Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Inilah 5 Cara Mengatasi OCD Dari Diri Sendiri Yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mengatasi OCD dari diri sendiri wajib dilakukan dengan benar.

Cara mengatasi OCD dari diri sendiri bagi penderita kelainan psikologis pemikiran obsesif penting dilakukan. Apalagi disertai dengan pola pikir yang tidak masuk akal dan sering melakukan perilaku secara berulang-ulang sebagai respon ketakutan dari pikiran obsesif.

Apa Pengertian Dari OCD (Obsessive Compulsive Disorder)?

Seseorang dinyatakan mengidap gangguan psikologis OCD berupa pemikiran obsesif disertai dengan kecemasan berlebihan. OCD atau Obsessive Compulsive Disorder merupakan suatu gangguan perilaku kronis sehingga penderita tidak memiliki kontrol atas pikiran-pikiran obsesif dan perilaku kompulsif.
banner consideration shipping bg blue

Terjebak dalam siklus pikiran dan perbuatan berulang tidak henti serta bisa dilakukan berjam-jam. Sehingga, berakibat mengganggu aktivitas normal dan menyita waktu bagi pengidapnya. Penderita OCD akan terus melakukan ritual sebagai bentuk untuk menghentikan perasaan cemas sementara. Kembali melakukan ritual ketika pemikiran obsesif muncul lagi.

5 Cara Mengatasi OCD Dari Diri Sendiri yang Efektif

Penderita OCD tingkat parah mesti membutuhkan psikiater untuk membantu mengatasinya. Disertai dengan serangkaian psikoterapi yang dibantu konsumsi obat-obatan untuk meringankan gejala yang muncul. Pada kasus penderita ringan bisa hilang dengan sendiri dan dapat melakukan langkah dari diri sendiri untuk mengatasinya, seperti berikut ini :

1. Mencari Tahu Pemicu Dari OCD


Seseorang harus mencari tahu penyebab OCD yang diidapnya dengan mendeteksi tanda-tanda dari OCD yang ditimbulkan. Pikirkan bagaimana hal itu dapat terjadi dengan cermat. Situasi apa yang memicu dan merasa sangat cemas serta panik juga khawatir berlebihan. Lalu, urutkan intensitas ketakutan dan kecemasan akan hal itu dan cari solusi mengatasinya.

2. Gejala Muncul Mesti Dilawan


Jika sudah mengetahui kemunculan sifat kompulsif yang sering dilakukan serta penyebab kecemasan. Maka, lakukan langkah untuk melawan gejala yang muncul. Hal itu, bisa dicoba dengan melawan rasa takut yang dirasakan sehingga pemikiran obsesif berujung kecemasan dapat sedikit ringan.

Apabila seorang pengidap OCD takut akan kuman dan kotor, sehingga terus-menerus melakukan ritual mencuci tangan. Maka, bisa dicoba untuk menghadapi rasa takut dengan tidak mencuci tangan terlalu sering. Mencoba melawan ketakutan diri sendiri serta pikiran-pikiran negatif berujung perilaku kompulsif, maka dapat melupakan kebiasaan tersebut.

3. Menantang Pemikiran Obsesif


Memikirkan ketakutan yang dimiliki dan mencoba untuk menantangnya. Seperti, ketika berada di tempat umum terlalu takut untuk memegang benda-benda fasilitas umum beralasan bakteri serta kuman menempel. Saat pikiran memaksa untuk segera cuci tangan coba melawan dengan pertanyaan. Misal, “Apakah diperlukan tindakan mencuci tangan?”banner consideration promotion bg blue

4. Mengendalikan dan Mengontrol Stres


Melakukan langkah untuk tidak terlalu stres dengan tidak terlalu dipikirkan karena akan semakin memicu rasa khawatir dan kecemasan berlebihan. Untuk mengatasi dan mengelola stres bisa melakukan dan mencoba teknik relaksasi, misal meditasi dan yoga. Selain itu, bisa juga dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan disukai untuk mengontrol pikiran.

5. Menjalani Hidup Sehat Mengurangi OCD


Menjalankan pola hidup sehat dan seimbang disertai dengan kegiatan olahraga rutin, cukup tidur, dan menghindari alkohol serta rokok. Pikiran akan jernih, sehat, dan tubuh segar berenergi dengan berolahraga. Dengan begitu, akan membuat tubuh bugar dan pikiran lebih positif. Lalu, makan-makanan sehat, bisa diperoleh dari produk Lemonilo.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah cara mengatasi OCD dari diri sendiri yang bisa dilakukan dan dicoba. Dengan mengatasi sedini mungkin akan lebih mudah dalam mengatasinya dan bisa juga hilang dengan sendiri. Namun, ketika sudah parah diperlukan terapi perilaku kognitif supaya bisa mengatur pikiran dan belajar memahami kecemasan dari pikiran-pikiran itu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.