Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 5 Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak cara mengetahui bakat anak yang mudah dilakukan.

Setiap orang tua perlu memahami beberapa cara mengetahui bakat anak sejak dini. Hal ini penting untuk membantu anak dalam mengoptimalkan perkembangannya. Bakat merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki seseorang yang dibawanya sejak lahir. Bakat ini bisa muncul secara alami, maupun karena diturunkan oleh orang tuanya.

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Pada dasarnya, bakat dapat dideteksi sejak dini atau saat orang tua bermain bersama anak. Sebab, anak sering menunjukkan tanda-tanda kecenderungan terhadap kemampuan tertentu. Sayangnya, tidak semua orang tua memahami ini, sehingga justru memberikan pengarahan yang salah dan membuat bakat si anak menjadi sia-sia. Untuk menghindarinya, perlu mengetahui cara untuk mengenali bakat anak berikut ini. banner consideration shipping bg blue

1. Beri Keleluasaan Anak Bereksplorasi


Setiap anak memiliki keingintahuan yang tinggi, terutama saat dia memasuki fase eksplorasi. Berikan kebebasan kepadanya untuk menemukan minat dan bakatnya sendiri. Jangan terlalu mengekang dan mengatur anak, melainkan beri pengawasan agar ia selalu aman. Keleluasaan bereksplorasi akan mengejutkan orang tua saat mengetahui bakat terpendam anaknya.

Sayangnya, banyak orang tua yang lebih suka mencetak anak sesuai keinginannya sendiri. Tak jarang, anak yang berbakat di bidang seni, terpaksa mengubur potensinya karena dipaksa untuk unggul di bidang lain, misalnya sains. Untuk menghindarinya, kenalkan anak pada berbagai bidang. Amati pada hal apa ketertarikan dan kemampuan anak lebih menonjol.

2. Jangan Biarkan Anak Menjadi Tergantung


Banyak orang tua yang atas nama kasih sayang, selalu melayani anaknya dalam hal apapun. Sedikit saja anaknya merasa kesulitan melakukan sesuatu, mereka akan siap menolong. Sikap ini kurang tepat, sebab justru anak menjadi tidak dapat mengembangkan kemampuannya. Pada akhirnya, bakatnya pun tidak akan tampak.
banner consideration promotion bg blue

Justru dengan membiarkan mereka berusaha mengatasi kesulitannya, orang tua akan dapat segera menemukan kemampuan terpendam mereka. Hal yang perlu dilakukan orang tua adalah memberikan semangat, dorongan dan mengawasi agar anak tetap aman. Bantuan yang bisa diberikan hanyalah berupa saran solusi, sehingga penyelesaian tetap pada anak.

3. Memotivasi Anak Untuk Ikut Beragam Perlombaan


Cara lain untuk mengidentifikasi bakat anak adalah ikut berbagai lomba berbeda. Dengan demikian, orang tua dapat lebih mudah menemukan di bidang apa anaknya lebih mampu dan merasa nyaman. Pastikan agar tidak memaksa anak dan selalu membuka peluang untuk mencoba hal baru.

4. Fokus Pada Keunikan Bakat Anak


Bakat setiap anak tentu berbeda-beda. Jadi, tak perlu membandingkan dengan anak lain. Sebab, tak jarang ada anak yang memiliki bakat unik yang sama sekali berbeda dengan orang lainnya. Jika anak lebih tertarik pada dunia musik, misalnya, tak perlu memaksanya melukis hanya karena anak tetangga pandai melakukannya. Biarkan ia bekembang dengan bakatnya sendiri.

5. Perhatikan Hal Yang Membuat Anak Tertarik


Cara lain untuk mengenali bakat anak adalah memperhatikan ketertarikan anak tersebut. Jika sejak balita dia tertarik pada warna dan bentuk, bisa jadi dia berbakat di bidang seni rupa. Ada juga anak yang sejak kecil tertarik membongkar pasang mainan Lego-nya. Bisa jadi anak tersebut berbakat di bidang arsitektur.

Setelah mengetahui bakat anak, PR orang tua tidak berhenti di situ. Langkah selanjutnya adalah memberikan fasilitas dan motivasi agar anak mau mengembangkan bakatnya dengan senang hati. Beberapa caranya adalah mengikutkan kursus, dan kompetisi yang sesuai dengan bakatnya. Selain itu, ciptakan momen agar anak dapat menunjukkan bakatnya pada orang terdekat.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Melalui beberapa cara mengetahui bakat anak sejak dini tersebut, orang tua dapat mendukung perkembangannya secara optimal. Pupuk terus bakat itu agar tidak tenggelam seiring bertambahnya pengetahuan anak. Selain itu, perlu dipahami bahwa semua bakat unik dan istimewa. Jadi, tidak perlu mengunggulkan atau sebaliknya meremehkan suatu bakat tertentu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.