Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 5 Resiko Usaha Dalam Bisnis yang Harus Kamu Hadapi

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Resiko usaha penting diketahui pengusaha pemula agar usaha makin berkembang.

Setiap orang yang ingin maju harus siap menghadapi resiko termasuk dalam bisnis. Resiko usaha menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi agar bisnis bisa berkembang lebih baik dan lebih besar. Ada kalimat bijak yang berbunyi “pelaut yang tangguh tidak datang dari lautan yang tenang”. Kalimat bijak lainnya mengatakan “layang-layang terbang tinggi karena menentang angin”.

banner consideration shipping bg blue

Nah, begitu pula di dunia usaha jika kamu tidak berani mengambil resiko maka tidak akan ada kemajuan yang berarti bahkan bisa hanya stagnan saja. Namun tentu saja yang dimaksud disini adalah resiko yang terukur dan telah dipertimbangkan. Pengertian dari risiko usaha sendiri adalah tindakan yang terkait dengan kemungkinan adanya kerugian yang tidak terduga dan tidak diharapkan.

Terjadinya resiko pada usaha dan bisnis yang kamu jalankan bukan hanya disebabkan oleh satu hal saja melainkan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Agar lebih jelas mengenai resiko pada usaha kamu bisa menyimak penjelasannya berikut ini.


1. Resiko pada Perusahaan

Kondisi dimana perusahaan dan saham didalamnya mengalami kerugian sehingga akan berdampak pada kondisi perusahaan tersebut. kondisi seperti inilah yang dimaksud dengan resiko yang mungkin terjadi di dalam lingkup sebuah perusahaan.

2. Resiko pada Keuangan

Resiko ini cukup sering dialami oleh sebuah bisnis baik kecil maupun besar yaitu kerugian pada keuangan perusahaan. Ketika keuangan perusahaan mengalami kerugian maka akan berdampak luas pada segala aspek didalamnya. Sayangnya justru kondisi seperti inilah yang cukup sering terjadi dan dialami oleh para pelaku usaha.

3. Resiko pada Permodalan

Resiko lainnya terdapat pada permodalan usaha yang menyebabkannya mengalami penurunan secara drastis. Penyebabnya adalah kerugian penjualan dan likuiditas yang dialami oleh perusahaan. Hal ini menyebabkan keuangan perusahaan mengalami penurunan tajam.

4. Resiko pada Pasar

Resiko pada pasar bisa terjadi sebagai akibat dari persaingan antara usaha dengan gaya hidup yang berlaku pada diri konsumen. Penyebab lainnya yaitu adanya perubahan pola persaingan dengan kompetitor serta kemunculan pesaing baru pada pasar produk kamu.

5. Resiko Operasional

Apakah yang dimaksud dengan resiko operasional dalam usaha itu? Yaitu sesuatu hal yang terjadi akibat kesalahan dalam membuat prediksi. Atau bisa dikatakan resiko operasional terjadi karena adanya penyimpangan dalam hasil prediksi yang telah dibuat.


Mengapa kondisi seperti itu bisa terjadi? Beberapa faktor penyebabnya antara lain yaitu penetapan keputusan tertentu yang kurang sempurna, adanya sumber daya manusia yang tidak sesuai kualifikasi, pengaruh kemajuan teknologi serta perubahan terhadap sistem inovasi dan mutu produk.

Solusi Menghadapi Resiko Usaha


Resiko dimanapun merupakan sesuatu hal yang wajar dan harus diselesaikan dengan baik. Kamu bisa mengatasi resiko yang mungkin terjadi pada usaha melalui beberapa hal di bawah ini.

banner consideration promotion bg blue

1. Menuliskan Rencana Usaha

Merencanakan semua kegiatan yang akan dilakukan dalam usaha agar bisa dilihat mana saja yang memungkinkan terjadinya resiko. Dengan begitu kamu  bisa melakukan antisipasi pada kemungkinan resiko tersebut secara tepat. Rencana tersebut meliputi strategi, tujuan dan evaluasi usaha.

2. Merencanakan Manajemen Resiko

Selain membuat rencana kegiatan usaha kamu juga harus menyiapkan langkah-langkah apa yang harus dilakukan ketika resiko tersebut terjadi. Rencana manajemen resiko meliputi prosedur dan cara mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

3. Mengikuti Rencana yang Dibuat

Setelah semua rencana terkait usaha dibuat kamu harus mematuhi dan mengikutinya. Rencana yang sudah dibuat tersebut berfungsi sebagai panduan yang akan meminimalisir resiko yang mungkin terjadi di dalam usaha kamu.

4. Buat Pembukuan yang Rapi

Seperti dijelaskan sebelumnya resiko yang paling sering dialami oleh sebuah usaha adalah dalam hal keuangan. Untuk meminimalisir terjadinya resiko pada keuangan perusahaan caranya adalah dengan membuat dan selalu menggunakan sistem pembukuan yang rapi dan benar.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Berani menghadapi resiko usaha pada dasarnya justru akan membantu bisnis kamu menjadi lebih maju. Hanya saja kamu harus memastikan bahwa resiko tersebut sudah terukur dan melalui perencanaan yang matang termasuk bagaimana solusi untuk menghadapinya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.