Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Inilah 5 Cara Menghilangkan Kecanduan Pada Diri Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menghilangkan kecanduan penting dilakukan dengan baik dan benar.

Bagaimanakah cara menghilangkan kecanduan yang dialami oleh diri sendiri? Pertanyaan tersebut terkesan sepele dan sederhana namun nyatanya tidak semua orang bisa menjawabnya. Kecanduan bisa dalam hal apa saja baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Mulai dari hal kecil seperti minum kopi misalnya hingga kepada masalah serius seperti mengkonsumsi narkoba.


Kecanduan seperti yang dijelaskan dalam KBBI berasal dari kata candu yang artinya yaitu kegemaran. Sehingga kegemaran yang berlebihan terhadap sesuatu bisa diartikan sebagai bentuk kecanduan. Menurut seorang ahli neurologi dari National Institute bernama Antenello Bonci, kecanduan adalah bentuk patologis dari pembelajaran. Kita semua pasti memiliki kecanduan terhadap sesuatu.


Seseorang cenderung sulit menghilangkan kecanduannya terhadap sesuatu karena adanya substansi di dalam otak yang meningkatkan ambang toleransi sehingga membuat kita membutuhkannya dalam jumlah lebih banyak agar bisa dirasakan efeknya. Namun meskipun begitu dengan cara yang tepat maka kecanduan bisa dikurangi bahkan diatasi. Inilah beberapa cara dan tips agar bisa mengurangi dan menghilangkan kecanduan yang kita rasakan.

1. Jauhi Objek yang Menjadi Candu


Tips yang pertama adalah dengan menjauhi objek ataupun barang yang menjadi candu. Misalnya kecanduan merokok maka setiap ada barang tersebut ataupun orang yang merokok sebaiknya carilah tempat lain agar tidak tergoda untuk melakukannya.


Akan lebih baik lagi kalau bisa mencari teman-teman yang memiliki kebiasaan berkebalikan dengan apa yang menjadi candu tersebut. Contohnya untuk menghilangkan kecanduan rokok perbanyak bergaul dengan mereka yang tidak merokok.

2. Alihkan Perhatian


Kecanduan terhadap sesuatu sangat mungkin diawali dengan kurangnya aktivitas penting yang dijalani seseorang. Misalnya masa liburan kuliah yang cukup panjang membuat mahasiswa cenderung tidak memiliki kesibukan. Oleh sebab itu ketika memiliki waktu yang senggang dan mulai tergoda pada sesuatu yang menyebabkan kecanduan alihkan pada aktivitas lainnya. Contohnya memasak, berkebun, melukis dan sebagainya.

3. Lakukan Olahraga


Tips untuk mengurangi dan menghilangkan kecanduan lainnya yaitu dengan melakukan olahraga. Therese J. Borchard, seorang pengacara kesehatan mental mengatakan bahwa olahraga bisa membuat seseorang melupakan rasa candunya terhadap sesuatu. Melalui olahraga maka hormon endorfin yang menyebabkan rasa bahagia akan dilepaskan oleh tubuh.


Dengan demikian maka seseorang sudah merasa bahagia tanpa memerlukan sesuatu yang membuatnya menjadi candu. Di samping itu olahraga secara rutin sudah jelas akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kita.

4. Pahami Bahwa Candu Bisa Menyebabkan Masalah


Kecanduan dalam hal apapun sebenarnya bisa mendatangkan masalah dan bahaya di kemudian hari. Sekalipun yang menjadi candu tersebut bukanlah sesuatu yang negatif. Kecanduan minum kopi misalnya bisa memicu terjadi masalah pada asam lambung sehingga akan mengganggu kesehatan.


Oleh sebab itu tanamkan pemahaman dan kesadaran pada diri sendiri bahwa apapun itu kalau sudah sampai kecanduan hanya akan mendatangkan masalah. Dengan begitu lama kelamaan seseorang akan bisa mengurangi kecanduannya terhadap sesuatu kalau tidak ingin mendapatkan masalah di kemudian hari.

5. Perlahan Ganti Kebiasaan


Kecanduan memang tidak bisa dihilangkan dalam waktu singkat memerlukan proses yang bisa saja cukup panjang. Tidak perlu memaksakan diri, lakukan secara perlahan dengan mengganti hal yang menjadi candu menjadi sesuatu yang lebih baik.


Misalnya kalau biasanya minum kopi sehari 5 kali maka perlahan kurangi menjadi 3 kali dan selebihnya ganti dengan minum air putih yang lebih sehat. Lama-lama akan terbentuk kebiasaan baru dimana candu yang sebelumnya dialami perlahan akan berkurang dan menghilang.


Lakukan tips dan cara menghilangkan kecanduan seperti yang disebutkan di atas dengan bertahap dan perlahan-lahan. Semua butuh proses termasuk untuk menghilangkan kecanduan terhadap sesuatu. Bila perlu, kunjungi dokter spesialis kesehatan mental supaya bisa menangani kecanduan dengan lebih baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.