Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Cara Mengatasi Kaki yang Terkilir Secara Alami

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Kaki terkilir harus diatasi dengan cara yang benar agar cepat sembuh.

Kaki terkilir bisa dialami oleh siapa pun, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Kaki terkilir bahkan juga bisa terjadi kapan saja, saat sedang berolahraga, berjalan, maupun berlari. Ceroboh atau kurang hati-hati sering kali menjadi faktor utama kaki terkilir.


Saat kaki kamu terkilir, akan ada gerakan berputar yang secara tiba-tiba memaksa sendi di bagian pergelangan kaki. Kondisi ini menyebabkan beberapa ligamen menjadi robek dan meregang, sehingga tak jarang nyeri dan bengkak pun terjadi.


Kamu bisa mengatasi kaki terkilir dengan banyak cara, yang paling umum adalah dengan segera membawa ke dokter atau ahli untuk dilakukan tindakan medis. Namun, apabila kaki terkilir tidak terlalu parah, mungkin kamu bisa menggunakan cara alami dibawah ini. Simak informasinya di bawah ini.

1. Gunakan Es Batu


Es batu selalu menjadi solusi yang paling sering digunakan ketika kaki terkilir. Dengan menggunakan es batu, bisa membantu kamu dalam mengurangi rasa sakit yang meradang. Es batu juga bisa mengurangi pembengkakkan pada kaki.


Cara mengaplikasikan batu es ini cukup mudah. Sebelumnya kamu harus bungkus es batu dengan handuk. Kemudian kompres ke bagian kaki yang terkilir selama 10-20 menit. Ulangi proses tersebut 2-3 jam sekali.

2. Oleskan Minyak Zaitun


Minyak zaitun memiliki senyawa fenolik yang sangat tinggi sehingga bisa membantu kamu untuk mengurangi pembengkakkan serta peradangan kaki terkilir. Sebelum digunakan, hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu. Lalu, biarkan dingin beberapa menit. Kemudian oleskan minyak zaitun hangat tersebut ke bagian kaki terkilir sambil memijatnya dengan lembut. Ulangi cara ini selama beberapa hari.

3. Gunakan Air Arang


Cara alami yang bisa kamu gunakan adalah air arang. Siapkan arang batok kelapa sesuai jumlah yang dibutuhkan dan pastikan kondisinya masih panas. Lalu masukkan arang panas ke dalam air secukupnya. Basuhkan air tersebut ke kaki yang terkilir. Cara ini bisa kamu gunakan dua kali secara rutin.

4. Gunakan Kunyit


Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang sangat besar sehingga bisa membuat otot kamu lebih rileks. Caranya adalah kamu hanya perlu campurkan dua sendok makan kunyit bubuk dengan air hangat dan tambahkan lagi satu sendok makan air jeruk nipis.  Jika sudah kental dan terbentuk, oleskan ke kaki terkilir. Lalu, bungkus dengan kain kasa. Cara ini bisa kamu gunakan sebelum tidur dan biarkan hingga 10 jam.

5. Istirahat yang Cukup


Cara paling ampuh adalah dengan beristirahat yang akan membantu kaki kamu lebih cepat pulih. Rasa sakit pun juga akan berkurang dengan adanya istirahat yang cukup. Apabila tidak terlalu parah, kamu bisa istirahatkan tubuh selama 2-3 hari, hingga benar-benar pulih baru lakukan aktivitas seperti biasa.


Jika kaki terkilir kamu tetap dibawa untuk bekerja, maka bisa meningkatkan keparahan pada kaki terkilir kamu. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya pembengkakkan yang lebih parah dan rasa nyeri sepanjang hari.


Dari semua cara alami di atas, manakah yang akan kamu pilih untuk mengatasi kaki terkilir? Namun, jika cara diatas tidak memberikan efek sembuh atau kaki terkilir sudah terlalu parah, sebaiknya segera bawa ke dokter dan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.