Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 5 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang yang Baik dan Tepat

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mengelola keuangan usaha dagang penting dilakukan dengan benar.

Dalam berdagang, pengelolaan keuangan menjadi hal penting yang wajib dikelola dengan baik. Pengelolaan keuangan yang buruk dapat memuat bisnis menjadi rugi. Hal ini berlaku untuk bisnis mikro maupun makro. Sebagai seorang pebisnis, kamu perlu mengetahui seluruh aktivitas yang terjadi dalam bisnis tersebut, terlebih perihal keuangannya. Agar kamu semakin handal dalam pengelolaan keuangan, berikut lima cara mengelola keuangan usaha dagang yang bisa dilakukan.

1. Memisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Bisnis


Masih sering menggabungkan uang pribadi dan uang untuk bisnis? Kamu perlu segera memisahkan keuangan pribadi dan bisnis agar tidak ada kesalahpahaman dalam keuangan di kemudian hari. Selain itu, hal ini akan membantu memudahkan kamu dalam melihat kinerja bisnis tersebut.


Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis juga menggambarkan usaha yang sedang dijalankan mampu terlihat profesional. Untuk mempermudah pemisahan ini, kamu bisa membuka dua rekening khusus guna memisahkan dana pribadi dan dana bisnis.

2. Membuat Laporan Keuangan Rutin


Mencatat setiap transaksi yang keluar dan masuk merupakan hal penting dalam bisnis. Saat ini, pencatatan laporan keuangan bisnis bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan software aplikasi. Tidak hanya mempermudah dan mempersingkat waktu pencatatan, software aplikasi ini juga dapat mencatat keuangan dengan rapi.


Hal ini tentu akan meminimalisir kesalahan pencatatan yang umumnya terjadi saat mencatat keuangan secara manual. Anda bisa mengunduh software pencatatan ini di Play Store atau membeli aplikasi khusus melalui Google.

3. Menyusun Rencana Penggunaan Uang


Kamu juga perlu menyusun rencana penggunaan uang guna menentukan jumlah dana yang akan dikeluarkan dalam bisnis tersebut. Rencana penggunaan uang ini dapat disesuaikan dengan jumlah anggaran yang dimiliki. Sebaiknya, penyusunan rencana dilakukan sebelum periode pencatatan keuangan atau akuntansi dimulai.


Dengan menyusun rencana sebelum pencatatan dimulai, kamu hanya perlu menjalankan dan melakukan penyesuaian pencatatan saja. Sebisa mungkin hindari penggunaan keuangan yang kurang berguna karena dapat membuat dana perusahaan berada dalam masalah. Selain itu, lakukan evaluasi setiap akhir periode untuk melihat kinerja perusahaan selama masa periode tersebut.

4. Sebaiknya Hindari Terlalu Banyak Berhutang


Cara mengelola keuangan usaha dagang selanjutnya adalah sebisa mungkin hindari terlalu banyak berhutang. Dalam bisnis, berhutang pada bank adalah satu hal yang cukup wajar dan nyaris selalu dilakukan oleh para pemilik bisnis. Namun sebaiknya, jangan membuat utang usaha dagang kamu melonjak karena dapat menempatkan bisnis dalam keadaan bahaya.


Terlebih jika kamu masih cukup pemula dalam dunia bisnis, hindari melakukan peminjaman yang terlalu banyak karena kamu akan terbebani oleh cicilan yang disertai dengan bunga. Saat memutuskan untuk berhutang, pilih pihak ketiga yang menawarkan bunga rendah agar kamu tidak akan merasa terlalu terbebani dengan cicilan.

5. Melakukan Pengelolaan Piutang dengan Benar


Sama seperti hutang, piutang adalah hal yang umum untuk diterapkan dalam bisnis. Piutang dapat membantu meningkatkan penjualan pada produk kamu. Meski begitu, jika jumlahnya berlebih tentu akan menjadi beban bagi bisnis yang kamu dirikan. Tidak hanya itu saja, semakin banyak piutang yang semakin banyak juga membutuhkan kerja keras yang lebih besar dalam menagihnya.


Maka dari itu, kamu perlu melakukan pengelolaan usaha dagang dengan mengatur piutang bisnis. Kamu bisa membuat kebijakan piutang yang tidak merugikan. Sebaiknya tagih piutang setelah tanggal jatuh tempo berakhir untuk menghindari adanya kasus terlambat bayar yang dapat merugikan bisnis kamu.


Demikianlah lima cara mengelola keuangan usaha dagang yang baik dan benar bagi para pemula dalam bisnis. Pengelolaan keuangan ini penting untuk dilakukan agar menghindari keadaan bangkrut akibat keuangan yang tidak tertata.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.