Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 5 Manfaat Ikan Lele, yang Memiliki Banyak Khasiat

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Sep 2020
Clock Icon
3 menit
manfaat ikan lele
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi primadona di lidah masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dengan sedikit cita rasa manis khasnya membuatnya menjadi makanan favorit bagi anak yang baru belajar makan. Di balik cita rasanya yang khas dan enak, manfaat lele ternyata juga tidak bisa dilepaskan untuk kesehatan tubuh. apa saja manfaat ikan lele untuk tubuh?
banner consideration shipping bg blue

1. Sumber Asam Lemak Omega-3



Seperti yang kita ketahui, asam lemak omega-3 sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan otak anak. Mengkonsumsi lele, juga bisa mendorong agar anak memiliki kecerdasan. Hal ini karena asam lemak omega-3 sangat berperan penting bagi kesehatan otak, jantung, mata, maupun sistem imun tubuh.

Daging ikan lele yang berwarna putih mengandung sedikit lemak, sehingga lele tidak digolongkan ke dalam ikan yang tinggi kandungan lemak sehat seperti salmon. Meskipun demikian, ikan lele mengandung EPA dan DHA, dua zat yang merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kecerdasan otak.

2. Rendah Merkuri



Hampir semua ikan mengandung merkuri, sejenis logam berat buangan limbah pabrik dan rumah tangga yang biasanya tercemar di dalam air. Di dalam air sendiri, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metil merkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan. Dalam hal ini, jika ikan mengandung merkuri makan akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti keracunan merkuri, bahkan kerusakan saraf. Meskipun demikian, kabar baiknya adalah lele merupakan salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri, hal ini diungkapkan oleh Environmental Protection Agency. 
banner consideration promotion bg blue

3. Sumber Vitamin B12



Manfaat lele selanjutnya adalah berperan penting dalam produksi DNA dalam tubuh, pembentukan dan kerja sel darah merah, hingga menjaga fungsi saraf. Hal ini semua terjadi karena kandungan sumber vitamin B12 yang tinggi di dalam ikan lele. Vitamin B12 ini umumnya ditemukan di dalam produk-produk yang hewani, sehingga tidak asing jika lele mengandung vitamin ini.

Kekurangan vitamin B12 ini bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia atau kekurangan darah. Biasanya, kelompok yang rentan terkena anemia karena kekurangan vitamin B12 ini adalah lansia, bayi, dan juga ibu hamil. Dengan mengonsumsi sebanyak 143 gram daging lele cukup untuk memenuhi 69% kebutuhan harian vitamin B12 yang diperlukan tubuh.

4. Sumber Protein Tertinggi



Protein merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangung dan memelihara otot. Selain itu, protein juga berfungsi untuk memproduksi enzim serta hormon yang mempengaruhi setiap fungsi tubuh manusia. Hampir semua jenis makanan mengandung protein, tetapi jumlah yang ditawarkan tidak sepadat pada yang terkandung dalam lele. Dalam 100 gram ikan lele menawarkan 18,5 gram protein, dan hanya 150 kalori dan 0 gram karbohidrat. 

5. Sumber Vitamin D



Vitamin D memang bisa kita dapatkan melalui paparan sinar matahari pagi, tetapi itu saja mungkin tidak cukup. Kamu bisa mengonsumsi lele untuk mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. pasalnya, vitamin D ini sangat penting bagi kesehatan tulang karena mengontrol pertumbuhan sel di seluruh tubuh, membantu tubuh untuk menyerap kalsium, dan menjaga fungsi sistem imunitas tubuh. 

Ikan lele merupakan salah satu sumber makanan terbaik untuk mendapatkan vitamin D. Dengan mengonsumsi 143 gram dagingnya saja, kamu sudah bisa memenuhi 190% kebutuhan harian vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah kelima manfaat ikan lele yang sayang sekali untuk dilewatkan. Selain itu ikan lele juga termasuk jenis ikan yang cukup mudah pengolahannya. Untuk itu jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan lele agar bisa mendapatkan berbagai kebaikannya untuk kesehatan kamu! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.