Inilah 5 Manfaat Terong untuk anak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat

15 Sep 2020 @ 10:27:18
Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan bahan pelengkap dalam sajian penyet. Sayuran berwarna ungu ini memang memiliki bentuk yang unik dan juga citarasa yang menarik. Selain mudah dijumpai di tanah Indonesia, ternyata sayuran jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan sangat bagus untuk meningkatkan daya tingkat anak. Lalu, apa saja manfaat terong untuk anak-anak?

1. Menjaga Sistem Imun Tubuh



Kondisi anak yang masih dini, terkadang rentan terhadap berbagai virus maupun bakteri penyebab penyakit. Untuk itu, orangtua harus pintar-pintar memilihkan jenis makanan yang baik untuk kesehatan anak agar dapat menjaga sistem imun anak.
Manfaat terong, ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga tidak mudah sakit-sakitan. Hal ini karena di dalam terong mengandung vitamin C yang bisa menjaga tubuh tetap sehat, dan juga lebih berenergi. Selain itu, terong juga memenuhi kebutuhan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, gula, serta berbagai mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium.

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Manfaat terong yang kedua adalah berkaitan dengan kondisi jantungmu. Berbagai kandungan serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan juga fitonutrien mampu menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah berbagai penyakit jantung. Tidak hanya itu, di dalam terong juga mengandung flavonoid atau pigmen yang larut dari air.

Berdasarkan sebuah penelitian The American Journal of Clinical Nutrition pada 2012, salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah antosianin. Zat ini juga ditemukan dalam terong, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. jadi, tidak ada salahnya jika kamu yang menderita hipertensi mengkonsumsi terong.

3. Mencegah Kanker



Banyak masyarakat belum menyadari jika sayuran yang mudah dijumpai dalam hidangan pecel lele ini ternyata bermanfaat untuk mencegah munculnya kanker. Hal ini karena di dalam terong kaya akan polifenol, antosianin, dan asam klorogenat. Zat-zat inilah yang baik untuk mencegah pertumbuhan tumor serta menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, ketiga zat ini juga akan memicu produksi enzim khusus di dalam sel yang bertugas untuk membuang berbagai racun dan membunuh pertumbuhan sel kanker. Pasalnya, asam klorogenat yang terdapat di dalam terong juga bersifat antimutagen, yang berarti senyawa ini bisa melawan terjadinya mutasi gen penyebab kanker.

4. Meningkatkan Fungsi Otak dan Daya Ingat



Manfaat terong untuk anak, ternyata bisa meningkatkan fungsi otaknya. Hal ini karena terong kaya akan nasunin, yaitu zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak, sehingga daya ingatnya menjadi lebih kuat. Selain itu, nasunin yang terdapat di dalam terong ini juga mampu melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas serta melancarkan proses distribusi gizi di dalam sel-sel tubuh. 

Tidak hanya kandungan nasunin yang baik bagi otak anak. Kandungan lain seperti antosianin di dalam terong juga mampu memicu peredaran darah menuju otak serta mencegah peradangan saraf otak, pernyataan ini diungkapkan dalam sebuah penelitian dalam The British Journal of Nutrition pada tahun 2010.

5. Menguatkan Tulang



Manfaat terong untuk anak selanjutnya adalah mampu menguatkan tulang. Hal ini karena di dalam terong mengandung berbagai nutrisi dan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium. Seperti yang kita ketahui, zat besi, magnesium, dan kalsium adalah mineral-mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Itulah kelima manfaat terong untuk anak. Untuk kesehatan tubuh dan agar tumbuh kembang anak lebih baik, sayuran seperti terong memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak. Dengan begitu berbagai manfaat tersebut bisa terserap dengan optimal oleh tubuh mereka. 

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020