Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Olahraga Tradisional yang Menyehatkan Badan

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan badan dengan melakukan olahraga tradisional di rumah.

Di Indonesia terdapat beragam jenis olahraga tradisional. Bisa jadi salah satu diantaranya menjadi permainan Anda zaman dulu. Olahraga tradisional di zaman dulu menjadi sebuah permainan dalam keseharian anak-anak. Beberapa di antaranya yaitu sepak takraw, egrang, loncat batu dan lain-lain.


Jenis olahraga tradisional tersebut berasal dari tradisi dan kebudayaan dari suatu daerah, meski saat ini cukup jarang ditemukan anak-anak yang memainkannya. Kebanyakan anak zaman sekarang lebih suka bermain gadget. Agar tidak lekang oleh waktu dan perkembangan teknologi, sebaiknya mengenalkan anak dengan beberapa jenis oleh tradisional berikut!

1. Pencak Silat


Pencak silat merupakan olahraga bela diri asli Indonesia yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-8 Masehi. Maka tidak heran jika para pendekar di zaman kerajaan dahulu terkenal mahir bela diri. Hal tersebut terbukti dari artefak senjata pada kerajaan Hindu-Budha dan relief-relief bergambar seseorang berpose kuda-kuda di Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Meskipun termasuk olahraga tradisional, pencak silat termasuk olahraga yang masih populer hingga saat ini.

2. Sepak Takraw


Sepak takraw sesungguhnya merupakan olahraga asli Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Olahraga ini sempat diklaim oleh beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Laos, dan Filipina. Cara memainkan olahraga tradisional ini sangat unik karena gerakannya terdiri dari gabungan sepak bola dan voli. Para pemain harus menendang bola takraw hingga melampaui net yang dipasang di tengah lapangan. Selain menyenangkan olahraga ini juga bisa melatih kekuatan otot di bagian kaki.

3. Egrang


Egrang termasuk jenis olahraga tradisional yang populer di Indonesia. Hingga saat ini egrang masih banyak dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Olahraga ini menggunakan dua tongkat panjang yang dirancang khusus agar seseorang dapat berdiri dan berjalan di atas ketinggian tertentu. Dengan melakukan olahraga tradisional ini dapat melatih keseimbangan dan otot-otot tubuh terutama di bagian kaki. Pada awalnya egrang digunakan untuk menghindari genangan air dan banjir. Namun seiring berjalannya waktu egrang digunakan untuk perlombaan.

4. Pathol


Tidak hanya ada pencak silat saja yang menjadi olahraga bela diri di Indonesia, pathol termasuk jenis olahraga gulat tradisional asli Indonesia yang berasal Rembang  Jawa Tengah. Pathol dijadikan sebagai ajang pencarian orang terbaik untuk ditugaskan menjaga pelabuhan Tuban yang kerap kali diserang oleh perompak. Saat ini pathol dijadikan sebagai olahraga bela diri. Olahraga pathol biasanya diadakan di pesisir pantai saat terdapat hari istimewa atau tradisi upacara sedekah laut.

5. Pacu Jalur


Pacu jalur merupakan olahraga air yang berasal dari Riau. Olahraga perahu dayung ini terdiri dari 40 hingga 60 orang dengan panjang perahu sekitar 25 hingga 40 meter. Pada awalnya olahraga pacu jalur diadakan di desa-desa di wilayah sepanjang sungai Kuantan dalam rangka memperingati hari besar Islam. Seperti saat tahun baru Hijriah, Idul Fitri, dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Saat ini Olahraga pacu jalur selalu diadakan setiap 24-26 Agustus sebagai event tahunan nasional.


Itulah tadi 5 olahraga tradisional asli Indonesia. Berolahraga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan harus dilakukan secara rutin. Jika bosan dengan olahraga yang itu-itu saja, berbagai olahraga tradisional di atas bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu, Anda tidak bosan saat berolahraga. Jangan sampai tidak olahraga ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.