Inilah 5 Manfaat Sayur Bayam untuk Wanita dan Efek Sampingnya

15 Sep 2020 @ 11:07:57
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Bayam sendiri sering dijadikan bahan favorit untuk hidangan masyarakat Indonesia. Biasanya bayam dijadikan sebagai bahan tambahan sayur, kripik bayam, sampai jus bayam. Tapi, tahukah kamu jika bayam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan khususnya untuk wanita? Inilah 5 manfaat sayur bayam untuk kesehatan tubuh kamu. 

1. Mencegah Anemia


Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan darah merah. Hal ini biasanya dialami oleh wanita saat sedang menstruasi atau selama kehamilan. Anemia ini sendiri pastinya akan mengganggu aktivitas harian. Pasalnya anemia ini akan membuat tubuh seseorang menjadi cepat lelah, lesu, dan tak bertenaga.

Manfaat bayam dalam hal ini adalah bisa mencegah anemia. Hal ini dikarenakan karena bayam mengandung zat besi yang dapat mencegah dan mengobati anemia. Selain itu, kandungan asam folat yang terdapat di dalam bayam juga baik bagi seorang wanita yang sedang mengandung karena dapat membantu mencegah berat badan lahir rendah pada bayi yang baru lahir.

2. Mengurangi Nyeri



Saat seorang wanita sedang mengalami menstruasi, pasti bagian perut maupun punggungnya akan terasa nyeri. Selain itu, saat seseorang tengah hamil juga seluruh tubuh tampak kesakitan, karena beban yang ditanggung tubuh bertambah pasalnya ada bayi yang sedang dikandung.

Dalam hal ini, bayam bermanfaat sebagai pereda rasa nyeri karena kandungan glikolipid, agen anti-inflamasi, yang dapat mengurangi dari rasa sakit dan nyeri selama kehamilan. Untuk itu, mengonsumsi bayam selama kehamilan dianjurkan asal dengan takaran yang tidak berlebihan.

3. Mencegah Wasir dan Sembelit


Sembelit merupakan salah satu masalah yang sering dialami pada wanita hamil. Bisa dibayangkan bagaimana sakitnya saat tengah mengandung besar tetapi perut mengalami sembelit. Untuk mengatasi hal ini, seorang wanita hamil bisa mengkonsumsi bayam untuk mencegah dan meredakan rasa wasir maupun sembelitnya.

Kandungan serat yang terdapat di dalam bayam bisa memudahkan gerakan usus dan memperlancar proses pencernaan sehingga mencegah wasir maupun sembelit. Untuk mendapatkan manfaat bayam yang satu ini, kamu bisa menambahkan bayam ke dalam menu makananmu.

4. Menjaga Sistem Imun


Manfaat bayam selanjutnya adalah bertindak sebagai penjaga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh dari bakteri, maupun virus yang dapat menyerang pertahanan tubuh dan menyebabkan penyakit.

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam bayam, merupakan zat antioksidan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan mencegah penyakit umum, seperti batuk, flu, maupun pilek.

5. Menguatkan Tulang



Manfaat sayur bayam yang terakhir adalah untuk tulang. Pada saat wanita tengah hamil, akan memberikan banyak tekanan pada tulang. Banyaknya beban yang ditanggung oleh wanita ini bisa mengganggu kesehatan tulang. Selain itu, bayi yang belum lahir juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhannya yang sehat. Dalam hal ini, kandungan kalsium yang terdapat di dalam bayam bisa membuat kemampuan tulang sesuai dengan kekuatan yang dibutuhkan.

Selain mendatangkan manfaat untuk wanita, ternyata mengkonsumsi bayam juga menimbulkan efek samping lainnya seperti dapat menyebabkan batu ginjal pada penderita ginjal, mengandung salisilat yang membuat lama proses lahiran.

Itulah lima manfaat sayur bayam untuk wanita dan juga efek sampingnya. Meskipun memiliki banyak manfaat untuk tubuh, kamu harus memperhatikan efek samping lainnya, sehingga dalam konsumsinya kamu juga tidak boleh berlebihan dan harus tetap dalam taraf yang wajar ya Lemonizen! 

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020