker di dalam adalah terkena radikal bebas yang merupakan pemicu penyakit kronis seperti kanker. Bunga pepaya memiliki kandungan zat berupa polifenol dan flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, polifenol memiliki sifat antioksidan, anti alergi, antivirus, dan anti peradangan sehingga badan menjadi tetap sehat dan kuat.

2. Menyehatkan Jantung

manfaat bunga pepaya

Manfaat bunga pepaya selanjutnya diperoleh dari kandungan sterol dan glycosides. Sterol mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sementara glycosides kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Glycocides bertugas menaikkan kemampuan jantung untuk memompa darah tanpa meningkatkan kebutuhan organ vital tersebut pada oksigen, sehingga kerja jantung lebih efisien.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

manfaat bunga pepaya

Karbohidrat lebih rendah dapat diperoleh dari manfaat bunga pepaya dengan mengolahnya menjadi teh. Kita semua tahu bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mempunyai karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh sehingga seseorang dapat mengalami diabetes. Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes dapat memanfaatkan hal ini sebagai pengontrol gula darah. Selain itu, manfaat bunga pepaya dalam hal ini dapat dimanfaatkan seseorang yang menginginkan diet secara alami karena kandungan karbohidratnya lebih rendah.banner consideration promotion bg blue

4. Sumber energi alami yang menyehatkan

manfaat bunga pepaya

Manfaat bunga pepaya selain yang tersebut di atas adalah terletak pada kandungan protein, vitamin, dan mineral. Protein merupakan nutrisi penting yang harus ada sebagai bahan bakar tubuh manusia. Vitamin berfungsi sebagai pendukung tumbuh kembang dan menjaga stamina tubuh agar bekerja tetap normal. Sementara mineral membantu untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Cara Pengolahan Buah Pepaya

Banyak sekali cara mengolah bunga pepaya, baik menjadi makanan maupun minuman. Hal yang paling dasar pada pengolahan buah pepaya adalah menghilangkan rasa pahit bunga pepaya, walaupun dirasakannya sedikit dan sebentar. Untuk menghilangkan rasa pahit tersebut salah satunya menggunakan asam jawa dengan cara merebus secara bersamaan antara bunga pepaya dan asam jawa selama 15 menit. Setelah 15 menit tiriskan dan dicuci dengan air bersih. Selanjutnya, bebas untuk diolah menjadi apa saja. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Beberapa rekomendasi cara pengolahan bunga pepaya menjadi bentuk minuman adalah dihidangkan dalam bentuk teh. Biasanya akan dicampur dengan mint atau yang lain untuk menambah esensial aroma minuman. Sementara pengolahan dalam bentuk makanan bisa berupa tumis bunga pepaya, lalapan pecel, urap-urap, dan lain-lain. 


Itulah berbagai manfaat bunga pepaya sekaligus cara pengolahannya. Ternyata, banyak sekali ya manfaat dari bunga pepaya. Mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi bunga pepaya supaya manfaatnya bisa kamu rasakan!


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.