Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 4 Penyebab Rematik yang Bisa Kamu Cegah secara Dini

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Hindari rematik dengan mengetahui penyebab rematik sejak dini.
Rematik menjadi penyakit yang sering diderita oleh banyak orang. Sayangnya, belum banyak yang tahu apa saja yang menjadi penyebab rematik. Penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang sistem persendian tubuh. Seringkali terjadi peradangan tulang sendi pada bagian tubuh seperti tangan, lutut, kaki, atau pergelangan tangan.

Jangan pernah anggap remeh penyakit rematik. Segera lakukan penanganan yang cepat untuk mencegah rematik semakin parah. Jika tidak segera ditangani rematik bisa mengakibatkan tulang keropos, merusak jaringan sendi, dan bahkan akan menyerang organ tubuh lain. Bagi kamu yang belum pernah menderita penyakit ini, hindari hal-hal yang menjadi penyebab rematik. Rematik atau artritis reumatoid akan mengakibatkan sistem kerja persendian menjadi kurang aktif. Rematik sering persendian pada bagian tangan dan kaki. Akibatnya, kita akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, bekerja, dan sebagainya.
Sebagai bentuk pencegahan terserang penyakit rematik, sebaiknya kamu harus tahu penyebab rematik. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu menjadi lebih waspada dan dapat menghindari penyebab utama rematik.

1. Sistem Imun Tubuh Agresif



Siapa sangka ternyata sistem imun tubuh adalah salah satu penyebab penyakit rematik. Sistem imun tubuh yang sangat reaktif dapat mengakibatkan munculnya peradangan pada bagian sendi. Sistem imun secara reaktif akan menyerang lapisan sendi yang bernama synovium. Selain itu, sistem imun juga berpotensi menyerang otot ligamen dan tulang. Harus ada penanganan yang tepat dan cepat supaya tidak menyebar dan merusak jaringan sandi secara permanen.

2. Kerusakan pada Tulang Rawan



Penyebab dari penyakit rematik selanjutnya yaitu karena terjadi kerusakan pada tulang rawan. Rusaknya tulang rawan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor usia intensitas pemakaian yang terlalu sering, kegemukan, atau terjadi cedera pada persendian.
banner consideration promotion bg blue
Parahnya kerusakan pada bagian tulang rawan membuat persendian tidak berfungsi secara normal. Selain penderita akan merasakan sakit yang cukup parah, dia juga tidak bisa melakukan aktivitas apapun karena sulit bergerak. Sakit yang timbul pada persendian disebabkan oleh tulang sendi yang saling bergesekan. Kerusakan pada tulang rawan juga menyebabkan rasa sakit muncul pada bagian tubuh lain seperti otot, tulang, lapisan sendi, dan ligamen.

3. Obesitas



Kamu perlu waspada jika memiliki berat tubuh diatas normal. Kemungkinan besar kamu mengidap obesitas atau kelebihan berat badan akibat timbunan lemak yang banyak. Obesitas menjadi penyebab utama dari beberapa penyakit serius, salah satunya adalah rematik. Tumpukan lemak berlebih akan membuat jaringan tubuh mengalami peradangan.

Badan dengan lemak berlebih membuat tulang sendi pada kaki, lutut, bekerja lebih keras dari normalnya. Hal ini membuat penyakit rematik semakin menjadi-jadi. Sebelum terlambat dan mengalami penyakit rematik, mulai sekarang cobalah untuk melakukan pola hidup sehat. Menghindari konsumsi makanan yang berlemak terlalu sering, istirahat cukup, konsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga adalah contoh dari pola hidup sehat.

4. Kebiasaan Buruk (Merokok, Minum Minuman Keras)



Kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras dia kini menjadi salah satu penyebab rematik. Merokok dan minum minuman keras akan mengakibatkan munculnya kristal-kristal asam urat pada bagian persendian. Kristal asam urat inilah yang akan mengakibatkan penyakit rematik.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Dengan mengetahui 4 penyebab rematik, diharapkan membuat kamu menjadi lebih waspada dan selalu menjaga pola hidup sehat. Kesehatan tidak akan kita dapatkan tanpa kita usahakan. Mempunyai tubuh yang sehat akan membuat hidup menjadi lebih bahagia. Jadi, selalu jaga kesehatan kamu ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.