Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 5 Cara Memulai Bisnis Online di Instagram untuk Pemula

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memulai bisnis online di instagram penting dilakukan dengan baik dan benar.

Instagram adalah salah satu platform media sosial ternama yang banyak digunakan oleh masyarakat masa kini. Kepopuleran Instagram membuat fungsinya menjadi semakin beragam dan tidak hanya sekedar digunakan sebagai tempat upload foto saja. Salah satu fungsi baru dari Instagram adalah sebagai media berbisnis online yang potensial.

Mengikuti perkembangan era digital yang semakin maju, bisnis sekarang tidak hanya bisa dijalankan secara offline saja, namun juga dapat dioperasikan secara online. Untuk Anda yang ingin menapaki dunia bisnis, berikut cara memulai bisnis online di Instagram yang bisa diterapkan pemula. banner consideration shipping bg blue

1. Pilih dan Fokus pada Satu Bisnis


Sebagai pemula, jangan menjalankan lebih dari satu bisnis karena dapat memecah fokus Anda pada bisnis tersebut. Pilih bisnis yang sekiranya menarik dan cocok dijalankan secara online. Jadi, jika ingin mulai berbisnis di platform Instagram, siapkan bisnis yang sekiranya cocok dipasarkan secara online dan memiliki banyak target market. Beberapa contoh bisnis yang bisa dijalankan di Instagram adalah skincare, makanan, pakaian, hingga peralatan elektronik.

2. Menyiapkan Bahan Foto Produk yang Berkualitas


Foto produk memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap tingkat penjualan produk melalui platform Instagram. Siapkan foto yang terlihat instagramable dan menarik untuk dilihat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat Instagram merupakan platform untuk berbagi foto dengan orang lain.

Jika menggunakan foto yang berkualitas seadanya, kredibilitas dari toko online Anda akan menurun. Anda bisa menyewa jasa fotografer untuk membantu memotret produk yang Anda. Kualitas dari foto produk yang Anda miliki akan turut mempengaruhi keberhasilan toko online Anda.

3. Mengumpulkan Followers


Dalam bisnis, followers Instagram berperan sebagai audiens sekaligus calon pelanggan. Mengumpulkan followers Instagram memang hal susah-susah gampang, terlebih untuk mencari followers yang sesuai dengan target market bisnis Anda. Bisa dikatakan jika hal ini merupakan salah satu kesulitan yang paling sering dihadapi oleh para pebisnis online di platform Instagram.

Banyak pebisnis yang mengambil jalan pintas dengan membeli followers instan. Padahal, cara instan yang dianggap sebagai ‘jalan pintas’ ini justru bisa menjadi boomerang untuk bisnis Anda. Followers instan ini hanyalah bot atau akun fiktif dan bukan audiens aktif yang akan menjadi pelanggan Anda.
banner consideration promotion bg blue

Akibatnya, hanya jumlah followers Anda saja yang banyak, sedangkan feedback yang muncul justru tidak sesuai harapan. Hal ini akan berimbas pada citra toko online Anda.

Maka dari itu, sebaiknya jangan gunakan cara instan dan cari followers secara manual saja.

4. Upload Foto Produk Secara Berkala


Salah satu langkah penting dalam berbisnis via Instagram adalah waktu upload foto produk. Hal penting yang harus dihindari dalam upload foto produk adalah meng-upload dalam sekali waktu. Mengunggah banyak foto dalam satu kali waktu justru akan membuat audiens ‘kabur’ dan enggan untuk melihatnya.

Solusinya, unggah foto produk secara berkala seperti satu sampai tiga foto saja perharinya. Cantumkan pula caption menarik yang akan membuat audiens merasa penasaran.

5. Cermat dalam Menggunakan Hashtag


Hashtag adalah salah satu cara yang bisa digunakan oleh pengguna Instagram untuk mencari produk atau topik tertentu. Pebisnis bisa memanfaatkan hashtag ini untuk menggaet lebih banyak audiens baru.

Gunakan hashtag yang berkaitan dengan produk Anda, jangan sembarangan dalam mencantumkan hashtag untuk produk yang akan Anda jual.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah rangkaian cara memulai bisnis online di Instagram yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Instagram menjadi platform pemasaran produk yang potensial untuk bisnis online di era digital seperti sekarang ini.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.