Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 6 Cara Memandikan Bayi yang Baik Bunda Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
17 May 2021
Clock Icon
4 menit
Cara memandikan bayi sangat mudah dilakukan.

Cara memandikan bayi yang baru lahir bisa dibilang cukup sulit, apalagi bagi kamu sebagai ibu muda. Bulan pertama menjadi seorang ibu adalah waktu yang membahagiakan sekaligus membingungkan. Ada banyak cara merawat bayi yang masih belum dimengerti, termasuk memandikan bayi.

banner consideration shipping bg blue

Menambahkan waktu mandi ke rutinitas bayi adalah sesuatu yang dapat dilakukan segera setelah bayi lahir. Namun biasanya timbul rasa takut akan menyakiti bayi, mengingat tubuh si buah hati sangat mungil dan tulang-tulangnya masih rapuh. Karenanya, simak cara untuk memandikan bayi berikut:

1. Siapkan Baju Ganti


Menyiapkan baju ganti termasuk bagian dalam cara memandikan bayi yang pertama harus disiapkan. Bukan hanya mengambil baju barunya saja, tetapi kamu juga perlu menaruh baju ganti tersebut sesuai dengan urutan pemakaiannya. Hal ini untuk mempermudah kamu dan juga mempercepat si kecil saat memakai baju.

2. Siapkan Peralatan Mandi


Saat memandikan bayi, kamu perlu menyiapkan segala peralatan mandi bayi. Letakan peralatan mandi tersebut di tempat yang mudah dijangkau di antara peralatan mandi yang perlu disiapkan, sabun bayi, shampo, waslap, handuk dan air hangat.

Ukur dahulu suhu air hangat yang akan digunakan untuk mandi bayi sebelum digunakan. Selain itu, kamu sebaiknya mengukur suhu air tersebut menggunakan siku, bukan dengan jari. Hal ini karena tangan memiliki tingkat sensitivitas yang kurang sedangkan bayi kulitnya masih sangat sensitif.

3. Perhatikan Posisi Bayi


Setelah air hangat siap, mulailah dengan membuka baju bayi. Jangan biarkan bayi telanjang terlalu lama. Kamu bisa mulai melepaskan baju ketika semua kelengkapan dan persiapan mandi telah selesai disiapkan. Saat memandikan bayi, perhatikan posisi bayi. Tahanlah tubuh bayi pada bagian punggungnya.

banner consideration promotion bg blue

Jika kamu mengalami kesulitan, sebaiknya gunakan penyangga yang memiliki bahan spons nyaman, sehingga bayi akan tetap berada pada tempatnya. Sebelum mulai memandikan bayi menggunakan ember mandi bayi, kamu bisa gunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan wajahnya.

Hal ini dilakukan agar sang bayi bisa merasakan dulu dan tidak kaget dengan suhu air yang digunakan. Kemudian secara perlahan-lahan posisikan bayi mendekati permukaan air dan mulai memandikannya.

4. Bersihkan Mulai Dari Wajah Hingga Kaki


Saat memandikannya guyurkan air pada tubuh bayi dari atas ke bawah menggunakan tangan lainnya yang tidak digunakan untuk menyangga bayi secara perlahan. Kemudian usapkan pada bagian kepala dan wajah menggunakan waslap yang telah dibasahi.

Bersihkan mata, wajah, dan bibir bayi dengan perlahan dan lembut. Setelah itu, mulai tuangkan shampo dan sabun pada tubuh bayi. Gosok secara perlahan hingga mengeluarkan busa. Lakukan dengan cepat dan hati-hati. Kemudian kembali bilas dengan air hangat.

5. Langsung Beri Handuk Setelah Selesai Mandi


Setelah semua proses dilakukan, langsung bungkus bayi dengan handuk yang telah disiapkan. Kamu juga bisa menepuk-nepuk handuk pada bayi secara pelan dan lembut untuk mengeringkannya.

6. Kenakan Pakaian yang Telah Disiapkan


Setelah kulit bayi kering, baringkan bayi diatas pakaian yang telah kamu susun sebelumnya. Oleskan minyak telon pada tubuh bayi, terutama bagian perut, dada dan juga punggungnya untuk membuatnya merasa hangat.

Jika sudah, segera pakaikan pakaian bayi yang telah disusun sambil mengajak bicara sang bayi. Hal ini dilakukan untuk menguatkan interaksi yang terjalin. Dengan begitu, waktu mandi bisa menjadi momen yang tidak hanya penting untuk kebersihan bayi namun juga merekatkan ikatan antara ibu dan anak.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara memandikan bayi yang benar. Namun, Jika kamu belum terlalu mahir dan masih ragu memandikan bayi, kamu bisa meminta tolong orang yang berpengalaman untuk menemani. Contohnya seperti tenaga kesehatan atau suster.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.