Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Inilah 4 Manfaat Sehat Air Beras untuk Kecantikan Wajah

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat air beras untuk wajah penting diterapkan sehari-hari.

Apakah kamu pernah mendengar manfaat air beras untuk wajah? Ternyata, air beras memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan perlindungan terhadap kulit wajah. Hingga saat ini, tidak sedikit yang telah menggunakan air beras sebagai bahan dasar berbagai produk kosmetik.


Air beras bahkan telah digunakan oleh orang Asia selama berabad-abad agar menghasilkan kulit wajah yang tampak lebih muda. Petani wanita di Jepang pun juga sudah terbiasa mandi dengan air cucian beras. Air beras mengandung berbagai vitamin, asam amino, dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit.


Nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah antioksidan, asam ferulat, dan allantoin yang memiliki aktivitas anti inflamasi (peradangan). Jika selama ini kamu langsung membuang air cucian beras, maka setelah membaca manfaat air beras untuk wajah ini dijamin kamu pasti akan tertarik. Berikut manfaat dari air beras:

1. Melindungi Sel Kulit Wajah


Manfaat pertama dari air beras adalah untuk melindungi sel pada kulit wajah kamu. Hal ini disebabkan air beras mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit yaitu inositol. Senyawa tersebut bisa melindungi sel kulit dengan menangkal radikal bebas. Radikal bebas termasuk zat berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh.


Penelitiannya juga telah dilakukan pada tahun 2018 di Portugal dan dipublikasikan dalam jurnal kesehatan MDPI. Penelitian tersebut dilakukan dengan memberikan gel air beras selama 28 hari pada kulit. Hasilnya menunjukkan bahwa air beras punya aktivitas antioksidan yang sama dengan vitamin C.

2. Mengurangi Keriput


Kandungan antioksidan yang ada pada air beras ternyata juga bisa menyamarkan keriput yang ada serta mencegah timbulnya keriput baru. Penelitian di Korea telah membuktikan manfaat dari air beras ini bahwa selama 2-4 hari bisa mengurangi keriput dan menambah kelembapan kulit.

3. Mengurangi Peradangan


Peradangan atau inflamasi di wajah bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti jerawat, eksim, hingga adanya infeksi bakteri. Masalah tersebut bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan air beras. Namun, perlu diketahui kamu harus konsultasi terlebih dahulu karena mengingat kondisi kulit yang sedang meradang.

4. Memperlambat Penuaan Pada Kulit Wajah


Hasil penelitian seperti dari laman Medical News Today, juga telah membuktikan bahwa air beras bisa menurunkan aktivitas enzim elastase. Enzim tersebut berperan penting dalam proses penuaan kulit sehingga harus dihambat aktivitasnya yaitu dengan air beras. Air beras dinilai bisa memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan serta garis halus pada wajah.


Penelitian tersebut dilakukan di Portugal pada tahun 2018. Akan tetapi penelitian untuk manfaat ini masih sangat terbatas, sehingga harus dikembangkan lagi oleh peneliti selanjutnya.

Cara Merendam Air Beras untuk Wajah


Cara yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan air beras juga terbilang sangat mudah.  Langkah-langkahnya adalah:

  • Ambillah setengah cangkir beras.
  • Lakukan pencucian beras hingga bersih (2-3 kali).
  • Beras dimasukkan ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan 2-3 gelas air.
  • Biarkan selama 30 menit.
  • Lakukan penyaringan air beras ke mangkuk yang lebih bersih.
  • Setelah itu, air beras telah siap digunakan untuk kulit wajah kamu.

Itulah segudang manfaat air beras untuk wajah. Memang sangat beragam sekali, namun kamu harus tetap berhati-hati saat menggunakannya, karena tidak semua kulit cocok dengan air beras tersebut. Sebaiknya lakukan dulu konsultasi dengan dokter agar perawatan kulit wajah kamu bisa bekerja secara maksimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.