Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 5 Cara Mengatasi Kembung pada Bayi yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
25 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mengatasi kembung pada bayi sangat penting agar bayi tetap sehat.

Panik, itulah yang biasanya dialami oleh para ibu ketika terjadi sesuatu pada bayinya termasuk perut kembung. Nah, bagaimana cara mengatasi kembung pada bayi secara benar agar si kecil tidak rewel? Lemomoms jangan buru-buru bingung dan panik jika hal itu terjadi pada si kecil karena perut kembung bisa diatasi dengan cara yang mudah. Penanganan yang tepat maka kondisi si kecil akan segera pulih dan membaik.

Perut kembung yang terjadi pada bayi bisa disebabkan oleh berbagai hal dan bukan sebagai gangguan kesehatan yang serius. Namun memang bisa juga kembungnya perut pada si kecil menandakan adanya gangguan kesehatan. Oleh sebab itu jangan sembarangan mengatasi perut kembung pada si kecil, lakukan dengan cara yang tepat dan benar. banner consideration shipping bg blue

Cara untuk Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Mayoritas perut kembung yang terjadi pada bayi disebabkan oleh faktor-faktor alami yang tidak berbahaya misalnya tidak cocok dengan jenis makanan tertentu. Hal ini dapat terjadi karena memang organ dan sistem pencernaan pada bayi belum sempurna. Apa yang harus dilakukan ketika si kecil mengalami perut kembung?

1. Menyusui Bayi dengan Posisi yang Benar


Kembung yang terjadi pada perut bayi bisa saja dipicu oleh kebiasaan ibu menyusui. Susui si kecil dengan posisi yang tepat yaitu posisi kepala lebih tinggi dari perutnya. Hal yang sama berlaku juga ketika bayi menyusu dari botol. Posisi kepala yang lebih tinggi dari perut membantu si kecil lebih mudah bersendawa sehingga tidak ada udara yang terperangkap di dalam perutnya.


Udara yang terperangkap di dalam perut itulah yang memicu terjadinya kembung yang membuat si kecil tidak nyaman. Kamu bisa mengganjal kepala si kecil saat menyusu untuk membuat posisinya lebih tinggi dari perut.

2. Sendawakan Bayi


Jika dengan posisi menyusui seperti yang dijelaskan di atas bayi belum juga sendawa lakukan dengan cara lain. Setelah menyusu, gendong si kecil dengan posisi tegak lalu tepuk atau diusap lembut bagian punggungnya. Tunggu hingga keluar bunyi dari mulutnya sebagai pertanda bahwa bayi sudah bersendawa. Dengan membuat bayi bersendawa maka gas yang ada di dalam perut bisa dikeluarkan.

3. Sesuaikan Ukuran Puting Botol


Sebagai ibu pernahkah kamu memeriksa ukuran puting atau dot pada botol bayi sudah sesuai dengan ukuran mulut bayi? Ternyata perut kembung pada bayi juga bisa disebabkan karena ukuran dot yang terlalu besar sehingga udara atau gas dari luar ikut terhisap oleh mulut si kecil.banner consideration promotion bg blue


Untuk mengatasinya tentu saja kamu harus mengganti dot atau puting botol susu dengan ukuran yang sesuai dengan mulut bayi. Dengan begitu bisa mengurangi adanya udara yang ikut dihisap oleh si kecil ketika menyusu.

4. Lakukan Pemijatan pada Perut Bayi


Mengatasi kembung pada bayi bisa juga dilakukan dengan cara memijat bagian perutnya tersebut. Lakukan pemijatan dengan gerakan perlahan searah jarum jam. Kamu bisa menggunakan minyak telon saat memijat perut bayi. Pemijatan tersebut akan membantu gas di dalam perut bisa dikeluarkan sehingga kembung bisa berkurang.

5. Sesuaikan Jenis Makanan


Ingat-ingat apakah sebelum perutnya kembung ada jenis makanan tertentu yang dikonsumsi oleh si kecil? Bisa jadi si kecil mengkonsumsi jenis makanan yang memicu terjadinya perut kembung seperti brokoli, kacang-kacangan, kembang kol, atau kentang. Sesuaikan jenis makanan si kecil dan hindari jenis yang bisa memicu perut kembung.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa cara mengatasi kembung pada bayi tanpa harus panik dan cemas. Jika perut kembung pada bayi tidak segera membaik segera bawa si kecil periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.