Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
20 May 2021
Clock Icon
3 menit
Tips mengatur keuangan rumah tangga wajib dilakukan.

Mengatur keuangan rumah tangga ternyata memang susah-susah gampang. Kadang ada saja kebutuhan yang membuat kamu harus mengeluarkan uang melebihi anggaran dari target yang sudah ditentukan. Selalu saja ada pengeluaran yang membuat kamu tidak bisa menabung. Ini terjadi mungkin karena pengelolaan kamu kurang tepat. Untuk mengatasinya kamu memerlukan tips mengatur keuangan rumah tangga agar bisa mengkoordinir pemasukan dan pengeluaran dengan efektif. Lantas apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

banner consideration shipping bg blue

1. Jaga Rasio Utang


Agar keuangan rumah tangga tetap stabil, tidak morat-marit kamu harus jaga rasio utang. Usahakan meminjam uang tidak lebih dari 30% dari penghasilan utama kamu.

Jika kamu meminjam uang lebih dari itu, pendapatan selama sebulan hanya habis untuk membayar cicilan utang.

2. Alokasikan Dana untuk Keperluan Darurat


Selain menganggarkan dana untuk jatah bulanan, kamu juga harus mengalokasikan dana untuk kebutuhan darurat. Misalnya bila anak tiba-tiba sakit, saluran air rusak, lampu kamar padam, dan terjadi hal-hal tidak terduga lainnya kamu bisa menggunakan dana tersebut.

Namun, sebaiknya budget untuk kebutuhan darurat ini tidak disatukan dengan dana belanja bulanan dan anggaran lainnya. Jika itu yang kamu lakukan maka bisa-bisa keuangan rumah tangga malah kacau.

Buatlah anggaran tersendiri antara uang bulanan dengan uang darurat. Kalau perlu, alokasikan juga dana kebutuhan ekstra untuk hiburan, seperti shopping, berwisata, makan di luar, dan kesenangan lainnya.

3. Alokasikan Untuk Tabungan, Asuransi dan Investasi


Sisihkan dana 25-30% dari total pendapatan rumah tangga untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Misalnya 10% untuk tabungan, 5% untuk membayar premi asuransi kesehatan, dan 15% untuk investasi, yang ketiganya memiliki manfaat untuk jangka panjang masing-masing.

banner consideration promotion bg blue

Tabungan bisa kamu gunakan untuk membeli rumah, membayar keperluan tidak terduga, dan yang lainnya. Sementara kesehatan terlindungi asuransi, dan investasi bermanfaat untuk memutar uang sehingga uang kamu tidak habis begitu saja. Bahkan banyak orang yang justru memilih investasi untuk menambah pemasukan.

Jika kamu seorang pemula, pilih investasi modal kecil, risiko rendah, tetapi keuntungan maksimal, seperti investasi emas, reksa dana dan pendanaan fintech peer to peer lending (p2p).

4. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan


Ketika kamu sudah alokasikan anggaran untuk pengeluaran penting dan ternyata masih ada sisa uang, gunakan uang tersebut untuk kebutuhan sekunder (pendukung) dan tersier (mewah), seperti belanja baju, kosmetik, sepatu, jalan-jalan, beli ponsel, dan pengeluaran lain sesuai kebutuhan.

Kalau kamu sedang sangat butuh sepatu baru, karena yang lama sudah rusak, silahkan belanja. Namun, jangan sampai lapar mata, kalap belanja karena keinginan sesaat saja.

5. Lakukan Pekerjaan Sampingan yang Tidak Butuh Modal Besar


Jika kamu masih memiliki waktu senggang saat berada di rumah, tidak ada salahnya mencoba bisnis sampingan untuk menambah penghasilan bulanan. Pilihlah bisnis yang mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Misalnya bisnis toko online, dropship, pengemudi transportasi online, jadi penulis lepas atau buka usaha kuliner seperti jualan jus, cemilan, kue-kue, dan sebagainya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dari usaha sampingan tersebut, tidak apa-apa walaupun omzetnya tidak terlalu besar, asalkan kamu tidak rugi. Namanya bisnis memang membutuhkan proses, jadi harus disertai terus mencoba dan bekerja keras. Jika pada akhirnya bisnis kamu berjalan lancar, akan sangat membantu keuangan rumah tangga menjadi lebih stabil.

Itulah 5 tips mengatur keuangan rumah tangga yang efektif. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.