Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Cabang Olahraga Atletik yang Menyehatkan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
11 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak pilihan cabang olahraga atletik yang bisa dilakukan setiap hari.

Cabang olahraga atletik ada banyak sekali macamnya. Cabang olahraga ini juga merupakan olahraga yang paling tua dibandingkan dengan jenis yang lain. Pasalnya, penggunaan kata atletik sudah ditemukan sejak zaman Yunani Kuno, yakni Athlon yang berarti berlomba atau bertanding.


Jika ingin mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan fit, kamu bisa melakukan lima cabang olahraga atletik ini. Selain mudah, olahraga atletik juga bisa digunakan untuk program menurunkan berat badan. Dalam olahraga atletik, terdapat beberapa gerakan dasar yang bisa dipilih.


Mulai dari jalan, lompat, lempar, bahkan lari, ada pula kombinasi dari dua gerakan dasar tersebut. Untuk mendapatkan badan yang lebih sehat, berikut adalah rekomendasi cabang olahraga atletik yang bisa kamu lakukan:

1. Jalan Cepat


Jalan cepat berbeda dengan jalan biasa, terdapat aturan yang harus kamu penuhi ketika melakukan cabang olahraga ini. Ketika melakukan jalan cepat, salah satu kaki ataupun kedua kaki harus ada yang menyentuh tanah. Berbeda dengan berjalan biasa, di mana tubuh terlihat seperti melayang karena langkah yang kamu tempuh tergolong cepat.

2. Lari


Cabang olahraga lari ada banyak macamnya, mulai dari lari jarak menengah, jauh, ataupun jarak pendek. Masing-masing memiliki aturan tersendiri, berikut dengan teknisnya, yakni:

a. Lari Jarak Pendek

Cabang olahraga lari jarak pendek biasanya banyak dilakukan karena mudah untuk dilakukan. Selain membuat tubuh menjadi lebih kuat, pernapasan kamu bisa stabil jika melakukan olahraga ini secara teratur. Ketika kamu melakukan lari jarak pendek, perhatikan aturan langkah kaki dan ayunan lengan yang dilakukan.

b. Lari Rintangan

Selain disebut sebagai lari gawang, cabang olahraga ini sering juga disebut sebagai lari gawang. kamu yang melakukan lari rintangan tidak hanya berlari begitu saja, namun juga melewati rintangan yang ada. Rintangan cabang olahraga atletik ini berbentuk gawang dengan ketinggian yang telah ditentukan.

c. Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh sering juga disebut sebagai maraton, pemenangnya memang ditentukan dari seberapa cepat seseorang mencapai garis finish, namun kecepatan tiap pelari lebih rendah. Jarak yang ditempuh oleh pelari maraton mulai dari 3 km hingga 42 km, tergantung jenisnya.

3. Lompat Jauh


Dalam lompat jauh, kamu harus melakukan lompatan jenis horizontal. Aturan mengenai lompat jauh adalah memindahkan badan ke depan sejauh mungkin. Melakukan lompat jauh juga menyehatkan tubuh, sebab membuat bagian kaki menjadi lebih kuat. Ketika melakukan lompat jauh, kamu harus memperhatikan teknik pendaratan agar tidak terhitung foul.

4. Tolak Peluru


Jika ingin melakukan cabang olahraga atletik yang anti mainstream, kamu bisa melakukan tolak peluru. Olahraga ini akan membuat lengan dominan kamu menjadi lebih kuat, sebab mengangkat bola besi yang terbuat dari logam. Dalam perlombaan tolak peluru, mereka yang melemparkan bola besi paling jauh merupakan pemenangnya.

5. Decathlon dan Heptathlon


Kamu yang ingin mendapatkan tubuh lebih fit bisa mencoba decathlon, ini merupakan cabang olahraga untuk putra yang dilakukan selama dua hari. Didalamnya terdapat 10 disiplin atletik yang dilakukan secara berurutan. Selama dua hari, kamu akan melakukan kombinasi olahraga dari lari, lompat, serta tolak peluru.


Sedangkan heptathlon adalah cabang olahraga putri kombinasi 7 cabang olahraga atletik yang dilakukan selama dua hari. Di hari pertama, kamu akan melakukan lari gawang 100 meter, melakukan tolak peluru, lompat tinggi dan lari sepanjang 200 meter. Di hari kedua, kamu akan melakukan lompat jauh, lari sepanjang 800 meter dan lempar lembing.


Itulah beberapa cabang olahraga atletik yang bisa kamu pilih untuk menyehatkan badan. Dengan berbagai cabang olahraga tersebut, diharapkan kamu bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar! Namun, tetap perhatikan keamanan, ya. Pastikan kamu melakukan beberapa jenis cabang olahraga atletik tersebut ditemani dengan ahli atau pelatih. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.