Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Makanan yang mengandung vitamin D

Tubuh membutuhkan asupan vitamin D yang cukup agar metabolisme dan sel-sel tubuh terpelihara dengan baik. Vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tubuh yang kekurangan vitamin D dapat terkena deformitas tulang. Sinar matahari pagi merupakan salah satu sumber vitamin D alami yang berguna untuk tulang. Berikut makanan yang mengandung vitamin D tinggi untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

1. Ikan Salmon


Jenis ikan yang satu ini memang kaya akan kandungan vitamin D. Salmon memang menjadi salah satu ikan yang paling bergizi dan sering diincar untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh seperti protein, vitamin, hingga omega. Setiap 100 gram ikan salmon mengandung kurang lebih 526 IU vitamin. banner consideration shipping bg blue

Jumlah vitamin ini ada pada salmon yang sudah beku atau disimpan lebih dulu sebelum dikonsumsi. Sedangkan pada salmon fresh, jumlah vitamin yang dimilikinya sekitar 988 IU per 100 gram. Jumlah vitamin diantara kedua salmon ini memang terpaut cukup jauh mengingat salmon dalam kondisi yang berbeda.

Ikan salmon memiliki kandungan vitamin D tinggi yang dapat membantu kesehatan tulang dan gigi. Kandungan vitamin D dalam ikan salmon dapat mencegah serta mengobati gangguan kesehatan pada tulang dan sendi.

2. Ikan Tuna


Masih seputar dunia laut, ikan tuna masuk dalam jajaran makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi. Ikan tuna sudah sangat terkenal dalam kehidupan sehari-hari sebagai makanan yang sering dikonsumsi dan dijadikan lauk pauk. Pada japanese food, ikan tuna sering diolah menjadi sashimi. Tuna yang disajikan dalam kondisi fresh tentu memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi.

Selain tuna fresh, tuna dalam bentuk kalengan juga memiliki kandungan vitamin D tinggi. Dalam tuna kaleng, terdapat sekitar 268 IU vitamin D per 100 gram sajian. Tambahan kandungan omega 3 yang ada di dalamnya ini dapat membantu mencegah penyakit jantung, menghambat pembentukan plak pada pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

3. Jamur


Jamur adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin D dalam jumlah banyak. Fakta unik dari jamur adalah tubuhnya mampu melakukan sintesis vitamin D saat terkena sinar ultraviolet. Kendati jamur memiliki cukup banyak jenis, kamu perlu memilih jenis jamur yang bisa dimakan dan yang tidak bisa dimakan.banner consideration promotion bg blue

Dalam 100 gram jamur, terdapat sekitar 2300 IU vitamin D. Jumlah ini tiga kali lipat dari jumlah asupan vitamin D yang dibutuhkan sehari-hari. Jamur yang dibudidayakan di tempat dengan banyak pancaran sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi dibanding jamur yang dibudidayakan di tempat tertutup dan minim sinar matahari.

4. Kuning Telur


Untuk kamu yang alergi ikan atau tidak menyukai jamur, kuning telur bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Telur memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai macam nutrisi seperti protein, lemak, mineral, dan vitamin.

Kandungan vitamin D dalam kuning telur termasuk tinggi. Telur yang dihasilkan oleh ayam sehat yang diberi asupan nutrisi tanpa obat memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi dibanding telur yang dihasilkan oleh ayam dengan suntikan obat.

5. Oatmeal


Makanan yang satu ini memang tidak disukai oleh sebagian orang. Rasanya yang hambar membuat oatmeal kurang disukai. Meski begitu, kandungan vitamin D dalam oatmeal termasuk tinggi. Dalam setengah cangkir oatmeal terdapat sekitar 136 IU vitamin D. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang lewat vitamin D saja, oatmeal sering dijadikan pengganti nasi saat diet.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Deretan makanan diatas cukup mudah ditemukan di sekitar. Penuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh kamu agar terhindar dari berbagai macam penyakit tulang ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.