Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 5 Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
15 May 2020
Clock Icon
3 menit
Inilah 5 Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan
Kacang merah merupakan salah satu bahan pangan yang mudah dijumpai. Selain sering dijumpai pada hidangan sup, susu kacang merah, es krim, puding, bahkan roti sekalipun, salah satu jenis biji-bijian ini mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Lalu, apa saja manfaat kacang merah?

5 Manfaat Kacang Merah yang Baik untuk Dikonsumsi 


1. Melancarkan Pencernaan



Serat merupakan salah satu kandungan tertinggi yang ada di dalam kacang merah. Kandungan serta yang tinggi inilah yang bisa melancarkan pencernaan. Dalam 100 gram kacang merah terdapat 13 gram serat larut dan tak larut  yang ampuh untuk mendorong makanan dalam usus sehingga saluran pencernaan menjadi lancar.

Selain itu, manfaat lain dari kandungan serat ini adalah mampu membunuh racun-racun yang tersisa di dalam tubuh dan dapat menjaga keasaman lambung. Sehingga bisa menjaga tubuh dari gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Selain itu, kacang merah juga mengandung pati yang sifatnya mirip dengan karbohidrat kompleks, sehingga bisa membantu perkembangan bakteri baik yang dibutuhkan untuk melawan berbagai masalah pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Kacang merah merupakan sumber protein yang bebas kolesterol dan rendah lemak. Di dalam 100 gram kacang merah terdapat 20 gram protein yang bisa mencukupi 40 % kebutuhan protein harian tubuh. Dengan mengonsumsi kacang merah, cakupan protein dalam tubuhmu akan terpenuhi tanpa takut kolesterol atau kadar lemak jenuh dalam tubuh naik. Hal ini berbeda saat tubuh mengonsumsi daging, di mana tubuh bisa memenuhi protein akan tetapi kolesterol dan kadar lemak dalam tubuh naik.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat di dalam kacang merah ternyata mengambil bagian untuk bertanggung jawab menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Mengonsumsi kacang merah ternyata juga mampu mengendalikan tekanan darah. Kandungan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium di dalamnya mampu menekan kadang homosistein di dalam tubuh. Homosistein ini sendiri adalah zat pemicu jantung koroner.

3. Mengendalikan Nafsu Makan



Manfaat kacang merah selanjutnya adalah mampu mengendalikan nafsu makan. Kandungan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks yang kaya di dalamnya membuat tubuh akan merasa kenyang ketika memakannya. Dengan begitu, tubuh bisa mengendalikan keinginan untuk sekedar makan camilan atau makanan yang lain. Mengonsumsi kacang tanah bisa menjadi salah satu pilihan kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat.

4. Mencegah Penuaan Dini



Mempunyai kulit keriput sebelum waktunya memang menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Tetapi tenang, kacang merah ternyata mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang merah mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh. Antioksidan yang terdapat di dalam kacang merah sendiri mempunyai porsi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran maupun buah-buahan tertentu lainnya.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker



Kandungan serat yang terdapat di dalam kacang merah tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga mampu mencegah pertumbuhan kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi serat yang cukup dan antioksidan yang terdapat di dalam kacang merah mampu mengurangi risiko terkena kanker, salah satu penyakit yang berbahaya dan cukup mematikan. Oleh karena itu kacang merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Itulah kelima manfaat kacang merah yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan berbagai cara. Mulai mengolahnya menjadi makanan berat seperti soup, atau mengolahnya menjadi makanan ringan seperti es susu kacang merah, dan lain-lain.
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.