Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 5 Stimulasi Anak Bicara yang Lengkap dan Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Stimulasi anak bicara penting dipelajari dan dipahami dari sekarang.

Tumbuh kembang anak yang sempurna menjadi dambaan setiap orang tua. Ketika anak tidak bisa mengucapkan kata di usianya yang menginjak 1 tahun, bunda perlu melakukan stimulasi anak bicara. Agar si kecil tidak mengalami keterlambatan dalam kemampuan mengucapkan kata-kata. Bunda perlu melakukan stimulasi anak bicara dengan konsisten untuk membantu mereka mengucapkan kata-kata.

banner consideration shipping bg blue

Tips Stimulasi Anak Bicara yang Harus Dilakukan

Pada anak menginjak usia 6 bulan, bunda pasti sering kali mendengar si kecil mengoceh kata-kata tidak jelas. Seiring berkembangnya waktu hingga si kecil menginjak usia 1 tahun, biasanya sudah terlihat kemampuan si kecil mengucapkan sepatah dua patah kata. Untuk membuat mereka lancar dalam berbicara berikut beberapa stimulasi anak bicara yang efektif.

1. Ajak Si Kecil Bernyanyi Bersama


Stimulasi anak bicara yang paling mudah dilakukan ialah dengan mengajak si kecil bernyanyi bersama. Ada banyak sekali pilihan lagu anak-anak yang bisa Anda nyanyikan bersamanya. Jangan terlalu meremehkan cara satu ini karena setiap kata yang ada pada lirik lagu tersebut dapat membantu si kecil mengenal kata-kata baru dan mereka akan mengingatnya. Dengan begitu si kecil akan belajar kosakata baru dan membantu mereka belajar berbicara lebih lancar lagi.

2. Bacakan Dongeng atau Cerita


Selain mengajak si kecil bernyanyi bersama. Bunda juga bisa melakukan stimulasi anak bicara dengan cara membacakan sebuah cerita atau dongeng kepada mereka. Membacakan cerita kepada si kecil sejak usianya di bawah 1 tahun. Dimana si kecil belum terlalu mengerti dan memahaminya. Bisa membantu menciptakan komunikasi dan imajinasi yang baik kepada si kecil.

Bunda bisa memulainya dengan menggunakan buku cerita bergambar. Agar si kecil tidak hanya mendengar cerita yang Anda ucapkan. Tapi juga bisa mendapatkan visualisasi tentang apa yang Anda terangkan padanya. Dengan begitu si kecil akan lebih mudah memahami kosakata baru yang mereka dengarkan.

banner consideration promotion bg blue

3. Melakukan Tanya Jawab dengan Si Kecil


Dalam melakukan stimulasi anak bicara dapat dilakukan dalam bentuk metode yang sederhana. Diantaranya ialah dengan melakukan tanya jawab. Anda bisa menunjukkan sebuah benda dan coba tanyakan kepada si kecil, benda apakah itu. Biarkan si kecil bereksplorasi dan coba dengarkan apa yang mereka jawab. Jika kurang tepat, cobalah untuk membenarkan perkataannya dengan perlahan-lahan.

4. Ajak Si Kecil Mengobrol


Meskipun si kecil tidak dapat merespon dengan tepat mengenai pembicaraan yang bunda bicarakan, bukan berarti Bunda tidak perlu melakukan obrolan dengan si kecil. Justru sebaliknya, semakin banyak obrolan yang Bunda sampaikan kepada si kecil akan semakin mudah juga mereka belajar kosakata baru.

Setiap harinya Bunda bisa memulainya dengan menceritakan kegiatan menyenangkan atau mengungkapkan rasa sayang Anda kepada si kecil. Anda bisa mengobrol berbagai topik pembicaraan meskipun si kecil tidak bisa mengerti. Namun dengan kata-kata yang Bunda keluarkan akan membantu mereka menangkap kosakata baru yang nantinya akan mereka ucapkan.

5. Jangan Sela Pembicaraan Si Kecil


Ketika si kecil mengucapkan sebuah kata yang salah ketika sedang berbicara, sebaiknya Bunda jangan langsung menyela pembicaraan mereka dengan mengoreksinya. Bunda cukup menjawab pertanyaan atau menanggapi ucapan mereka setelah selesai berbicara karena pada dasarnya kemampuan berbicara si kecil masih terbata-bata.

Lambat laun mereka akan mampu mengucapkannya dengan benar. Di usia yang telah menginjak 1 tahun lebih. Si kecil akan lebih mahir lagi dalam pelafalan dan mengucapkannya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa stimulasi anak bicara yang bisa bunda lakukan di rumah. Agar tumbuh kembang anak tidak terhambat. Selain itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka dengan baik agar tumbuh kembangnya semakin terdukung dengan baik dan optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.