Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 5 Cara Memulai Usaha Kuliner Bagi Seorang Pemula

Rizki Indra
Rizki Indra
27 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memulai usaha kuliner sangat mudah dilakukan dan menguntungkan.

Saat ini, banyak pemula yang mencari cara memulai usaha kuliner. Hal ini disebabkan oleh pesona yang dimiliki jenis usaha tersebut. Bisa dibilang, bisnis kuliner memiliki potensi yang cukup besar. Hal ini disebabkan oleh posisi makanan sebagai kebutuhan primer manusia.

Cara Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula

Salah satu keunikan yang dimiliki bisnis kuliner adalah dapat dilakukan mulai dari skala terkecil. Jadi, pemula dengan modal minim pun masih dapat memulainya dengan mudah. Meskipun demikian, bukan berarti memulai usaha ini bisa dilakukan tanpa perencanaan. Untuk itu, di bawah ini akan dibahas mengenai cara yang bisa dilakukan pemula dalam memulai usahanya. banner consideration shipping bg blue

1. Menentukan Produk Yang Akan Dijual


Hal pertama yang harus dipikirkan dalam usaha kuliner adalah produknya. Pertimbangannya adalah apakah produk akan dibuat sendiri, menyewa tenaga ahli untuk membuatnya, atau hanya menjualkan produk orang. Jika memproduksi sendiri, tentu harus memilih menu makanan yang dikuasai dalam proses pembuatannya. Hal ini untuk meminimalisir biaya trial and error.

Kebanyakan pemula tergiur dengan usaha yang sedang tren. Hal ini tentu wajar dan masuk akal. Mengikuti tren membuat produk kuliner tersebut dapat dengan mudah masuk ke pasar. Namun, juga cukup berisiko karena artinya usaha tersebut akan masuk dalam persaingan yang ketat. Selain itu, tak jarang suatu tren akan mudah meledak, tetapi juga segera meredup.

2. Tentukan Target Pasar Secara Spesifik


Sangat penting menentukan target pasar yang ingin dicapai dalam usaha kuliner tersebut. Sebab, akan dengan mudah melakukan perencanaan produk dan strategi bisnis yang akan dijalankan. Misalnya yang dituju adalah kaum muda, produk kuliner akan lebih tepat dikemas secara kekinian. Jadi, penentuan target pasar berguna dalam memposisikan produk terhadap pasar.

3. Memilih Lokasi Strategis


Cara selanjutnya dalam memulai usaha kuliner adalah penentuan lokasi usaha yang tepat. jika ingin membuka sebuah café, misalnya, lokasi yang dekat kampus atau pusat bisnis tentu akan lebih menguntungkan. Lokasi yang mudah dijangkau dan nyaman, pasti akan memberi nilai tambah.
banner consideration promotion bg blue

Namun, jika yang dipilih adalah jenis usaha kuliner berupa ghost kitchen, lokasi bukanlah merupakan hal penting. Justru, kerja sama dengan kurir akan lebih diperlukan, mengingat jenis usaha ini sangat tergantung dengan armada pengiriman yang mumpuni. Uniknya, saat ini, jenis usaha ghost kitchen memang lebih banyak dipilih oleh pemula karena minim modal.

4. Buat Rencana Bisnis Secara Mendetail


Banyak pebisnis pemula yang mengawali bisnisnya dengan cara coba-coba. Jika beruntung, tentu usaha yang dilakukan akan berkembang. Namun, jika kurang beruntung bisa jadi akan kesulitan mengatasi kendala yang ditemui. Untuk itulah, setiap pemula wajib memiliki perencanaan usaha yang mendetail. Penting bagi pengusaha untuk memproyeksikan perkembangan bisnisnya.

Dengan melakukan perencanaan, langkah usaha yang dilakukan pasti sesuai. Meskipun bisnis kuliner dapat dimulai dari skala kecil, perencanaan tetap perlu dilakukan agar modal dapat digunakan secara efektif dan efisien. Bahkan, memulai usaha pisang goreng di pinggir jalan pun akan memiliki potensi berkembang bagus jika dilandasi perencanaan matang.

5. Pastikan Bisnis Memiliki Value


Usaha kuliner seharusnya bukan sekadar berjualan makanan. Karena jenis usaha ini memiliki banyak pesaing, tentunya perlu memberikan tambahan value agar unggul. Contohnya adalah menjual makanan yang praktis dinikmati sambil bekerja. Tentu akan sangat menarik bagi kaum muda yang selalu sibuk.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah beberapa cara memulai usaha kuliner yang bisa diterapkan oleh pemula. Setelah semua perencanaan telah siap, yang harus dilakukan adalah segera memulainya. Sebab, menunda suatu rencana usaha usaha kuliner yang telah matang, sama saja dengan membuang kesempatan dan menjadikannya sia-sia.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.