Inilah 5 Manfaat Buah Semangka, Harus di Coba

16 Sep 2020 @ 18:24:59
Buah semangka sering dijumpai sebagai pencuci mulut, alias makanan penutup. Buah yang satu ini memang cukup populer dan digemari, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Selain mudah dicari dengan harga murah, manfaat buah semangka juga baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang bercangkang hijau loreng ini memiliki warna daging yang berbeda, ada yang merah dan kuning. Semangka juga mengandung mineral tinggi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan berbagai manfaat lainnya. Berikut manfaatnya:

1. Menyehatkan Jantung



Hasil dari penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan, bahwa ekstrak buah semangka dapat membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang gemuk. Selain itu, kandungan likopen pada semangka yang tinggi sangat aktif untuk melindungi sel dari kerusakan dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Hasil studi tersebut juga menemukan, bahwa konsumsi semangka oleh wanita lanjut usia yang mengalami kekakuan aorta (pembuluh nadi pada bilik kiri jantung), selama enam minggu berturut-turut bisa membantu untuk melemaskan kekakuan daripada mereka yang tidak mengkonsumsi semangka sama sekali.

2. Anti-Inflamasi



Kandungan likopen yang dimiliki semangka menjadikannya buah anti-inflamasi. Likopen ini bermanfaat sebagai penghambat proses inflamasi dan sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas. 

Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Shock pada 2006 menunjukkan, bahwa kandungan kolin dalam semangka juga dapat membantu menjaga peradangan kronis turun. Selain itu, semangka juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengurangi peradangan bagi penderita radang sendi. Kandungan anti-inflamasinya juga bisa membantu menjaga kekebalan tubuh.

3. Mempertahankan Hidrasi



Berdasarkan hasil penelitian, semangka akan membantu mengatasi hidrasi seluruh tubuh. Ini didukung dengan pendapat Angela Lemond, seorang Ahli Nutrisi dan Diet dari Academy of Nutrition and Dietetics Chicago, bahwa 20 sampai 30 persen dari kebutuhan cairan kita diperoleh melalui diet kita sendiri dan buah semangka membantu mengatasinya. Selain itu, minum jus semangka juga mengandung elektrolit yang baik, sehingga dapat mengatasi serangan panas. Kamu bisa minum kapan saja, terutama saat matahari sedang terik.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut



Semangka mengandung vitamin A tinggi yang sangat baik untuk kulit kamu. Secangkir jus semangka mengandung hampir seperempat dari asupan vitamin A harian yang diperlukan tubuh. Menurut klinik Cleveland di Ohio Amerika Serikat, vitamin A bisa membantu untuk menjaga kulit dan rambut agar tetap lembab dan mendorong pertumbuhan kolagen dan sel elastin yang sehat. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam semangka juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan kolagen untuk rambut yang sehat.

5. Mengurangi Nyeri Otot



Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry pada 2013 ditemukan, bagi seorang atlet yang minum jus semangka sebelum melakukan latihan intens akan membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung pada hari berikutnya. Hal ini karena adanya kandungan asam amino, sitrulin, dan arginin yang membantu meningkatkan sirkulasi pembuluh darah.

Selain itu, studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology pada 2015 nuga menyebutkan, bahwa sitrulin juga dapat membantu kerja atlet. Hal ini dibuktikan dengan Partisipan studi yang menggunakan suplemen sitrulin telah mengalami peningkatan kinerja dan memiliki energi lebih banyak setelah bersepeda atau berlari.

Itulah 5 manfaat buah semangka yang harus kamu coba dan rasakan sendiri manfaatnya. Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika buah yang menyegarkan ini sangat disukai oleh masyarakat. 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020