Inilah 5 Manfaat Vitamin B12 Yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat vitamin B12 memang sangat banyak bagi tubuh, terutama dalam membentuk jaringan, protein serta darah merah. Oleh karenanya, kamu harus berusaha untuk memenuhi akan kebutuhan vitamin tersebut. Perlu kamu ketahui bahwasanya vitamin ini bukan hanya didapat dari suplemen dan obat-obatan saja. Namun kamu bisa mendapatkan dari makanan sehari-hari.

Tahukah kamu, nyatanya banyak makanan yang sehari-hari kamu konsumsi mengandung banyak vitamin B12. Misalnya saja daging, ikan, keju, yogurt, susu telur, sereal dan masih banyak lagi. Jadi dengan rutin mengkonsumsi makanan tersebut, sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Namun pada wanita hamil dan lansia, perlu asupan vitamin B12 tambahan dari suplemen. Begitu juga bagi yang sedang mengalami penyakit kanker, malnustrisi, HIV atau orang dengan gangguan pencernaan juga membutuhkan tambahan suplemen vitamin B12.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang terkandung dalam vitamin B12:

1. Membantu Pencegahan Anemia

Manfaat terpenting dari vitamin B12 ini yaitu membantu dalam pencegahan anemia. Hal ini dikarenakan vitamin B12 merupakan vitamin yang peranannya paling besar dalam membentuk sel darah merah. Jika tubuh kekurangan vitamin B12 nantinya akan mengganggu sel darah merah dalam berkembang.

Jika sampai sel darah merah dalam tubuh menjadi turun, akibatnya akan membuat oksigen yang diedarkan ke tubuh juga menjadi terganggu. Efek yang bisa dirasakan tubuh nantinya akan merasa cepat lemah dan lelah. Hal tersebut akan mempengaruhi aktivitas kamu pastinya dan mengganggu pekerjaan tentunya.

2. Membantu Dalam Pemrosesan Vitamin B9

Vitamin B12 ini mempunyai peran penting dalam membantu pemrosesan vitamin B9 atau yang lebih sering dikenal dengan asam folat. Biasanya sering diberikan kepada ibu hamil. Ibu hamil ini memang sangat dianjurkan untuk minum vitamin B9 ketika proses kehamilan berlangsung.

Hal tersebut guna membantu dalam pembentukan DNA, pertumbuhan otak dan mencegah kecacatan pada bayi. Agar proses penyerapan dan tersebut bisa berjalan sempurna maka perlu dibantu oleh vitamin B12, agar proses absorpsi berlangsung sempurna.

3. Membantu Proses Dalam Mengubah Makanan Untuk Menjadi Energi

Vitamin B12 ini juga berperan dalam proses pembentukan energi dalam tubuh. Hal ini dapat ditandai dengan perasaan tidak semangat dan tidak bertenaga. Jadi jika kamu merasakan tubuh yang sedemikan rupa, cobalah untuk mengkonsumsi vitamin B12 atau makan makanan sumber vitamin B12. Hal tersebut akan membantu tubuh dalam meningkatkan energi.

4. Membantu Menjaga Sistem Saraf Pada Tubuh

Dengan terpenuhinya vitamin B12, juga akan membantu sistem saraf dalam menerima respon perintah. Dengan kinerja tubuh yang maksimal tentunya akan membantu dalam peningkatan daya ingat pada otak. Selain itu, vitamin B12 ini juga membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang semakin kuat dan terhindar dari pengeroposan pada tulang.

5. Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin B12 ini juga memiliki peranan dalam membentuk sistem imun tubuh. Dengan tercukupinya vitamin B12 dalam tubuh maka sistem kekebalan tubuh juga akan semakin terjaga. Karena vitamin tersebut akan membantu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dengan begitu tubuh semakin fit, tentunya juga menjadi tak gampang sakit yang akan berpengaruh dalam membentuk suasana hati menjadi bahagia. Hal tersebut akan berdampak untuk memperlambat terjadinya  penuaan dini.

Ternyata banyak sekali manfaat vitamin B12 untuk tubuh ya. Masih banyak manfaatnya vitamin ini, misalnya membantu penyembuhan penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 ya. Jika merasakan gejala kekurangan vitamin ini bisa minum suplemen vitamin B12 dengan berkonsultasi dengan dokter dahulu.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami