Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 5 Makanan Yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan badan dengan makanan yang mengandung zat besi.

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi dapat menjadi salah satu cara untuk meminimalisir resiko terkena anemia. Pada dasarnya tubuh membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Jika tidak, tubuh tidak akan mampu memproduksi hemoglobin yang cukup, protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
banner consideration shipping bg blue

Kebutuhan harian zat besi wajib dipenuhi khususnya pada perempuan, ibu hamil, dan anak-anak. Kekurangan zat besi pada anak-anak, bahkan diketahui dapat mengganggu proses tumbuh kembangnya. Solusinya dapat dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung banyak zat besi. Berikut ini ragam makanan yang dapat dijadikan pilihan.

1. Bayam


Sejak lama, bayam memang populer sebagai salah satu makanan yang tinggi zat besi. Setiap 100 gram bayam mentah dapat menyimpan kandungan 2,7 mg zat besi, atau mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian hingga 15%. Bukan hanya itu, bayam juga diketahui memiliki cadangan vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

2. Hati Atau Jeroan


Organ dalam sapi atau biasa disebut jeroan, seperti hati, ginjal, otak, dan jantung ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi. Misalnya, setiap 100 gram hati sapi dapat mengandung 6,5 mg zat besi, atau mencapai 36% dari angka kecukupan zat besi harian.

Jeroan juga menyimpan kandungan protein sekaligus kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan B, tembaga, serta selenium. Bukan hanya itu saja, jeroan bahkan menjadi sumber kolin terbaik. Kolin sendiri sangat penting bagi kesehatan otak dan hati. Umumnya, kebanyakan orang tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ini dalam konsumsi makanan hariannya.
banner consideration promotion bg blue

Namun, di sisi lain, harus diakui bahwa jeroan juga menjadi salah satu sumber kolesterol jahat yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Karenanya sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi jeroan secara berlebihan.

3. Daging Merah


Setiap 100 gram daging sapi giling mengandung 2,7 mg zat besi, yang merupakan 15% dari jumlah kebutuhan harian zat besi. Daging juga diketahui kaya akan vitamin B, selenium, protein, dan seng. Para peneliti menyimpulkan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi daging, unggas, dan ikan secara teratur memiliki resiko kekurangan zat besi yang lebih rendah.

4. Brokoli


Setiap 156 gram brokoli masak, dapat memiliki kandungan 1 mg zat besi, yang juga merupakan 6% kebutuhan zat besi harian. Satu porsi brokoli juga dapat menyimpan 112% kebutuhan vitamin C harian yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Terlebih lagi, brokoli juga mengandung nutrisi lainnya seperti folat, serat, serta beberapa vitamin K yang bermanfaat bagi kesehatan. Brokoli bahkan mengandung indol, sulforaphane, dan glukosinolat. Beberapa senyawa tanaman tersebut diyakini mampu melindungi tubuh dari serangan kanker.

5. Tahu


Tahu merupakan makanan berbasis kedelai yang populer Indonesia. Ternyata, setiap 126 gram tahu dapat memenuhi 19 % kebutuhan zat besi harian, atau sekitar 3,4 mg zat besi. Tahu juga menjadi sumber tiamin yang baik dan beberapa mineral lain, seperti kalsium, magnesium, dan selenium. Selain itu, setiap porsinya, tahu dapat memberikan 22 gr protein.

Selain dikenal sebagai makanan yang mengandung zat besi, tahu juga mengandung senyawa unik yang disebut isoflavon. Senyawa yang satu ini diyakini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan resiko penyakit jantung, dan membantu mengatasi gejala menopause.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai makanan yang mengandung zat besi. Mengingat betapa pentingnya zat besi untuk tubuh, maka jangan sampai kamu melewatkan berbagai makanan ini ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.