Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 5 Cara Mencari Ide Bisnis yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mencari ide bisnis sangat penting dilakukan sebelum memulai usaha.

Menemukan ide bisnis yang tepat menjadi langkah awal yang wajib dilakukan saat memulai usaha. Beberapa orang masih menganggap bahwa mencari ide bisnis adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal, jika tahu teknik dan cara tepatnya, mencari ide bisnis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa dengan mudah menangkap ide-ide brilian perihal bisnis. Untuk Anda yang masih bingung mencari ide untuk bisnis, simak 5 cara mencari ide bisnis yang mudah dan efektif berikut ini. banner consideration shipping bg blue

1. Mengikuti Perkembangan Trend


Cara termudah dari mencari ide bisnis adalah dengan mengikuti perkembangan trend. Trend dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang sedang diminati atau dibicarakan oleh banyak orang. Sifat dari trend ini mudah berubah-ubah dan tidak selalu sama, bisa dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Ide bisnis yang mengikuti trend memiliki peluang digemari dan dapat menjangkau banyak pelanggan dalam waktu relatif singkat. Meskipun cukup berisiko karena trend hanya bersifat sementara atau musiman, ide ini terbilang cukup efektif. Agar tidak kalah dengan kemunculan trend baru, Anda bisa menyiapkan solusi terbaik untuk mengatasi hal ini. Tidak ada salahnya mengikuti trend, namun pastikan bahwa produk Anda memiliki keunikan tersendiri.

2. Melakukan Riset


Cara yang satu ini mengharuskan Anda untuk merancang dan menyusun ide bisnis melalui riset guna menentukan jenis bisnis dan produk yang sekiranya dapat diterima dengan baik oleh pelanggan. Anda bisa melakukan riset secara offline maupun online dengan bantuan teknologi digital.

Melalui proses riset ini, Anda bisa mendapatkan hasil berupa jenis bisnis yang patut untuk dicoba. Lakukan riset secara berkala untuk mendapatkan hasil yang tepat. Sesuaikan riset ini dengan target market yang ingin Anda bidik.

3. Belajar dari Kesuksesan Pebisnis Lain


Anda bisa menjadikan pebisnis lain sebagai motivasi atau inspirasi. Pebisnis bisa dikatakan sukses apabila bisnisnya sudah mampu bertahan dalam jangka waktu lama dan produknya memiliki keunggulan yang patut dikagumi.
banner consideration promotion bg blue

Dari hal ini, Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk menciptakan ide bisnis baru yang lebih kreatif dan inovatif. Anda bisa mengamati, meniru, lalu memodifikasi bisnis tersebut dalam bentuk yang lebih baru dan fresh. Tekuni bisnis tersebut, ciptakan ciri khas dan nilai tersendiri yang membedakannya dengan milik pesaing.

4. Menyerap Ide dari Permasalahan Orang Lain


Bisnis dapat tercipta dari permasalahan yang dialami oleh orang lain. Setiap masalah pasti membutuhkan solusi sebagai jalan keluarnya. Anda bisa ‘menciptakan’ solusi dari permasalahan ini. Masalah yang pada awalnya bersifat personal bisa berubah menjadi inspirasi ide bisnis yang brilian.


Sebagai contoh, bisnis laundry muncul karena banyaknya mahasiswa dan karyawan yang mulai kesulitan mengatur waktu antara mengurus pekerjaan atau tugas dan tidak ada waktu untuk mencuci baju. Jika menyewa atau mempekerjakan jasa asisten rumah tangga juga akan menghabiskan lebih banyak biaya. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis dengan membuka jasa laundry yang murah dan dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

5. Mulai dari Hobi dan Keahlian yang Dimiliki


Hobi dan keahlian yang Anda kuasai dapat menjadi ide bisnis cemerlang yang patut untuk diterapkan. Jika Anda mengubah hobi atau keahlian yang Anda miliki menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan, Anda akan merasa enjoy dengan setiap proses yang Anda lewati. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah berkembang dan beradaptasi dengan bisnis tersebut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah beberapa cara mencari ide bisnis yang bisa Anda ikuti. Ide memiliki peran penting dalam bisnis. Tanpa adanya ide yang tepat, bisnis akan menjadi tidak terarah dan terancam gagal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.