Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 5 Permainan Anak yang Mendidik Lemomoms Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
20 May 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak permainan anak yang mendidik yang wajib dicoba.

Saat perkembangan anak memasuki periode emasnya, memilih permainan anak yang mendidik untuk Si Kecil menjadi hal yang penting. Bagi anak bermain memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi di usianya yang sedang aktif mencoba dan mengeksplorasi berbagai hal. Meski begitu, tidak semua permainan anak memiliki dampak positif. Bermain games HP misalnya, jika dilakukan terlalu sering dengan durasi waktu yang lama, malah membuat perkembangan anak terganggu. Karenanya, kamu harus tahu permainan untuk anak yang mendidik sebagai berikut:

banner consideration shipping bg blue

1. Menyusun Puzzle


Bermain puzzle sangat bermanfaat untuk melatih motorik halus anak. Puzzle juga termasuk permainan edukasi anak 2 tahun ke atas yang bisa membantu olahraga otak. Mereka akan belajar bagaimana memecahkan teka-teki saat menyusun puzzle tersebut.

Tak perlu puzzle yang rumit dan berukuran besar, kamu cukup berikan puzzle dengan bentuk kecil dan potongan-potongannya cukup besar agar memudahkan anak saat bermain. Dengan menyusun puzzle, otak anak akan diasah kemampuan berpikir dan daya ingatnya.

Selain itu, menggenggam puzzle dan memasang potongan-potongannya jadi sebuah kesatuan juga akan melatih kemampuan motorik tangan anak dan kemampuan koordinasinya dalam menyusun objek agar bisa membentuk sesuatu.

2. Menyusun Balok


Jika anak sudah bisa ditinggal sendirian saat bermain, menyusun balok bisa jadi permainan anak yang mendidik. Permainan ini akan membantu meningkatkan kreativitas dan mengasah daya imajinasi anak saat membuat berbagai bentuk benda dari susunan balok-balok.

Selain itu, karena menyusun balok bisa dimainkan dengan berbagai cara, Lemomoms tak perlu khawatir anak akan cepat bosan saat memainkannya.

3. Melipat Kertas Origami


Ketika anak melipat kertas untuk membentuk sesuatu, ia bisa belajar mengembangkan kreativitasnya dan melatih kesabaran. Hal ini karena jika tak sabar maka kertas yang dilipat tak bisa jadi sesuai bentuk yang diinginkan.

banner consideration promotion bg blue

Meski biasanya melipat origami dapat meniru pola yang sudah ada, namun permainan ini tetap bisa mengasah pola pikir anak karena ia tetap harus berpikir bagaimana agar kertas yang dilipatnya bisa menghasilkan bentuk sesuai petunjuk.

4. Bricks


Bricks adalah salah satu permainan edukasi yang menarik. Melakukan permainan bricks bersama, Lemomoms dan anak akan belajar kerja sama tim. Cara bermain bricks sama seperti bermain Lego dengan mengikuti instruksi yang telah disediakan.

Lemomoms bisa membacakan instruksi dari Bricks dan si kecil akan menyusun dengan bimbingan Lemomoms. Ketika susunan sudah terbentuk, anak akan sangat senang dengan hasil jerih payahnya membangun bricks hingga selesai. Mainan ini akan mengedukasi anak, bahwa harus menyelesaikan setiap pekerjaan sampai tuntas agar terlihat hasil akhirnya.

5. Mainan Alat Musik


Memberikan anak permainan mendidik dalam bentuk alat musik, akan membuatnya berlatih bagaimana menggunakan 5 panca indera. Saat belajar menekan, memukul atau membunyikan mainan alat musik, motorik halus dan kasar anak akan ikut terlatih.

Saat Lemomoms memberikan si kecil alat musik mainan, biarkan dia menciptakan musiknya sendiri. Hal ini untuk membuatnya dapat melatih kreativitasnya sejak dini.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain itu, permainan edukasi dengan alat musik juga akan memperlihatkan apakah anak memiliki bakat dalam bermusik. Kalau sudah terlihat sejak dini, jangan ragu untuk membantu mengembangkan bakatnya Lemomoms.

Itulah permainan anak yang mendidik. Lemomoms wajib tahu permainan di atas agar anak tetap bisa bermain sambil meningkatkan kecerdasannya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.